Home Tips Tips Mengelola Keuangan dengan Bijak oleh Safir Senduk

Tips Mengelola Keuangan dengan Bijak oleh Safir Senduk

2 Menit Estimasi Baca
0
0
2

Tips Mengelola Keuangan dengan Bijak ini dipaparkan oleh Safir Senduk pada Seminar yang diadakan oleh Sunlife Financial Indonesia di Cafe XXI Plaza Senayan pada Sabtu (1/8) siang. Dalam kesempatan kali ini, para blogger diajak untuk bijak dalam mengelola keuangan.

“Siapa yang bisa mengendalikan keinginannya, dia bisa mengendalikan pengeluarannya”

Safir senduk mengajak blogger untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran keuangan.

  • Jika pemasukan perbulan sebesar 5 juta, kemudian pengeluaran anda sebesar 5 juta, berarti anda masuk dalam kategori MISKIN.
  • Jika pemasukan perbulan sebesar 5 juta, kemudian pengeluaran sebesar 1,5 juta anda gunakan untuk membeli barang-barang konsumtif seperti baju, tas dan produk lainnya, dan anda masih punya sisa 3,5 juta anda masuk dalam tabungan  berarti anda masuk dalam kategori MENENGAH.
  • Jika pemasukan anda perbulan sebesar 5 juta, anda bagi 1,5 juta anda gunakan untuk membeli barang-barang konsumtif seperti baju, tas dan produk lainnya, dan anda masih punya sisa 3,5 juta lalu 2,5 anda masukan ke dalam investasi baik premi asuransi, tabungan, deposito maupun emas, dan anda masih punya sisa uang 1 juta, berarti anda masuk dalam kategori KAYA.

Kira-kira, pembaca masuk katerogi yang mana ?

“Orang yang paling kaya adalah orang invetasinya paling banyak”

Jika ingin meng-investasikan ke asset management ketahuilah terlebih dahulu reputasi perusahan, tanyakan kemana investasi itu, dan anda harus tahu prestasi dimasa lalu, apakah pernah turun atau belum.

dok.twitter.com/sunlife_id

Safir Senduk memaparkan 3 Tips mengelola keuangan dengan Bijak :

Miliki Investasi Sebanyak Mungkin

1. Saham, memiliki saham sama seperti memiliki bisnis tanpa repot membangun dan terlibat. Gunakan Manajer Investasi. Uang dikelola pihak ketiga yang ahli dalam investasi.

Manajer investasi ada 2 reksadana dan unit link. Reksadana dibeli di perusahaan asset manajemen, untuk Unit link di asuransi.  Jenis-jenis investasi diantaranya logam mulia, deposito, properti, reksadana dan lain-lain.

Kenali Investasi Bodong 

  • Bunga sangat tinggi
  • Janji Cash bulanan
  • Ada jaminan tidak rugi
  • Ada bonus untuk member baru
  • Skema yang mustahil

2. Sewakan Ke Banyak Penghuni

Misalnya dengan memiliki kos-kosan, sewakan kamar kos ke banyak penghuni, ini termasuk dalam investasi.

Siapkan Dana Untuk Masa Depan

Dana masa depan yang harus disiapkan adalah Dana Menikah, rumah berserta isinya, dana pendidikan dan dana pensiun. Keempat dana ini harus disiapkan di masa depan.

Atur Pengeluaran

Safir Senduk memberikan informasi yang perlu kita atur untuk mengelola pengeluaran dengan bijak. Apabila kita menerima gaji setaip bulan, ada 4 prioritas yang diutamakan pengeluarannya:

  • Cicilan Utang 30% – 40 %
  • Tabungan dan Deposito 10%
  • Premi Asuransi 10%
  • Biaya Hidup 50%

“Hidup itu imdah. Yang bikin ribet itu tagihan-tagihannya”

Mengenai Sun Life Financial Indonesia

Sun Life merupakan bagian dari Sun Life Financial, salah satu organisasi keuangan terkemuka di dunia. Didirikan pada 1865 dan berkantor pusat di Toronto, Kanada, Sun Life Financial beroperasi di berbagai pasar kunci di seluruh dunia.

Sejak 1995, PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) telah menyediakan masyarakat Indonesia dengan program yang lengkap mulai dari produk-produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, termasuk asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan perencanaan hari tua.

informasi lengkap http://sunlife.co.id/

Foto bersama (dok. twitter.com/sunlife_id)

Lihat Tulisan Berkategori Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…