Home Wisata Tips Wisata ke Pangkalpinang

Tips Wisata ke Pangkalpinang

6 Menit Estimasi Baca
0
0
119
Bukit Menumbing

Mungkin diantara kalian tertarik untuk mengunjungi Wisata di Pangkalpinang, yang terletak di Pulau Bangka. Waktu 3 hari tak akan cukup untuk jelajah pesona Pangkalpinang dari ujung ke ujung. Ternyata setelah di telisik lebih dalam lagi, Pangkalpinang mempunyai destinasi wisata yang banyak dan menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu saja, setiap destinasi wisata masing-masing mempunyai cerita sejarah yang layak kita ketahui.

Menuju ke Pangkalpinang sangat banyak akses yang dapat kita gunakan, bisa melalui laut atau udara. Namun, sebelumnya pastikan dulu rencana wisata kalian ke Pangkalpinang ini destinasi wisata mana saja yang ingin kalian kunjungi. Karena kita tahu, Pangkalpinang mempunyai pantai yang masih alami, wisata ziarah, sejarah yang kuat sekali, wisata budaya dan banyak kuliner khas Pangkalpinang yang siap disantap.

Ini ada Peta Pariwisata Pangkalpinang yang bisa jadi petunjuk destinasi wisata di Pangkalpinang :

wisata pangkalpinang
Peta Pariwisata Pangkalpinang (klik gambar untuk hasil yang lebih besar)

Dan ini adalah rute perjalanan dari Pangkalpinang ke daerah-daerah di Pulang Bangka yang jadi tempat destinasi wisata yang akan kalian kunjungi nanti. Rute perjalanan ini hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan priadi ya.

Rute Perjalanan Pangkalpinang, Pulau Bangka:

ANTAR KOTA

JARAK

LAMA PERJALANAN

Pangkalpinang – Sungailiat

33,7 KM

47 Menit

Pangkalpinang – Pemali

36 KM

51 Menit

Pangkalpinang – Baturusa

17 KM

20 Menit

Pangkalpinang – Belinyu

82 KM

1 Jam 41 Menit

Pangkalpinang – Sungaiselan 

37,6 KM

55 Menit

Pangkalpinang – Payung

74 KM

1 Jam 38 Menit

Pangkalpinang – Koba

58 KM

1 Jam 1 Menit

Pangkalpinang – Namang

26 KM

32 Menit

Pangkalpinang – Perlang

75 KM

1 Jam 24 Menit

Pangkalpinang – Sadai

157 KM

2 Jam 46 Menit

Pangkalpinang – Toboali

125 KM

2 Jam 1 Menit

Pangkalpinang – Puding Besar

30,3 KM

32 Menit

Pangkalpinang – Bakam

44,2 KM

45 Menit

Pangkalpinang – Kelapa

64 KM

1 Jam 13 Menit

Pangkalpinang – Tempingan

64 KM

1 Jam 18 Menit

Pangkalpinang – Penyusuk

107 KM

2 Jam 20 Menit

Pangkalpinang – Jebus

98 KM

1 Jam 58 Menit

Pangkalpinang – Bakik

120 KM

2 Jam 27 Menit

Pangkalpinang – Muntok

138 KM

2 Jam 45 Menit

 

Akses Transportasi Wisata ke Pangkalpinang

Untuk menuju Kota Pangkalpinang ada 3 pilihan transportasi yang digunakan, bisa lewat jalur udar, jalur darat dan jalur laut. Karena akses menuju Pangkalpinang  ini sangat mudah dan strategis karena Pulau Bangka diapit oleh 3 pulau yaitu Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Transportasi Darat

NO

WARNA ANGKOT

RUTE PERJALANAN

1

Merah

Terminal Induk – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Yos Sudarso –
Pelabuhan Pangkalbalam (PP)

2

Biru Muda

Terminal Induk – Jl. Jend. Sudirman – Selindung –
Terminal Girimaya (PP)

3

Kuning

Terminal Induk – Jl. Soekarno Hatta – Bandara –
Terminal (PP)

4

Hijau

Teminal Induk – Jl. Depati Amir – Terminal Kampung
Keramat (PP)

5

Biru

Terminal Induk – Jl. A. Yani – Jl. Adhyaksa – Bukit
Merapin – Kampung Melayu Tunaturu (PP)

6

Putih

Terminal Induk – Jl. Masjid Jamik – Jl. Solihin GP –
Terminal Kampung Keramat – Jl. Depati Amir (PP)

7

Hitam

Terminal
Induk – Jl. Depati Hamzah – Jl. Air Itam – Kompleks Perkantoran Gubenur (PP)

 

Transportasi Laut

NO

PENYEDIA

ALAMAT

1

PT. Pelni Pangkalpinang

Jl. Hamidah Pangkalpinang, Telp 0717-422743, 422216
Fax. 0717-421304

2

Express Bahari

Jl. Jenderal Sudirman No. 35A Pangkalpinang, Telp.
0717-424333, 421779

3

Sumber Bangka

Jl. M.H. Muhidin No.01 Pangkalpinang, Telp 0717-439106, 439107

Jalur transportasi menuju Pulau Bangka ini bisa dari Palembang, Pontianak, Tanjung Priok (Jakarta), Semarang, Surabaya. Dari Pelabuhan Boom Baru, Palembang bisa naik KM Express Bahari, waktu tempuh sekitar tiga jam. Untuk rute perjalanan transportasi laut, sebelum bepergian harap cek jadwal terlebih dahlu ya, karena jadwal sering berubah-ubah.

Transportasi Udara:

Jalur udara melalui Bandara Depati Amir di Pangkalpinang adapaun Maskapai yang melayani rute Jakarta dengan Pangkalpinang adalah Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, dan Citilink. Waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Pangkalpinang sekitar 1 jam di udara. Penerbangan langsung menuju Pangkalpinang, Pulau Bangka bisa melalui Batam, Palembang, Jakarta, dan Tanjung Pandan (Pulau Belitung).

MASKAPAI

NO

RUTE

Garuda Indonesia

1

Jakarta – Pangkalpinang

 

2

Pangkalpinang – Jakarta

 

3

Pangkalpinang – Palembang

 

4

Palembang – Pangkalpinang

 

5

Pangkalpinang – Tangjung Pandan

 

6

Tanjung Pandan – Pangkalpinang

Citilink Air

1

Jakarta – Pangkalpinang

 

2

Pangkalpinang – Jakarta

Sriwijaya Air

1

Pangkalpinang – Palembang

 

2

Pangkalpinang – Tj. Pandan

 

3

Pangkalpinang – Jakarta

 

4

Jakarta – Pangkalpinang

 

5

Jakarta – Tj. Pandan (transit)

Lion Air

1

Jakarta – Pangkalpinang

 

2

Pangkalpinang – Jakarta

 

3

Batam – Pangkalpinang

 

4

Pangkalpinang – Batam

 

5

Palembang – Pangkalpinang

 

6

Pangkalpinang – Palembang

 

7

Tj. Pandan – Pangkalpinang

 

8

Pangkalpinang – Tj. Pandan

Tips buat kalian yang ingin berkeliling Pangkalpinang, kalian bisa menggunakan angkutan umum. Transportasi ini menghubungkan wisata satu ke wisata lainnya. Disana jenis transportasi umu hanya ada bus dan angkot saja ya, becak dan ojek tidak ada di Kota Pangkalpinang. Sudah dari sejak dahulu, ojek maupun becak tidak beroperasi, kalau di era sekarang mungkin karena sudah banyaknya kendaraan bermotor yang dimiliki warga masyarakat.

Nah, satu lagi tips buat kalian yang ingin keliling Pulau Bangka, kalian bisa menyewa mobil beserta sopir. Karena jarak antar wisata di Pulau Bangka ini jaraknya jauh dan banyak wisatawan lokal yang belum paham lokasi tujuan wisata di Pulau Bangka. Harga sewa mobil per hari sekitar 350 rb, belum termasuk bensin ya. Tips menyewa mobil untuk keliling Pulau Bangka adalah cara untuk berhemat, pastikan sopir tahu tujuan wisata yang ingin kalian kunjungi. Untuk menyewa mobil, kalian bisa menyewa dari Bandara langsung disana ada beberapa operator yang menyediakan jasa rental mobil yang lengkap sopir.

Kuliner dan Souvenir

Berbagai macam makanan dan oleh-oleh khas Pangkalpinang bisa kalian dapatkan di Kota Pangkalpinang, di sepanjang jalan kota berjejer-jejer toko oleh-oleh. Jelajah Pesona Pangkalpinang wisata kuliner ini wajib buat kalian yang ingin berkunjung ke kota ini.

Waktu saya jalan-jalan kesana, santap makan siang yang cocok dicari adalah menu makanan seafood. Di Kota Pangkalpinang sangat terkenal dengan olahan makanan seafood nya yang enak. Jangan heran kalau wisatawan yang datang kesini ketagihan dengan hidangan laut yang super lezat. Selain makanan, Pangkalpinang juga mempunyai aneka kerupuk yang terbuat dari ikan laut. Yang paling digemari oleh wisatawan, termasuk saya sangat menyukai Telur Cumi. Bentuknya kecil memanjang, rasanya gurih dan rasa ikannya sangat terasa. Telur Cumi ini sangat cocok disajikan dengan saos sambal sebagai pelengkap.

Jika destinasi wisata kalian ke Bangka Tengah, cobalah menu khas daerah ini yaitu Mie Koba. Mie dengan campuran toge ditambah kuah dari ikan Tenggiri. Menu Mie Koba cocok disantap dengan tambahan telur ayam rebus. Rasanya tentu lain dari Mie lainnya, karena disiram dengan kuah Ikan Tenggiri rasa gurih ikannya lebih mantap.

kuliner bangka

Selain oleh-oleh keurupuk ikan khas Bangka, juga terdapat banyak souvenir berupa kerajinan dari timah dan lainnya. Ada juga kain tenun cual yang dibuat dalam bentuk tas, souvenir ini sangat cocok untuk oleh-oleh untuk diberikan ke saudara dekat.

Penginapan

Tentu di Kota Pangkalpinang banyak sekali penginapan hotel berbintang 5 dengan harga yang sangat terjangkau. Ketika saya beserta rombongan jalan-jalan kesana, kami direkomendasikan untuk menginap di Menumbing Heritage Hotel yang terletak di Jl. Gereja No. 5, Pangkal Pinang. Hotel ini menyajikan nuansa Art Deco dengan warna putih yang klasik. Lengkap dengan kolam renang, menginap di Menumbing Heritage Hotel berasa sedang berkunjung kemana gitu.

Selain menginap di Menumbing Heritage Hotel ini, saya dan suami sangat tertarik dengan desainnya yang unik seperti berada di luar negeri, jadi melihat suasana hotel yang klasik ini kami memutuskan untuk melakukan foto pasca wedding disini. Sayang sekali kalau dilewatkan, disetiap sudut hotel ini patut untuk di abadikan. Hasilnya, tentu saya dan suami sangat puas, karena tidak hanya peran saya dan suami yang membuat hasil foto begitu klasik, namun juga background dan dekorasi Menumbing Heritage Hotel yang memberi kesan lain.

Menumbing Heritage Hotel
Foto-foto di Menumbing Heritage Hotel Pangkalpinang

Komunikasi

Untuk komunikasi, sinyal telepon seluler baik untuk telepon atau untuk mengakses internet semua operator hampir bisa kalian dapatkan di Kota Pangkalpinang. Namun, jika berkunjung ke Pulau Bangka yang lumayan jauh jaraknya dari Pangkalpinang, Telkomsel lah yang mampu menjangkau.

Tips lain yang gak kalah penting dari tips diatas adalah persediaan bekal makanan selama mengunjungi wisata. Disana jarang sekali ada Indomart, Alfamart dan sejenisnya. Sebelum melakukan perjalanan ke lokasi wisata, carilah toko di Kota Pangkalpinang untuk membeli persediaan makanan selama perjalanan, paling tidak kalian tidak kelaparan disaat menunggu jam makan siang atau makan malam.

Lihat Tulisan Berkategori Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…