Home Wisata Jelajah Pesona Pangkalpinang #1 : Jalur Destinasi Wisata Pesisir

Jelajah Pesona Pangkalpinang #1 : Jalur Destinasi Wisata Pesisir

3 Menit Estimasi Baca
2
0
pantai pasir padi

Selama 3 hari Jelajah Pesona Pangkalpinang, pertemuan dengan Bapak Drs. Akhmad Elvian selaku Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang memberikan banyak pengetahuan tentang jalur destinasi wisata yang ada di Pangkalpinang , Pulau Bangka. Pak Elvian ini turut serta menyambut rombongan #KelasBlogger sekaligus diberi tambahan tentang destinasi wisata yang punya sejarah. Baik bangunan atau mitos-mitos yang ada di Pangkalpinang.

Jalur Destinasi Wisata di Pangkalpinang terdiri dari 4 jalur, salah satunya adalah Jalur destinasi wisata pesisir yang terdiri 6 obyek yang bisa di jelajahi saat berkunjung ke Pangkalpinang. Berikut adalah 6 Jalur Destinasi Wisata di Pangkalpinang :

  1. Bangka Botanical Garden

    Bangka Botanical Garden (BBG) adalah lahan pengembangan holtikultura, peternakan, penyediaan bibit dan pakan ternak memanfaatkan lahan eks tambang timah dan lahan kritis berupa lahan gambut dan berpasir serta merupakan program percontohan yang dilakukan pihak swasta dalam mengelola dan menciptakan ekosistem baru.

    pesona pangkalpinang
    Bangka Botanical Garden

    Saat ini BBG merupakan acuan pengembangan lahan tidak produktif bagi daerah-daerah di Indonesia dan menjadi kawasan ecotourism modern serta ikon kepedulian lingkungan masyarakat Bangka Belitung. Katanya sih, berasa di Korea kalau berkunjung kesini.

  2. Pantai Pasir Padi

    Terletak ± 8 km dari pusat Kota Pangkalpinang, Pantai Pasir Padi merupakan kawasan Pariwisata potensial karena garis pantai dan hamparan pasir putih sepanjang 4 km. Struktur pantainya yang landai, kontur pasir yang padat sehingga pantai ini nyaman untuk dilalui dengan jalan kaki bahkan dapat dilalui oleh kendaraan bermotor baik roda dua , roda empat bahkan truk jenis tronton.

    Wisatawan yang datang ke Pantai Pasir Padi selain melihat panorama laut, pengunjung juga bisa bermain layang-layang, bermain voli pantai, sepakbola, motor cross atau sekadar menikmati kesegaran es kelapa muda ditengah semilir angin pantai. Di sepanjang pantai ini terdapat rumah makan yang meyediakan makanan laut seperti kepiting, ikan, cumi, kerang, dan lain-lain dengan harga yang relatif murah.

    Patung Dewi Kuan Im di Pangkalpinang
  3. Klenteng Tung Fong Miaw Tong

    Klenteng ini dibangun pada tahun 2000 an dan terdapat patung Dewi Kuan Im yang berukuran 9 meter lebih dengan ditemani patung Nacha dan berbagai patung binatang lainnya. Klenteng ini sering dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota Pangkalpinang.

  4. Pantai Tanjung Bunga

    Tanjung Bunga adalah pantai landai dan berbatuan yang memiliki karakteristik unik, terletak di sebelah selatan Pantai Pasir Padi. Tanjung Bunga memiliki satu kawasan berbukit dengan panorama yang sangat indah da mengarah ke laut. Keunikan dari pantai ini terdapat batu-batu pantai yang tersusun indah, dan untuk wisatawan minat khusus, lokasi Tanjung Bunga sangat cocok dalam pertualangan dengan menyusuri pantai dan alam perbukitan.

  5. Klenteng Shen Mu Miau

    Merupakan klenteng pemujaan umat Konghucu atau Budha terhadap sang Dewi Laut atau Thian Hou Shen Mu. Kelenteng ini merupakan kelenteng MA CHO (nama lain dari Thian Hou Shen Mu) dibangun dengan arsitek khas oriental serta menghadap ke arah laut Tanjung Bunga. Di klenteng ini terdapat Batu Giok berbentuk naga yang konon milik Sang Dewi Laut dan merupakan satu-satunya yang ada di dunia. Klenteng ini diresmikan pada tanggal 21 April 2011.

  6. Pura Jagatnatha Surya Kencana

    Pesona Pangkalpinang
    Pura Jagatnatha Surya Kencana (Foto by maroonf3ie)

    Pura ini adalah Pura terbesar di Kota Pangkalpinang. Selain sebagai tempat sembahyang umat Hindu juga menjadi obyek wisata keagamaan. Pura ini dibuat sebagai tempat pemujaan kepada Hyang Widhi Wasa sebagai ungkapan rasa syukur karena telah menciptakan alam semesta beserta isinya.

6 Jalur Destinasi Wisata Pesisir di Kota Pangkalpinang ini jaraknya berdekat-dekatan, jadi buat kalian yang ingin berkunjung tidak perlu bertanya kemana-kemana karena lokasi wisata ini mudah dijangkau dan strategis jika ingin berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

So, liburan panjang tahun ini akan kamu habiskan pergi kemana?

pesona pangkalpinang
Pantai Pasir Padi di pagi hari (foto diambil dari Instagram Pena Liswanti)

 

Lihat Tulisan Berkategori Wisata

2 Komentar

  1. Kang Alee

    3 Maret 2016 at 11:36 am

    Pengin ke Klenteng euy

    Balas

    • Mariana

      3 Maret 2016 at 12:37 pm

      destinasi selanjutnya kalau ada kesempatan kesana lagi, boleh nih ya klenteng -nya.. ada dewi kuan im penasaran sama patungnya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…