Home Tips Tips Mudik Cerdas dengan Mobil Pribadi

Tips Mudik Cerdas dengan Mobil Pribadi

3 Menit Estimasi Baca
6
0
2
ilustrasi mudik cerdas

Siapa yang mudik tahun ini? Atau malah gak mudik? Lebaran tinggal menghitung hari, orang perantauan sudah siap-siap untuk pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga dan merayakan idul fitri bersama saudara. Biasanya mudik naik apa sih? Naik kendaraan umum apa kendaraan pribadi? Yang mudik naik kendaraan pribadi bagaimana persiapan nya? Nah, apa saja sih yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan ketika menggunakan kendaraan pribadi? Ada Tips Mudik Cerdas dengan mobil pribadi.

Sharing Tips mudik cerdas dengan mobil pribadi bersama Bapak Sony Susmana Praseto – Chief instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) di Aruba Resto, menyampaikan tentang hal-hal yang penting diperhatikan saat mudik dan persiapan-persiapan nya. Agar perjalanan lebih aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

mudik cerdas
Bapak Sony Susmana Praseto – chief instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI)

Tips Mudik Cerdas dengan Mobil

Ada hal yang penting yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi.

  1. Cek Kendaraan
    Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya mengecek kendaraan harus diutamakan. Jika tidak punya waktu untuk mengecek sendiri, solusinya dengan menaruh kendaraan ke bengkel terpercaya. Catat apa saja yang perlu di cek dan diganti, misal ketebalan ban, jika sudah tipis perlu diganti atau minyak rem dan lain-lain.Selesai pengecekan yang dilakukan oleh bengkel, jangan lupa juga periksa kembali catatan pengecekan, takutnya ada yang terlewat gak dicek sama bengkel atau mungkin ada beberapa yang kurang pas, nah sebaiknya dilakukan cek ulang.
  2. Makanan
    Sebelum mengemudi, sebaiknya makan terlebih dahulu agar saat mengemudi bisa fokus. Sediakan minuman dan makanan atau cemilan juga di dalam mobil, jika kondisi haus atau lapar ada yang bisa dimakan.Untuk persediaaan makanan atau minuman selama perjalanan, hindari kafein yang berlebih karena akan berakibat tubuh cepat letih saat mengemudi. Yang terpenting adalah asupan karbohidrat, tubuh sangat membutuhkan itu untuk melakukan perjalanan.
  3. Atur Barang Bawaan
    Setiap keluarga yang mudik tentu ingin membawa barang bawaan, baik pakaian anggota keluarga, mainan anak, dan oleh-oleh untuk yang dirumah. Nah ini yang perlu diperhatikan, jangan bawa barang bawaan terlalu berat, jika menaruh barang bawaan diatas mobil harus dilihat berapa muatan nya jika berlebihan akan membuat mobil tidak seimbang.Atur barang bawaan, susun barang bawaan yang paling berat berada dibawah. Jika terlalu banyak barang bawaan, gunakan jasa pengiriman jadi mobil tidak penuh.

    atur barang bawaan mudik
    foto by otomotifnet
  4. Cek Keamanan
    Sebelum melaju, sebaiknya mengecek keamaan mobil juga perlu seperti mengecek safety belt apakah untuk semua penumpang berfungsi dengan baik dan apakah jok pengemudi bisa sesuai dengan posisi tubuh pengemudi. Sebelum memulai perjalanan, pastikan posisi sandaran jok cukup tegak. Parameter nya adalah seluruh bagian punggung harus bersentuhan dengan jok.Anak-anak mau duduk didepan atau dibelakang Belt harus klik. Karena safety first penting untuk keselamatan perjalanan, jadi pastikan setiap penumpang ada safety belt.
  5. Cari Informasi Jalur Alternatif
    Dengan banyaknya pemudik dan padatnya arus mudik, beberapa diruas jalan yang akan dilewati bisa terjadi kemacetan. Untuk mengantisipasi nya, sebelum berangkat cari informasi sebanyak mungkin jalur alternatif mana yang harus dilewati jika terjadi macet atau padat kendaraan.
  6. Cek Kesehatan
    Jika salah satu anggota keluarga atau pengemudi ada yang punya riwayat penyakit, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu.
    cek kesehatan mudik cerdas

Tak hanya hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum mudik, saat perjalanan pun masih ada yang harus diperhatikan.

  1. Istirahat
    Jika melakukan perjalanan jauh, jangan menempuh perjalanan lebih dari 4 jam. Istirahatlah minimal 30 menit setiap 4 jam mengemudi, jika memang tubuh tidak mampu mengemudi 4 jam, istirahatlah jika badan sudah merasa letih atau mengantuk. Jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan karena akan mengganggu konsentrasi.
  2. Cek Kendaraan Ulang
    Saat perjalanan jarak jauh, cek kendaraan ulang sangat perlu karena kondisi jalan dan faktor lain bisa membuat ban kurang angin atau air radiator perlu ditambah.Sepanjang perjalanan mudik pasti ada bengkel atau tambah angin dipinggir jalan kok.

Dan ada satu lagi, Navigator. Siapa yang jadi Navigator? Siapapun yang duduk disamping pengemudi adalah Navigator. Jika yang disebelah pengemudi adalah istri, tugas navigator menemani pengemudi, disaat jalan macet harus siap-siap membuka Maps untuk mencari jalur alternatif, membukakan botol minum atau memberi makanan.

Tips mudik cerdas dengan mobil diatas apa yang dishare sama Bapak Sony ya, saya belum pernah mudik menggunakan mobil pribadi. Pernah menggunakan motor dari Semarang-Sragen, saya juga melakukan servis kendaraan, pengecekan ban, rem dan ganti oli. Kalau mengantuk sih pernah, langsung belok ke es kelapa muda dipinggir jalan, tidur bentar langsung lanjut perjalanan.

Baik melakukan mudik jarak jauh atau dekat, safety first itu penting.

mudik cerdas

Lihat Tulisan Berkategori Tips

6 Komentar

  1. Teddy

    28 Juni 2016 at 4:02 am

    Setuju nih tipsnya aplagi klo udh ngantuk langsung belok ke es kelapa…sy jga ngalamin lngsung seger lgi

    Balas

    • Mariana

      28 Juni 2016 at 9:51 am

      karena kalau gak belok beli es degan, terlalu menggoda untuk diabaikan 😀

      Balas

  2. Ani Berta

    28 Juni 2016 at 6:39 am

    Mariana mau mudik ke mana? Ke Sragen atau Subang? 😀

    Balas

    • Mariana

      28 Juni 2016 at 9:52 am

      lebaran ini ke Subang teh, naik bus 🙂

      Balas

  3. Timo

    4 Juli 2016 at 2:39 am

    Bener nih, cemilan mesti ada untuk di jalan jauh. Saya sukanya bawa kitk ama teh kotak yang less sugar 😉

    Balas

    • Mariana

      7 Juli 2016 at 7:16 pm

      bawa yang banyak timo, biar di jalan enggak kehabisan 😀

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…