Home Produk 6 Aplikasi Komputer yang Wajib Dimiliki

6 Aplikasi Komputer yang Wajib Dimiliki

5 Menit Estimasi Baca
15
0
11
aplikasi komputer

Sebagai ibu rumah tangga yang merangkap jadi blogger, komputer dan seperangkatnya adalah kebutuhan. Apalagi kalau ingin nonton film di komputer harus punya aplikasi menonton film yang mendukung filenya. Selain aplikasi nonton film, masih banyak aplikasi komputer yang wajib ada. Selain pelengkap atau sekedar hiburan, beberapa aplikasi juga dapat mendukung dan mempermudah saya saat bekerja. Nah, aplikasi apa saja yang wajib ada?

Sebagai perangkat elektronik yang canggih, komputer hadir sebagai komponen pintar dengan berbagai fitur yang menarik. Sedari pentium satu, dua, tiga dan empat adalah keseluruhan dari seri yang dimiliki oleh komputer. Di awali dari pentium satu yang sudah jarang ditemui karena telah ada pentium empat yang terbaru dan lebih canggih dari sebelumnya. Pada seri keempat ini, menjadikan kinerja dari komputer semakin lengkap dan kini banyak ditemui atas penggunaan pentium tersebut dalam berbagai instansi, mulai dari Kantor, Kampus, Sekolah, industri dan lain-lainnya. Di tambah dengan aplikasi komputer pilihan yang nantinya dapat dipasang sesuai kebutuhan.

Meskipun sama-sama komputer pentium empat, akan tetapi peran dan fungsi yang diantarkan antara satu perangkat dan lainnya tidaklah sama. Pastinya dengan aplikasi yang terpasang akan memberikan fungsi tersendiri. Tak hanya satu fitur melainkan banyak sekali aplikasi yang bisa di apply pada perangkat ini, akan tetapi terdapat aplikasi penting yang wajib dimiliki, antara lain ialah:

aplikasi komputer
Aplikasi Komputer (foto by indogadget)
  1. Lembar kerja sebagai form elektrik
    Contohnya: Microsoft word, Microsoft excel dan power point ini sangat penting dan wajib ada di komputer saya, karena saya sering menggunakan komputer untuk menulis, membuat laporan, membuat presentasi, membuat database. Tanpa ini atau saya mungkin masih coret-coret di kertas.
  2. Browser
    Seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, internet explorer sebagai alamat untuk terhubung dengan internet. Saya biasa menggunakan Chrome karena mungkin sudah terbiasa saja sih bukan karena persoalan lain.
  3. Aplikasi Antivirus
    Aplikasi antivirus ini sangat penting untuk melindungi komputer dari serangan virus. Jangan sampai pas lagi happy dapat file drama korea yang pemainnya Lee Min Hoo pas flashdisk dihubungkan ke komputer malah menyebarkan virus karena tertular dengan komputer yang lain. Bahayanya, sering kali file penting saya yang harusnya bisa dikirim ke bos jadi gak bisa dibuka karena kena virus. Aplikasi antivirus yang bisa dipasang di komputer seperti Smadav, Avira, AVG. Saya biasanya pakai Smadav sih.
  4. Aplikasi Play Film
    Nah kan, aplikasi untuk menonton film juga wajib dimiliki. Buat hiburan atau buat melihat video projek-projek lainya. Saya memilih GOM untuk menonton film di komputer saya.

    aplikasi winamp
    Tampilan winamp
  5. Aplikasi Play Musik
    Biar gak bosan, saya biasanya mendengarkan musik via Winamp. Entah dari jaman berapa saya masih pakai aplikasi musik ini. Kalau mendengarkan musik saya memilih mendengarkan via komputer saja daripada via handphone, jika saya pakai komputer sekalian pasang speaker biar suaranya mantap.
  6. Aplikasi Download
    Aplikasi download seperti IDM atau internet download manager ini yang penting, soalnya saya sesekali pengen download video klip penyanyi favorit saya atau download film terbaru bukan serial drama korea ya, gak sanggup kalau harus download serialnya. Yang paling sering sih download film Upin&Ipin, sepupu suka dengan serial ini jadi kalau lagi kumpul mereka nonton aja.

Memang tak sedikit koleksi aplikasi yang dapat diterapkan di sebuah komputer, mengingat kebutuhan kerja atas komputer dari satu pihak dan lainnya sangatlah berbeda. Akan tetapi, fitur bersangkutan adalah aplikasi yang wajib saya miliki guna mendukung kinerja pada komputer ini. Kemudian nantinya, bisa kalian tambahkan aplikasi lain sesuai keperluan. Adapun fitur dengan fungsi yang hampir sama itu pun dicover oleh beberapa aplikasi, kita bisa memilih sesuai varian.

Satu fungsi yang tak hanya disediakan oleh fasilitas kerja di komputer, tentu seringkali membuat bingung. Agar tak salah pilih dalam mencari dan menerapkan aplikasi komputer yang tepat, terdapat beberapa tips untuk memilihnya, yakni:

  1. Prioritaskan fitur dengan fungsi sesuai yang dibutuhkan
    Jangan semua diaktifkan, kalau terlalu banyak ada di komputer sesuaikan dengan kebutuhkan kerjanya saja.
  2. Ketahui terlebih dahulu sistem kerja secara mendetail, dari kelebihan dan kelemahannya.
    Masing-masing perangkat juga punya kelebihan dan kekurangan, kadang aplikasi yang saya punya diatas gak bisa maksimal di komputer lain, itu wajar. Jadi dipilih aja ya yang mendukung di komputernya.
  3. Pilih aplikasi dengan space yang tidak terlalu besar agar tak memberatkan komputer bersangkutan.
    Space yang besar dapat membuat komputer jadi lemot, justru malah akan membuat kerja terganggu karena loading membutuhkan waktu yang lama.
  4. Pastikan aplikasi itu berbayar ataukah gratis, jika harus membayar bisa disesuaikan dengan anggaran.
    Kalau saya, ada beberapa yang berbayar karena untuk menunjang dan mempermudah kerjaan saya.

Membedakan antara fitur-fitur yang ada memang tidaklah sulit, karena kita bisa mencari tahunya di internet. Bahkan di laman online pula, nantinya aplikasi tersebut dapat diunduh dengan mudah. Selain mendownload di internet, kita bisa meminta fitur yang diinginkan dalam bentuk software, kemudian diaplikasikan di komputer. Suatu aplikasi akan terpasang dengan baik di komputer harus melalui install terlebih dahulu dan proses pemasangan ini sangat mudah, seperti:

  1. Klik software yang dipilih.
  2. Cari dan klik opsi install.
  3. Ikuti dan tunggu berjalannya fitur bersangkutan.
  4. Ikut petunjuk dan konfigurasi yang ada dalam proses yang relatif, ada yang cepat begitu pula sebaliknya.
    aplikasi Gom
    Install GOM (foto: gomlab)

Dalam proses install akan dipandu hingga selesai, jadi jangan takut salah install, kira-kira langkah-langkahnya seperti diatas. Jika memang ragu, bisa tanyakan ke teman terdekat.

Saat suatu fitur yang diinstal berjalan dengan lancar, maka secara otomatis akan muncul pada bagian layar komputer. Dengan begitu, untuk mengaplikasikan fitur tersebut bisa klik icon di layar depan itu saja. Hal ini berlaku pula untuk setiap aplikasi yang dimiliki, untuk itu pastikan setiap aplikasi komputer yang ada, disimpan atau diatur di bagian folder penyimpanan tersendiri. Jadi saat ingin dicopy maupun diuninstall dapat ditemui dengan mudah.

Cari tahu informasi seputar komputer lainnya di website review, terlengkap di indonesia. Website ini memberikan informasi dan ulasan berbagai jenis produk terbaik yang layak anda miliki, baik berdasarkan harga, jenis dan spesifikasi.

Semoga bermanfaat.

Lihat Tulisan Berkategori Produk

15 Komentar

  1. Indah Primadona

    14 Juni 2016 at 12:16 pm

    kalau aku tambah aplikasi desain kayak corel atau photoshop ^^

    Balas

    • Mariana

      14 Juni 2016 at 12:19 pm

      Bagus mbak. Aku kayaknya juga harus belajar corel atau photoshop juga. Edit foto masih pakai aplikasi pixlr aja nih hehehe

      Balas

  2. Walyatalattaf Hamidi

    14 Juni 2016 at 1:41 pm

    Masukan dari saya :
    aplikasi free alternatif, tanpa perlu crack / Lisensi 😀 :
    1. Office : Apache Open office, Libre Office, KingOffice 2013 free
    2. Browser : Selain Mozilla, dan Chrome, biasanya pakai Opera, versi terbarunya sih ada fitur hemat baterai untuk Laptop
    3. Antivirus, smadav kurang ampuh untuk virus yang berat, harus didampingi biasa saya pakai AVG free mudah dalam pemakaian, bisa juga Avira, Avast, 360, dll masih banyak
    4. Gom lumayan :D, lainya bisa, VLC, KMP
    5. Music ya? biasa saya pake aimp, sudah versi 4 yang terbarunya, lainya : bisa Foobar, jetaudio, Itunes, zune, (itune dan zune lumayan gede filenya)
    6. IDM harus berbayar yah :D, alternatifnya bisa freedownloadmanager, eagleget, Internet Download Accelerator, dll

    sekian dari saya salam kenal

    Balas

  3. Lia Harahap

    14 Juni 2016 at 3:20 pm

    Kalau saya belum punya aplikasi download. Jadi kesulitan kalau mau download hehehe

    Balas

    • Walyatalattaf Hamidi

      14 Juni 2016 at 4:18 pm

      copas aja dimari :D, ke saya

      Balas

    • Mariana

      15 Juni 2016 at 10:09 am

      dulu saya juga gaj punya.. tapi lama kelamaan kelimpungan juga gak bisa download :))

      Balas

  4. Choirul Huda

    15 Juni 2016 at 12:06 am

    winamp itu salah satu aplikasi favorit dari zaman cinta sama rangga masih jalan2 di kwitang sampe sekarang mereka jalan2 di ratu boko 🙂

    #eaaa

    btw, untuk antivirus saya masih pake yang gretongan mbak (smadav) pernah sih pengen beli yang bayar (avg/avira) tapi pas bayarnya pake kartu kredit nyerah deh…
    hehehehe

    Balas

    • Mariana

      15 Juni 2016 at 10:15 am

      wkwkwk yang pakai winamp itu cah lawas banget ya, sampai sekarang masih terus dipakai.

      Kalau antivirus aku sempet beberapa kali ganti, tapi balik lagi ke smadav :))

      Balas

  5. Syamsiah

    15 Juni 2016 at 10:51 pm

    Tambahin lagi dg CC Clener. Buat perawatan komputer. Jadi kalo kkomputer terasa berat jangan langsung salahin virus. Sebab utamanya krn ga pernah dibersihin dg CC Cleaner

    Balas

    • Mariana

      15 Juni 2016 at 11:01 pm

      Nah ini. Aku baru tau mesti cc cleaner. Kalau udah lola bingung diapain, mungkin ini faktor nya.

      Balas

    • Walyatalattaf Hamidi

      25 Juni 2016 at 2:25 pm

      chache dan cookie habis browsing yang paling banyak, manual clean aja ctrl + shift del / seting browsernya agar tidak menyimpan sampah2 😀

      Balas

  6. cumilebay

    24 Juni 2016 at 11:36 am

    Play music ngak punya, secara ngak demen dengerin lagu dari laptop

    Balas

    • Mariana

      24 Juni 2016 at 12:34 pm

      Sekarang udah ada hp sih ya. Jadi play music nya di pakai hp

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…