Home Tips 6 Situs Penyedia Foto Gratis Terbaik dan Berkualitas Tinggi

6 Situs Penyedia Foto Gratis Terbaik dan Berkualitas Tinggi

4 Menit Estimasi Baca
35
0
13
stocksnap

Sebagai blogger, saya pernah mengalami kesulitan ketika ingin menerbitkan tulisan di blog dan dilengkapi gambar ilustrasi kece, tapi tidak punya stok foto pribadi yang bagus dan sesuai. Untungnya, kalau sudah mandek soal konten atau teknis ngeblog kaya gitu, ada suami yang alhamdulillah (kalau mood-nya lagi bagus 😀 ) bisa jadi tempat nanya-nanya, termasuk soal situs penyedia foto gratis terbaik dan berkualitas tinggi yang saya jadikan postingan ini.

Sebetulnya banyak banget situs yang menyediakan foto bebas pakai, tapi saya simpulkan menjadi 6 saja, biar teman-teman gak harus berlama-lama milihin satu-satu. Pemilihan 6 situs penyedia foto gratis terbaik ini saya simpulkan sendiri (subyektifnya tentu ada, namanya juga selera 🙂 ) dengan tambahan masukan dari suami. Penentuan 6 terbaik diasumsikan berdasar kuantitas dan kualitas foto, serta PageSpeed situs saat diakses.

Kenapa PageSpeed dijadikan tolok ukur juga? Karena kalau menurut suami sih “ini tu situs stok foto, biasanya foto atau image akan sangat mempengaruhi kecepatan loading. Jadi kalau situs stok foto bisa diakses cepat, jelas itu sangat menyenangkan”.

Maksud dari “Foto Gratis”

Situs-situs ini mengadopsi lisensi CC0 1.0 Universal (CC0 1.0) yang didedikasikan sebagai Domain Publik. Artinya, mereka (pencipta/pemilik foto) telah mendedikasikan karyanya sebagai domain publik dan mengabaikan semua hak-haknya atas ciptaan tersebut di seluruh dunia di bawah hukum hak cipta, termasuk semua hak terkait, sejauh yang ditentukan hukum yang berlaku. Dengan demikian, siapapun dapat menyalin, memodifikasi, menyebarluaskan, dan menampilkan ciptaan tersebut, bahkan untuk tujuan komersial, secara keseluruhan tanpa harus meminta izin. Keren ya? Hormat dan bangga buat mereka yang telah mendedikasikan karyanya sebagai Domain Publik.

Ini dia, 6 situs penyedia foto gratis terbaik dan berkualitas tinggi.

Pixabay

pixabay

Yang satu ini kayanya sudah sangat dikenal. Pixabay bisa dibilang situs stok foto gratis paling populer dengan stok foto lebih dari 770.000 yang bebas diunduh dan digunakan tanpa ada batasan apapun. Konten Pixabay sendiri kini semakin menarik, karena gak cuma ada foto gratis, tapi juga Vector, Ilustrasi dan Video.

Untuk situsnya sendiri nih, pas diukur pake GTmetrix sangat fantastis. Skor PageSpeednya A (96%) dengan YSlow Score C(72%).

  • Page Load Time: 2.5s
  • Total Page Size: 1.59MB
  • Requests: 48

Unsplash

unsplash

Kurang tahu berapa banyak stok foto yang ada di Unsplash, tapi jika dilihat dari banyaknya kategori foto yang mencapai 48 kategori, sepertinya Unsplash ‘dihuni’ oleh ribuan foto yang tidak hanya gratis, tapi juga bebas pakai, bebas edit, bahkan bebas tanpa menyebutkan sumbernya.

Setiap 10 hari ada 10 foto yang difiturkan. Pemilihan foto fitur ini dilakukan oleh kurator yang berasal dari berbagai latar belakang, dengan salah satunya faktornya popularitas foto.

Berdasarkan hasil pengujian kecepatan menggunakan GTmetrix, diperoleh grade PageSpeed A (94%) dengan YSlow Score C(79%).

  • Page Load Time: 1.9s
  • Total Page Size: 1.93MB
  • Requests: 43

FreeImages

freeimages-red

Didirikan pada tahun 2015, saat ini FreeImages mempunyai stok foto dan gambar ilustrasi lebih dari 4.000 yang dikontribusikan oleh sesama anggotanya secara sukarela. Karena usianya yang masih baru juga mungkin, FreeImages masih memiliki stok foto yang sedikit. Meski sedikit, kabarnya foto di FreeImages jarang ditemukan serupa di situs penyedia stok foto gratis lainnya.

FreeImages memiliki kecepetan akses yang standar. Setelah diuji menggunakan GTmetrix, mendapatkan PageSpeed Score C (79%)  dan YSlow Score C (78%) .

  • Page Load Time: 4.9s
  • Total Page Size: 720KB
  • Requests: 30

StockSnap

stocksnap

StockSnap adalah salah satu situs foto gratis favorit saya. Tampilannya yang fresh dengan sistem navigasi yang user friendly membuat saya merasa nyaman. Selain memiliki fitur pencarian, StockSnap juga memiliki pilihan sorting berdasarkan Date, Trending, Vies, Downloads dan Favorites.

Jika beberapa penyedia layanan lainnya menggunakan pemilahan berdasarkan kategori, StockSnap menggunakan metode tagging.

Soal kecepatan, tidak terlalu bagus sih sepertinya. PageSpeed Score C(75%) dan YSlow Score C(76%). Buat saya sih ini tidak terlalu masalah, karena kalau diakses rasanya masih lumayan cepat. Mungkin karena StockSnap ini memakai CDN. Kata suami sih (hadeuh, lagi-lagi kata suami) dengan CDN ini, meskipun server situsnya ada di Amerika sana, kita tetap bisa mengaksesnya dengan cepat, karena permintaan akses tidak langsung ke Amerika, tapi ke server CDN terdekat, seperti di Singapura misalnya.

  • Page Load Time: 2.3s
  • Total Page Size: 1.19MB
  • Requests: 71

Pexels

pexels

Mulai didirikan tahun 2014, kini Pexels jadi salah satu situs penyedia foto gratis yang sudah menampung lebih dari 15.000 foto dan kini hampir setiap bulannya ada tambahan 3000 foto beresolusi tinggi.

Ada satu fitur browsing yang menarik di Pexels ini, yaitu kita bisa mencari foto berdasarkan warna dominan. Jadi bisa lebih mudah kan kalau mau nyari foto yang matching dengan situs kita?

Ini contohnya, ketika saya coba nyari foto berdasarkan warna pink:

mencari-foto-berdasarkan-warna-dominan-di-pexel

Hasil pengujian menggunakan GTmetrix, Pexels mendapatkan PageSpeed Score C (71%) dan YSlow Score D (68%)

  • Page Load Time: 3.2s
  • Total Page Size: 1.73MB
  • Requests: 69

PicJumbo

picjumbo

Sesuai namanya, PicJumbo benar-benar situs free stock photo yang jumbo. Mulai dari didirikan pada tahun 2013 hingga tahun 2015 sudah ada lebih dari 750.000 foto dan mencapai lebih dari 4.000.000 unduhan.

Foto-foto di PicJumbo juga dilengkapi dengan identitas (excif) foto, seperti Ukuran, Shutter Apperture, ISO dan Focal Length.

Hasil pengujian kecepatan PicJumbo sedikit kurang memuaskan, PageSpeed Score F (38%)  dan YSlow Score C(72%), tapi kembali saya pikir itu bukan sebuah masalah besar.

  • Page Load Time: 2.5s
  • Total Page Size: 3.04MB
  • Requests: 61

Itu dia 6 situs penyedia foto gratis terbaik dan berkualitas tinggi. Semoga bisa membantu dan bisa jadi solusi terbaik daripada asal comot dari mesin pencari yang belum tentu jelas lisensi dan legalitas fotonya.

Lihat Tulisan Berkategori Tips

35 Komentar

  1. Om Rent

    17 Oktober 2016 at 11:02 am

    wah, jadi kalo misal ambil sembarangan dari google itu kadang dapat punya orang dan mesti ijin ya kak kalo mau dipake. ya ya ya..

    Balas

    • Mariana

      17 Oktober 2016 at 4:16 pm

      Yups. Secara default (tanpa setingan opsi pencarian), Google nampilin apa adanya dari index. Gambar yang diindex Google sendiri lisensi-nya kan macam-macam… kalau asal pake tentu gak bagus dan bahaya juga. 🙂

      Balas

  2. Rani yulianty

    17 Oktober 2016 at 2:05 pm

    Waaaahhh, nambah referensi nih, biasanya saya cari di photophin, makasih ya artikelnya

    Balas

    • Mariana

      17 Oktober 2016 at 4:14 pm

      Sama-sama… semoga bermanfaat. 🙂

      Balas

  3. Rani yulianty

    17 Oktober 2016 at 2:06 pm

    Waah, nambah referensi nih, biasanya saya di photophin, makasih yaaa

    Balas

  4. Lia Harahap

    17 Oktober 2016 at 3:09 pm

    Yeiiy nambah situs baru lagi. Selama ini cuma pakai Pexels.

    Balas

    • Mariana

      17 Oktober 2016 at 4:12 pm

      Yeaaayyy!!! makin ngebut nih… 🙂

      Balas

  5. D Sukmana Adi

    17 Oktober 2016 at 9:32 pm

    kalau saya biasanya pke pixabay

    Balas

  6. nur rochma

    18 Oktober 2016 at 1:44 pm

    Saya pakai pixabay. Pengen nyoba yang lainnya. Yang penting loadingnya nggak lama, mba.

    Balas

    • Mariana

      19 Oktober 2016 at 2:41 pm

      Nah, iya Mbak. Makanya soal kecepatan loading jadi salah satu alasan saya memilih 6 terbaik ini. 🙂

      Balas

  7. Ngoceh

    18 Oktober 2016 at 2:37 pm

    Aku yang paling sering kunjungi itu, Pexelz hihi…
    sebenarnya semua situs penyedia gambar gratis berkualitas tinggi itu, semuanya bagus-bagus menurut saya, kalau nggak bagus pastinya anu…

    Balas

    • Mariana

      19 Oktober 2016 at 2:41 pm

      Jangan anu-anu terus. nantinya ngilu. 😀

      Balas

  8. Liswanti Pertiwi

    18 Oktober 2016 at 9:23 pm

    Asyik ini bisa menambah referensiku, dengan begitu jadi aman ya Mar

    Balas

    • Mariana

      19 Oktober 2016 at 2:42 pm

      Iya, Teh. Aman secara hukum, aman di Google juga.

      Balas

  9. Cindy Vania

    19 Oktober 2016 at 5:27 pm

    Yay! Akhirnya aku tau dimana aja bisa nemu foto-foto kece itu.
    Salut sama orang yang mau berbagi kekecean fotonya ke semua orang di dunia! Kapan yaa bisa bikin foto kece sendiri? (Mulai halu)

    Balas

    • Mariana

      21 Oktober 2016 at 8:52 am

      Semoga secepatnya, Mbak. Terus kalau udah bisa, ditunggu ‘bagi-bagi’ foto gratis dan bebas pakainya ya… 😛

      Balas

  10. emanuella aka nyonyamalas

    19 Oktober 2016 at 7:10 pm

    selama ini baru pernah makenya pexel 🙂 makasi ya mbak sharingnya… ampe aku bookmark biar kalo mau nyari lagi dan lupa situsnya, bisa ngeklik linknya dari artikelnya mbak… 😀 kekeke… *pelupa

    Balas

    • Mariana

      21 Oktober 2016 at 8:53 am

      Hahahaaa… makasih juga atas bookmark-nya, Mbak. 🙂

      Balas

  11. Riska Ngilan

    19 Oktober 2016 at 7:14 pm

    Aku pengguna Pexels mbak, hampir semua foto cover blog aku ambil disana. Eh, ternyata ada pilihan lainnya ya, aku senang 😀

    Balas

    • Mariana

      21 Oktober 2016 at 8:54 am

      Yeaaaayyy, aku juga seneng udah bikin Mbak Riska seneng. 😀

      Balas

  12. nola

    19 Oktober 2016 at 7:33 pm

    Mostly sih aku suka create foto sendiri, tapi nambah source gambar keren nggak pernah salah.. TFS! 🙂

    Balas

    • Mariana

      21 Oktober 2016 at 8:55 am

      Iya, Mbak. Paling tidak bisa buat cadangan. 🙂

      Balas

  13. Kurnia amelia

    19 Oktober 2016 at 8:59 pm

    Nuhun kakakk sharingnya tak catat yo referensinya *asyyiikkk.

    Balas

    • Mariana

      21 Oktober 2016 at 8:56 am

      Nggak usah dicatat, kakaaakkk, di CTR + D aja. 😛

      Balas

  14. herva yulyanti

    20 Oktober 2016 at 1:47 pm

    makasi mba infonya baru tahu loh beneran selama ini hny mengandalkan google *kudet pisan*

    Balas

    • Mariana

      21 Oktober 2016 at 8:56 am

      Hihihiiii… semoga bermanfaat, Mbak.

      Balas

  15. ratna dewi

    21 Oktober 2016 at 8:22 pm

    Selama ini aku baru pakai Pixabay, Gratisography, Unsplash, sama pexels. Yang lainnya perlu dicoba nih. Bookmarked yaa.

    Balas

  16. Ika Mitayani

    23 Oktober 2016 at 9:52 pm

    Wah makasi ya infonyaaaa 🙂

    Balas

  17. andyhardiyanti

    26 Oktober 2016 at 12:14 pm

    Makasih sharingnya mbak. Selama ini ngandalin foto sendiri aja euy hahahha..

    Balas

  18. @kakdidik13

    5 November 2016 at 6:47 pm

    Dapat referensi lagi nih, makasih ya mbak

    Balas

    • Mariana

      11 November 2016 at 11:18 am

      semoga tampilan blog nya makin kece karena nambah referensi gambar

      Balas

  19. Ranny

    9 November 2016 at 4:12 pm

    aku paling favorit pixabay sama pexels 😀 suka juga kaboompics sayangnya besaar banget size nya hiks

    Balas

    • Mariana

      11 November 2016 at 11:15 am

      di resize dulu mbak sebelum di pakai buat postingan, gak pecah kok asal ukuran sesuai dengan blog

      Balas

  20. Ibn Hisham Az-Zuhri

    14 November 2016 at 4:51 pm

    Bertahun-tahun ngeblog, baru hari ini saya dapat supplier foto gratis.
    selama ini seringnya comot foto orang -_-

    itu klo download photonya mesti login gak?

    Balas

  21. Eza Hazairin

    7 Desember 2016 at 8:30 am

    Waahh banyak juga ya yang nyediain gratisan..boleh nih.. Daripada cari di google images mulu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…