Home Wisata Objek Wisata di Blitar yang Mempesona

Objek Wisata di Blitar yang Mempesona

4 Menit Estimasi Baca
12
0
22
Wisata Blitar

Ada hal yang menarik di balik penamaan kota Blitar, bersumber dari wikipedia nama Blitar memiliki arti “pulanglah tartar”. Menurut sejarah, dulunya Blitar merupakan wilayah yang dikuasi oleh suku Tartar yang berasal dari Mongolia, lalu Raja Majapahit memberikan titah kepada Nilasuwarna untuk mengusir Suku Tartar yang ada di Blitar. Itulah sedikit sejarah mengenai kota Blitar.

Tidak hanya penamaannya saja yang bersejarah, kota ini juga mempunyai cerita lain yang berkaitan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia, menurut sejarah dulu telah terjadi sebuah pemberontakan battalion Pembela Tanah Air (PETA) di Blitar. Untuk lebih jelasnya kamu bisa coba mencari sejarah mengenai tragedi PETA ini di buku sejarah atau yang lebih praktisnya tinggal searching saja di google.

Selain menarik dari unsur sejarah yang ada pada penamaan kota  dan cerita pemberontakan pasca kemerdekaan Indonesia. Blitar juga mempunyai hal menarik lainnya, yaitu tempat wisatanya.

Nah, apa saja sih tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Blitar? Berikut jawabannya …

  1. Pantai Tambakrejo

    Tidak hanya hal-hal yang berhubungan dengan sejarahnya saja, tapi wisata pantainya pun bisa kamu nikmati. Pantai Tambakrejo, merupakan pantai yang cukup popular di Blitar. Kawasan wisata pantai ini berada di Desa Tambakrejo, kamu cukup melakukan perjalanan sejauh 30 km dari pusat kota.

    pantai tambakrejo blitar
    sumber gambar : initempatwisata.com

    Salah satu daya tarik masyarakat terhadap pantai ini adalah pasir dan air pantainya yang masih sangat terjaga. Selain itu wisatawan juga biasanya mengincar ikan-ikan segar yang bisa didapatkan dari pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan yang ada di Tambakrejo.

    Sebagian wisatawan juga biasanya datang ke pantai ini hanya untuk melihat acara Larung Sesaji. Yaitu acara yang rutin di adakan tiap tahunnya untuk memperingati tahun Baru Islam. Saat acara Larung Sesaji biasanya akan disipkan 2 tumpeng dengan ukuran yang cukup besar lengkap dengan lauk pauknya. Tumpeng tersebut akan digiring menuju pantai dengan diiringi tabuhan gendang dan tari-tarian.

  2. Arung Jeram Soko Adventure

    Tempat wisata di Blitar selanjutnya adalah Arung Jeram Soko Adventure. Untuk kamu yang mempunyai hobi menantang, kamu bisa mencoba menguji nyali di arung jeram ini.

    Ada 2 sungai yang bisa digunakan wisatawan untuk menguji nyalinya yaitu sungai Tiko dan Lekso. Selain menguji nyali ketika melakukan arung jeram, selama perjalanan wisatawan juga akan disuguhkan dengan pesona keindahan alamnya.

    arum jeram soko adventure blitar
    Sumber foto : blitarkab.go.id

    Lokasi arung jeram ini ada di Desa Tegalasri. Selain arung jeram, aktivitas lain yang bisa wisatawan nikmati di desa ini adalah kayaking, tubing, outbound dan camping.

  3. Pantai Jolosutro

    Pantai lain yang ada di Blitar adalah Jolusutro, lokasinya ada di Desa Ringenrejo Kecamatan Wates.  Daya tarik dari pantai ini, selain keindahan pantainya yang masih terjaga, ombaknya juga cukup besar sehingga kerap kali Jolosutro dijadikan incaran bagi mereka yang menyukai aktivitas surfing.

  4. Desa Wisata Semen Blitar

    Desa ini merupakan salah satu desa yang di jadikan tempat wisata alam dan ekologis yang ada di Blitar. Penggiat tempat ini adalah para anak muda yang tergabung dalam sebuah paguyuban yang dinamakan “puspa jagad”.

    Desa Wisata Semen Blitar
    sumber gambar : pesonawisatakabupetenblitar28.blogspot.go.id

    Ketika memasuki kawasan wisata ini, para pengunjung akan disuguhi dengan keindahan bunga anggrek yang tersusun rapi di sebuah gazebo. Selain itu kamu juga bisa menikmati segarnya udara desa.

  5. Goa Emblutuk

    Goa yang berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung ini sering kali dikunjungi oleh wisatawan asing. Didalam goa ini terdapat sebuah gazebo yang mirip seperti sebuah aula, biasanya wisatawan yang datang selalu berisitirahat disitu. Konon, goa ini dulunya merupakan salah satu tempat persembunyian pasukan partai terlarang yang ada di Indonesia yaitu PKI.

    gua emblutuk blitar
    Sumber foto : wisatakan.com
  6. Maliran

    Merupakan salah satu penangkaran rusa yang ada di Blitar dengan nuansa hutan homogen-nya. Di tempat ini kamu bisa melihat bahkan menyentuh rusa nya secara langsung dan memberi makan mereka. Untuk bisa masuk ke tempat ini tidak terlalu mahal hanya Rp 2.000 per orang saja.

  7. Karangsari

    Tempat wisata selanjutnya adalah Agrowisata Karangsari atau Agrowisata Blimbing. Salah satu buah yang cukup terkenal di Blitar adalah Blimbing.

    Di tempat ini, kamu bisa belajar bagaimana cari menanam dan memanen Blimbing yang berukuran cukup besar. Ada 2 jenis Blimbing yang sudah di budidayakan ditempat ini, yaitu Blimbing Filipina dan Bangkok.

    Selain buah Blimbingnya, kamu juga bisa menikmati berbagai macam makanan berbahan dasar Blimbing yang dijual sebagi oleh-oleh dari tempat ini seperti dodol Blimbing, manisan dan lain lain.

    karangsari blitar
    Sumber foto : tokomesinblitar.com

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa coba kamu kunjungi ketika berada di Blitar, dibalik kekayaan sejarah Blitar, kota ini juga kaya akan wisata alamnya juga bukan? Plus, banyak sekali penginapan di Blitar dengan harga yang terjangkau untuk wisatawan, baik hotel maupun homestay. Jadi, tunggu apalagi? Ayo keluar dan menikmati kekayaan wisata alam kota Blitar!

Lihat Tulisan Berkategori Wisata

12 Komentar

  1. Dewi

    21 Agustus 2016 at 12:37 am

    Kapan-kapan ajak saya halan-halan ke Blitar yo mbaaa 😀

    Balas

    • Mariana

      21 Agustus 2016 at 9:46 pm

      Asik ada temen kalau mau jalan2 lagi kesana

      Balas

  2. Anisa AE - Wisata Malang

    22 Agustus 2016 at 2:51 pm

    Kalau ke Blitar, jangan lupa mampir ke Malang ya? Khususnya rumahku. Xixixi

    Balas

    • Mariana

      22 Agustus 2016 at 6:44 pm

      wah iyaaa.. deket ya mak.

      Balas

  3. Ruth Nina

    24 Agustus 2016 at 7:21 pm

    Aku baru tahu kalau Blitar seru. Boleh juga sekali-sekali mampir. Panen belimbing sepertinya bakalan asyik.

    Balas

    • Mariana

      26 Agustus 2016 at 11:17 am

      nitip belimbing nya ya mbak kalau kesana hehehe

      Balas

  4. Kurnia amelia

    24 Agustus 2016 at 7:47 pm

    Goa nya cantikkk

    Balas

  5. Kornelius ginting

    27 Agustus 2016 at 8:48 pm

    Oooo.pulanglah tar tar. Arti dari Blitar. Penasaran sama goa nya.

    Balas

    • Mariana

      30 Agustus 2016 at 7:26 pm

      yoi bang.. pulangnya tar tar ya liat goa dulu 😀

      Balas

  6. Dee - @HEYDEERAHMA

    2 September 2016 at 5:25 pm

    Wah Blitar ternyata menarik juga ya untuk dikunjungi wisatanya 🙂

    Balas

    • Mariana

      2 September 2016 at 5:32 pm

      ayo dee, next destinasi ke Blitar

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…