Home Tips Memilih Botol Susu untuk Prabu

Memilih Botol Susu untuk Prabu

4 Menit Estimasi Baca
0
0

Botol susu merupakan salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang harus diperhitungkan saat untuk memutuskan untuk membeli. Karena memilih botol susu untuk bayi baru lahir harus teliti dan nipple yang digunakannya pun harus yang bener-bener aman. Hal ini kejadian banget sama aku yang enggak sedia botol susu bayi saat Prabu lahir.

Karena fokus persiapan persalinanku akan normal, jadi botol susu enggak aku siapkan karena mikirnya aku akan bersalin secara normal jadi langsung bisa nyusuin secara langsung. Tapi ternyata semuanya diluar prediksi, aku harus bersalin secara operasi secar dan sehari setelah lahir Prabu harus dirawat terpisah denganku karena terdeteksi ada bakteri di tubuhnya disebabkan meminum air ketuban ku yang katanya sudah terlihat agak keruh.

Pas Prabu sudah masuk ruang bayi, kami dikasih list barang-barang apa saja yang perlu disiapkan untuk keperluan Prabu saat dirawat. Dari bedong kain, diapers minimal 10 pcs per hari, baju, air mineral, susu formula, dan botol susu. Untuk botol susu yang disarankan juga harus yang aman dan ada kriteria nya, ini rekomendasi dari bidan yang merawat Prabu. Aku gak begitu paham sih, karena yang mengurus semuanya adalah Suami, aku masih dirawat proses menyembuhan habis operasi.

memilih botol susu bayi
Nipple/dot Philips Avant Natural 2.0

Dari kejadian itu aku jadi sangat paham persoalan memilih botol susu dan nipple juga jadi faktor penting. Aku gak menyiapkan botol susu karena aku takut nanti bayiku akan bingung puting, kalau keseringan dikasih ASI dari botol aku sangat takut nanti gak mau minum ASI secara langsung.

Maklum lah, namanya juga ibu baru. Sepengetahuanku emang menyusui itu secara langsung, padahal bisa juga menggunakan sendok yang jadi salah satu pilihan agar enggak bingung puting. Pasca Prabu dirawat di rumah sakit, pas pulang kerumah alhamdulilah ia enggak bingung puting. Jadi bisa minum ASI secara langsung.

Selama 0-3 bulan usia Prabu, ia minum ASI secara langsung, karena emang enggak ada drama rewel, jadi emang bisa aku tinggal untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Dan sekarang bener-bener baru merasakan indahnya jadi ibu baru.

Dimulai sejak usia Prabu mau masuk 3 bulan dan saat itu penglihatannya sudah cukup bagus, jadi dikit-dikit minta gendong keluar rumah. Kalau pas minum ASI belum kenyang aja udah nangis pengen keluar. Dan hasilnya aku jadi susah mau ngapa-ngapain, meskipun ada Ayah nya kerjaan rumah kadang belum beres Prabu udah minta nyusu.

memilih botol susu bayi

Akhirnya, kami berdua sepakat untuk ngasih Prabu ASI lewat botol susu. Jadi sebelum aku tinggal buat masak dan melakukan pekerjaan rumah, aku pompa ASI dulu nah setelah itu baru ditaruh dibotol biar Ayah nya yang ngasuh. Sebelum akhirnya memutuskan pakai botol susu pun aku cari-cari info dari temen yang pakai botol susu.

Memilih botol susu yang aman untuk Prabu

  1. Sistem anti kolik
    yaitu sistem untuk mengalirkan udara ke dalam botol bukan ke perut buah hati sehingga terhindar dari kembung.
  2. Nipple yang sesuai
    Nipple atau dot sesuai dengan usia bayi. Biasanya ini terkait dengan aliran dot, ada kecil, sedang, dan deras. Ada yang ditandai dengan lubang, misal lubang 1 itu aliran kecil untuk usia 0 bulan keatas. Jadi disesuaikan dengan kebutuhan bayi agar tidak tersedak. Jangan salah pilh, karena masing-masing aliran ada kategori umurnya.Untuk bahan, pilih bahan dot yang lembut dan lentur, jadi ketika diberi ASI secara langsung bayi tidak bingung puting.
  3. Botol yang nyaman di pegang
    Pilhlah botol yang nyaman saat dipegang, baik saat di pegang ibu atau bayi nya, Karena biasanya saat di bayi sudah mulai bisa pegang-pegang barang disekitar, kalau pas dikasih susu pakai botol akan ikut megang botolnya.

3 komponen diatas ini ada di setiap merk botol, dengan banyak pertimbangan terutama mengenai dot dan keamanan botol nya, aku pilihkan Prabu botol susu Philips Avent Natural 2.0. Kelebihan Botol Avent Natural 2.0 ini memiliki desain ulir spiral yang memudahkan pergerakan lidah, bentuk ujung dot yang menyerupai payudara dan materi dot yang diperbarui dengan bahan silikon lembut membuat dot menjadi lebih awet digunakan dan memiliki tekstur yang halus seperti kulit.

memilih botol susu bayi
Botol susu Philips Avant Natural 2.0

Kelebihan lain yang ada di Botol Avent Natural 2.0 adalah memiliki leher botol yang lebar sehingga memudahkan perlekatan secara alami dan bentuk botol yang ergonomis yang membuat botol mudah digenggam dan nyaman digunakan dari segala arah. Karena leher botol yang lebar ini jadi mudah banget untuk dibersihkan dengan sikat.

 

memilih botol susu bayi
Sikat Pembersih botol

Dengan begini, aku jadi tenang jika Prabu minum ASIP disaat aku sedang mengerjakan pekerjaan rumah. Sodara, tetangga, bahkan Ayah nya Prabu pun bisa dengan benar memberikan ASIP lewat botol karena botol susu Philips Avent Natural 2.0 ini sangat mudah digenggam dan Prabu juga bisa pegang meskipun belum kuat.

Buat ibu pekerja jangan khawatir jika anaknya dirumah memakai botol merk ini, karena tekstur dot yang lembut seperti kulit jadi gak bikin bayi bingung puting saat dikasih ASI secara langsung. Botol susu Philips Avent Natural 2.0 ini dapat ditemukan di toko perlengkapan bayi atau online shop.

Lihat Tulisan Berkategori Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…