Home Tips Trik Sukses Bisnis Kosmetik Ussy & Andhika Pratama

Trik Sukses Bisnis Kosmetik Ussy & Andhika Pratama

4 Menit Estimasi Baca
6
0
bisnis kosmetik ussy

Siapa yang tak kenal dengan pasangan serasi dan kompak Ussy Sulistiawaty & Andhika Pratama, kini selain menjadi public figure yang hampir setiap hari tampil di layar TV, keduanya mulai bisnis baru yaitu kosmetik. Bisnis Kosmetik Ussy & Andhika Pratama ini dimulai pada tahun 2014.

Dalam “Gathering Beauty Blogger With Ussy & Andhika Pratama” ini, mereka secara terbuka membagikan Trik sukses menjalankan bisnis kosmetik yang membawa produk Dissy dikenal di pasaran bahkan mampu bersaing dengan produk premium yang harganya lebih mahal. Bahkan, mereka berdua tak tanggung-tanggung untuk terjun sendiri mulai dari pemilihan bahan hingga penjualan ke toko-toko kosmetik.

Ide bisnis kosmetik ini ternyata awalnya dari Andhika, karena Andhika merasa bisnis kosmetik ini ke depannya akan bagus sehingga terpilihlah nama Dissy untuk label produk kosmetik mereka. Produk yang pertama kali diproduksi Dissy adalah Sabun dan Body Lotion. Untuk mencapai kesuksesan bisnis kosmetik Dissy, gak semuanya berjalan mulus lho.

Dissy Body Lotion
Dissy Body Lotion

Trik Sukses Bisnis Kosmetik Ussy 

  1. Ikut Turun Tangan
    Sebagai pemilik label Dissy, Andhika dan Ussy ikut turun tangan dalam proses pemilihan bahan, pemilihan wadah, pemilihan warna, pembuatan logo, pemilihan aroma, hingga turun tangan langsung ke customer dan toko kosmetik untuk menawarkan produk-produk miliknya.
  2. Uji Coba
    Sebelum produk Dissy benar-benar beredar, Ussy melakukan uji coba dulu selama 2 minggu. Produk di pakai Ussy untuk melihat apakah ada alergi, apakah teksturnya sudah nyaman jika di pakai, bagaimana dengan harum nya, bagaimana produk tersebut sudah sesuai fungsinya apa belum dan lain-lain.

    Dissy Lulur Mandi
    Dissy Lulur Mandi

    Seperti lulur mandi, Ussy juga mencobanya beberapa kali. Jika masih kasar atau lengket, akan di coba lagi hingga ketemu fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran. Jika sudah sesuai, baru masuk BPOM dan siap di edarkan.

  3. Promosi Online Sendiri
    Untuk mengenalkan produk Dissy, Andhika & Ussy menggunakan akun instagram masing-masing, karena pengikut mereka di akun tersebut sudah lumayan banyak, sehingga menggunakan akun pribadi menjadi pilihan pertama untuk promosi.
  4. Pendekatan Langsung dengan Customer/Reseller
    Ussy memang benar-benar serius dalam menjalankan bisnis kosmetik ini sehingga ia melakukan pendekatan langsung dengan customer. Hal ini dilakukan agar customer percaya dengan produk Dissy sehingga dengan ini Ussy mengajak Customer untuk menjadi Reseller.Tak hanya itu, jika Andhika ada syuting luar kota Ussy selalu ikut karena selain menemani suami, Ussy juga punya misi khusus yaitu menemui Reseller. Pernah Ussy berkunjung ke Medan, disitu ia mengajak kumpul/bertemu dengan Reseller dan Distributor untuk diskusi mengenai produk Dissy atau hanya sekedar ngobrol. Dan Ussy juga rela ke pasar-pasar untuk bertemu langsung penjual produknya.

    Dissy Milk Cleanser dan Face Toner
    Dissy Milk Cleanser dan Face Toner

    Pendekatan ini dilakukan Ussy agar ia tau apa yang dirasakan oleh customer, jika ada keluhan biar langsung Ussy tangani sendiri. Makanya, Ussy menyediakan Aplikasi WhatsApp khusus customer untuk berkomunikasi dan menampung masukan.

  5. Tidak Memanfaatkan Ketenaran Temen
    Sebagai artis yang terkenal dan punya bisnis, biasanya suka ngasih produk ke temen lalu minta di upload di akun IG-nya. Tapi Ussy tidak melakukan hal seperti itu, temen-temen artis malah membeli sendiri lewat admin bukan lewat personal Ussy. Timbal baliknya, kalau temen punya produk Ussy dengan sukarela memposting produk temen tersebut, jadi sama-sama saling menguntungkan.
  6. Inovatif
    Ussy mencoba menciptakan produk kosmetik yang beda dari merk lainnya. Seperti produk Melted, disampaikan Ussy bahwa sebelumnya ia pernah melihat produk tersebut di luar negeri dan kayaknya di Indonesia belum ada makanya ia coba aplikasikan dengan produk Dissy. Ternyata diterima di masyarakat.

    Dissy Melted
    Dissy Melted

    Wadah lipstik sekarang sudah beraneka ragam, ada yang pakai kuas dan Ussy kedepannya ingin merilis lipstik yang wadahnya kayak jaman dulu. Sehingga produknya lebih bervariatif.

  7. Mengikuti Pasar
    Bisnis kosmetik memang sekarang sedang menjadi incaran banyak orang. Andhika & Ussy terus mengupdate produk terbarunya agar tidak ketinggalan pasar. Sejak 2014, sedikit demi sedikit produk Dissy semakin bertambah dan pelan-pelan dapat diterima oleh masyarakat luas bahkan ke luar negeri.Untuk mengikuti kebutuhan pasar, dalam waktu dekat Dissy akan merilis BB Cream untuk melengkapi produk-produknya. Dan selanjutnya Dissy ingin merilis yang Premium sehingga nanti bisa ditawarkan ke acara-acara untuk make up.

Dibalik kesuksesan sekarang ini tentu diawal merintis bisnis kosmetik ini punya banyak hambatan. Karena awalnya baru memproduksi 2 produk yaitu sabun dan body lotion sempat di tolak oleh pasar. Belum lagi susahnya customer untuk mencoba produk tersebut. Kebutuhan customer untuk sabun dan body lotion lebih ke wanginya seperti apa. Hambatan seperti ini tidak membuat suruh Andhika & Ussy, produk selanjutnya mereka mengeluarkan Lipstik yang langsung laris karena ada hasilnya saat di foto.

dissy lipstik
Koleksi Dissy Lipstik

Untuk saat ini, Dissy sudah mempunyai 170 Reseller Online, 12 Distributor online yang ada di Indonesia, Singapura, Hongkong dan Thailand. Tak hanya online, Dissy juga sudah tersedia di toko kosmetik di Mall-Mall atau di Hypermart dan Boston. Harga Dissy sanga terjangkau, dimulai dari harga 28.000.

Kabar terbaru yang disampaikan Andhika & Ussy pada saat Gathering bahwa Dissy sudah berlabel HALAL. Jadi produk kosmetiknya sudah aman dari bahan meskuri dan bahan berbahaya lainnya.

Info detail produk bisa langsung kunjungi Instagram Andhika Pratama, Ussy Sulistiawaty dan @ownerdissydhikaussy untuk mengetahui dimana lokasi terdekat yang menjual produk Dissy.

Produk Dissy lainnya:

Lihat Tulisan Berkategori Tips

6 Komentar

  1. Dee - @HEYDEERAHMA

    12 Oktober 2016 at 2:59 pm

    Aduuuh warna lisptiknya bikin mupeng 🙂

    Balas

    • Mariana

      12 Oktober 2016 at 8:29 pm

      yang mana dee yang bikin mupeng? warna merah merona itu : 😀

      Balas

  2. Li Partic

    16 Oktober 2016 at 3:51 pm

    Siip bisa diterapkan teknik bisnisnya. Btw ikut give away yuk mbak ^^

    Balas

  3. noniq

    16 Oktober 2016 at 10:09 pm

    Hahaha, acara di Dissy kemaren blom kenalan jadi ga bisa foto bareng deh. Semoga next time bisa kenalan secara tatap muka yaaa ^^

    Balas

  4. Maria Soraya

    17 Oktober 2016 at 1:39 am

    kepincut sama lulur mandinya mak

    Balas

  5. kitaro

    25 Oktober 2016 at 6:24 am

    Mantaps tipsnya 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…