Home Personal Cara Mudah Beli Tiket Kereta Api

Cara Mudah Beli Tiket Kereta Api

2 Menit Estimasi Baca
3
0

Mumpung masih segar ya guys, kemarin kan baru balik mudik jadi masih banyak cerita yang pengen ditulis diblog ini. Dan kali ini saya mau nulis pengalaman membeli atau memesan tiket kereta api. Banyak cara sih untuk memesan tiket kereta api, bisa pesen langsung ke loket atau pesen via online. Meskipun sekarang era digital, masih ada juga yang pesen via loket stasiun. Tapi gapapalah, mungkin ada yang belum bisa menggunakan internet karena keterbatasan alat komunikasi.

Waktu perjalanan balik mudik dari Sragen, saya memesan tiket kereta api lewat Tokopedia. Iseng ngulik-ngulik aplikasi jual beli online ini pas banget sekarang gak cuma barang yang ada di website-nya tapi juga bisa melayani pesan online tiket kereta api.

Pemesanan tiket kereta api lewat Tokopedia ini keuntungan buat saya adalah bisa langsung memilih kursi sesuai keinginan saya. Kalau perjalanan jauh saya suka kursi yang deket jendela, jadi kalau pas pengen tidur bisa sandaran ke jendela. Biasanya yang deket jendela itu kuris A dan D untuk kelas Bisnis, tapi kalau kelas Ekonomi kursi yang deket jendela itu kursi A dan E. Kebayang kan kalau naik Kelas Ekonomi dapet kursi ditengah-tengah orang yang gak kita kenal, mau miring ke kiri eh ada orang, mau ke kanan juga ada orang. Memang paling enak tuh deket jendela, begitu naik kereta langsung sanderan ajah di jendela.

Karena saya selalu dan wajib duduk di kursi deket jendela, makanya saya dengan sengaja pesen tiket kereta via Tokopedia, kalau langsung pilih kursi sendiri kan enak. Waktu saya pesen via website Tokopedia, saya juga pelan-pelan guys klik satu tahan demi satu tahap, soalnya masih kagok, takut kalau salah pencet. hihihi maklum lah

Kalian bisa mencoba juga kok, biar kalau udah pesen beneran enggak kagok kayak aku ini.. Nah, Cara Mudah beli tiket Kereta Api di Tokopedia adalah :

1.Buka website https://tiket.tokopedia.com/kereta-api

tiket.tokopedia.com

2.Pilih Kota Asal Keberangkatan Kereta Api

pesen tiket tiket.tokopedia.com

3.Pilih Kota Tujuan Kereta Api

tiket.tokopedia.com

4.Pilih Tanggal Keberangkatan, apakah Sekali Jalan atau Pulang Pergi?

5.Isi Jumlah Penumpang, Dewasa dan Bayi.

6.Setelah semuanya terisi, maka akan muncul pilihan Nama Kereta Api, Kelas Kereta Api dan Harga Kereta Api.

harga tiket.tokopedia.com

7.Klik kotak merah ‘Pesan Tiket Pergi’

8.Setelah di Klik, akan muncul “Isi Data Pemesan dan Penumpang”

tiket.tokopedia.com

9.Pilih Kursi Penumpang

tiket.tokopedia.com

Nah, yang saya kasih coret-coret merah itu awalnya saya dapat kursi di Gerbong 1 no 5A, berhubung saya pengen di gerbong 4 jadi saya geser pilihan kursi ke Gerbong 4.

10.Lakukan Pembayaran

tiket.tokopedia.com

Pembayaran tiket bisa dilakukan melalui Saldo Tokopedia, BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, mandiri e-cash, dan Kartu Kredit. Lihat coret-coretan saya dengan tinta warna hitam, disitu dituliskan “Pesanan akan otomatis dibatalkan jika Anda tidak melakukan pembayaran dalam waktu… 9 menit 33 detik” Artinya, setiap pemesan tiket di Tokopedia dikasih waktu untuk melakukan pembayaran sesegera mungkin, terkait dengan masih banyak jumlah pemesan yang lain jadi mesti cepet-cepetan.

Setelah, pembayaran selesai dilakukan, saya dapat email konfirmasi kode booking yang nantinya buat cetak tiket mandiri di Stasiun sebelum berangkat.

Saldo Tokopedia, BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, mandiri e-cash, dan Kartu Kredit.

Keuntungan lain yang saya dapat saat membeli tiket kereta api lewat Tokopedia ini adalah saya bebas antri selain itu transaksi  pembelian tiket ini aman karena langsung dikirim ke email saya. Pesan sendiri dirumah menggunakan laptop juga bisa, gak perlu datang ke loket buat antri. Batas waktu pembayaran sangatlah singkat, jadi usahakan carilah lokasi yang internetnya kenceng ya.

Siapa yang sudah nyoba pesen tiket di Tokopedia? Mudahkan ?

    Lihat Tulisan Terkait
    Lihat Tulisan Berkategori Personal

    3 Komentar

    1. Indah Nuria Savitri

      28 Februari 2016 at 3:04 am

      udah lamaaa banget ngga pernah naik kereta api. Jadi kangen 🙂

      Balas

    2. Bobby Ertanto

      24 Juli 2016 at 10:43 am

      Perbandingan harganya antara Tokopedia, dengan website kai sendiri gimana kak? Apakah sama saja?
      BTW, sampai sekarang saya masih nyaman menggunakan aplikasi KAI Access itu sendiri. Gampang bookingnya lewat smartphone dan bisa pilih kursi juga.
      Pengalaman saya ini pernah saya muat di blog saya. Silahkan untuk jadi referensi juga ya kak

      Thank you

      Balas

      • Mariana

        24 Juli 2016 at 4:18 pm

        saya kurang tau soal perbandingan harga, sepertinya sama dengan yang lain. Saya sudah coba beli tiket lewat beberapa aplikasi juga, sama-sama memberi kemudahan kok. bisa pilih kursi juga 🙂

        Balas

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Tidak Kalah Menarik

    Buat Para Istri, Penuhi 3 Hal ini Agar Suami Nyaman Saat di Rumah

    Sebagai seorang istri, pernah gak sih merasa takut punya suami yang ganteng? Takut kalau d…