Home Kuliner Membuat Cemilan Praktis untuk Buka Puasa

Membuat Cemilan Praktis untuk Buka Puasa

3 Menit Estimasi Baca
42
0
21

Menjelang sore hari di bulan Ramadan, banyak penjual makanan atau takjil untuk berbuka puasa. Jika bosan dengan menu makanan yang dijual, mungkin bisa dirumah membuat cemilan praktis buka puasa. Apalagi kalau jumlah keluarga banyak, boros banget kalau mesti beli cemilan. Membuat cemilan sendiri dirumah kita bisa tahu bahan yang digunakan masih segar dan soal rasa tentu gak kalah sama yang dijual. Nah, cemilan praktis apa sih yang cocok untuk buka puasa?

Ramadan ini adalah Ramadan pertama saya bersama suami, tinggal berdua di kontrakan yang sederhana. Berhubung hanya tinggal berdua, jadi saya membuat cemilan untuk buka puasa yang praktis-praktis dan bahannya juga mudah didapat. Yang penting suami suka dan habis disantap. Bahagia banget kan kalau masakan sendiri habis tanpa sisa, nah makanya saya memilih membuat sendiri cemilannya dengan memakai tepung Sriboga EasyMix. Mungkin menu ini bisa kalian buat dirumah untuk keluarga.

  1. Pisang Goreng
    Harga pisang kalau pas Ramadan emang mahal, namun tak mengurangi niat saya untuk membuat pisang goreng buat buka puasa. Saya memilih pisang tanduk dan tak lupa Sriboga EasyMix Pisang Goreng.

    Sriboga EasyMix
    Pisang goreng dengan Sriboga EasyMix Pisang Goreng

    Bahan: Sriboga EasyMix Pisang Goreng, Air dingin, 2 Pisang Tanduk, Minyak Goreng.
    Cara Membuat:
    a. Iris pisang tanduk jadi 4 bagian.
    b. Campur 5 sendok Sriboga EasyMix Pisang goreng dengan air dingin, aduk rata hingga adonan kental.
    c. Celup pisang tanduk ke dalam adonan.
    d. Goreng dengan minyak panas hingga warna kuning keemasan, kemudian tiriskan.
    e. Pisang Goreng siap disantap

  2. Mendoan
    Harga tempe tetap stabil, jadi aman kalau tiap hari berencana membuat tempe mendoan sebagai menu buka puasa. Saya membuat tempe adonan ini untuk 10-15 irisan tempe.

    Sriboga EasyMix
    Persiapan membuat mendoan dengan Sriboga EasyMix serbaguna

    Bahan: Tempe, Daun Bawang, Sriboga EasyMix Serbaguna.
    Cara membuat:
    a. iris tempe tipis-tipis
    b. Iris daun bawang
    c. Campurkan 6 sendok Sriboga EasyMix Serbaguna, aduk rata hingga adonan kental.
    d. Masukkan irisan daun bawang ke dalam adonan, lalu aduk.
    e. Guling-gulingkan tempe ke adonan kering
    f. Celupkan tempe ke dalam adonan basah
    g. Goreng tempe dengan minyak panas hingga warna kuning keemasan, kemudian tiriskan.
    h. Tempe mendoan siap disantap.

    Sriboga EasyMix Serbaguna
    Mendoan dengan Tepung bumbu Sriboga EasyMix Serbaguna
    Sriboga EasyMix
    Sriboga EasyMix Serbaguna

    Menyantap tempe mendoan bisa dengan cabe yang hijau kecil-kecil atau dengan sambal kecap, keduanya sama-sama nikmat. Tergantung selera, mau pilih pakai samba kecap atau cabe. Kalau saya sajikan tempe mendoan dengan cabe saja, suami gak suka kecap.

  3. Terong Goreng
    Nah, menu ini jarang banget kan ada di meja makan. Saya pertama melihat menu Terong goreng di sebuah rumah makan. Saya mengira aneh aja ada terong goreng, tapi pas saya coba pesen ternyata rasanya manis dan gurih. Menu Terong Goreng bisa saya sajikan dirumah dengan Sriboga EasyMix Japanese Tempura.

    Sriboga EasyMix
    Setelah di guling-gulingkan ke adonan kering Sriboga EasyMix
    Sriboga EasyMix
    Udang, terong goreng dan brokoli hijau Sriboga EasyMix Japanese Tempura

    Bahan: Terong ungu, Sriboga EasyMix Japanese Tempura.
    Cara membuat:
    a. Iris terong serong tipis-tipis
    b. Campurkan 6 sendok Sriboga EasyMix Japanese Tempura, aduk rata hingga adonan kental.
    c. Guling-gulingkan terong ke adonan kering
    f. Celupkan terong ke dalam adonan basah
    g. Goreng terong dengan minyak panas hingga warna kuning keemasan, kemudian tiriskan.
    h. Terong siap disantap.

    Selain terong goreng, pilihan lainnya yaitu Brokoli hijau atau udang juga bisa disajikan untuk buka puasa.

Sriboga EasyMix
4 Varian Tepung Bumbu Sriboga EasyMix

3 Menu cemilan praktis untuk buka puasa diatas favorit keluarga, dengan menggunakan tepung bumbu Sriboga EasyMix yang lebih praktis dan ekonomis saya jadi lebih memilih membuat cemilan sendiri dirumah. Sriboga EasyMix terdiri dari 4 varian tepung bumbu, ada Sriboga EasyMix Crispy ala Kentucky, Sriboga EasyMix Serbaguna, Sriboga EasyMix Pisang Goreng, dan Sriboga EasyMix Japanese Tempura dan keempatnya sudah berlabel Halal. Dengan tepung bumbu Sriboga EasyMix ini gak perlu ada tambahan garam atau gula, karena takaran dan rasa sudah pas.

Harga Tepung bumbu Sriboga EasyMix ini  bervariasi mulai dari 3000an hingga 20.000 tergantung varian tepung nya. Dan, yang paling suamiku suka sih tepung Sriboga EasyMix ini No MSG.

Kira-kira dari ketiga menu cemilan untuk buka puasa, pilih yang mana nih untuk dicoba dirumah?

Lihat Tulisan Berkategori Kuliner

42 Komentar

  1. Turis cantik

    9 Juni 2016 at 3:31 pm

    Mau belii ah tepungnya jd bisa masak sepuasnya heheh

    Balas

    • Mariana

      9 Juni 2016 at 5:04 pm

      Asikk.. ditunggu kreasi cemilan nya ya mbak

      Balas

  2. rita dewi

    9 Juni 2016 at 6:26 pm

    Wahh.. lengkap koleksi tepungnya ya….. boleh nih dicoba?

    Balas

    • Mariana

      9 Juni 2016 at 7:18 pm

      bia dicoba dirumah mbak.. ditunggu ya hasil coba-coba pakai tepung Sriboga EasyMix nya 🙂

      Balas

  3. Liswanti

    9 Juni 2016 at 7:59 pm

    Tar aku kesitu ya, siapin pisang gorengnya, daripada ngiler neh.
    Sekalian minta tepung Sriboganya hehe

    Balas

    • Mariana

      9 Juni 2016 at 8:15 pm

      *selama persediaan masih ada* hahaha

      Balas

  4. Widyanti Yuliandari

    9 Juni 2016 at 8:35 pm

    Hasil gorengannya bagus lo, rata warnanya dan cantik. Mariana udah pinter masak yaaa …

    Balas

    • Mariana

      9 Juni 2016 at 9:26 pm

      Iya mbak.. gak tau ya kenapa bisa begini warna nya. Ngaruh karena pakai tepung ini gak sih mbak? Hehehe

      Balas

  5. Ratna Dewi

    9 Juni 2016 at 11:48 pm

    Gorengan emang nggak ada matinya deh kalo buat buka puasa. Gampang banget lagi bikinnya, apalagi udah ada tepung yang kayak begini.

    Balas

    • Mariana

      10 Juni 2016 at 7:14 am

      Hihihi kalau gak ada gorengan di meja rasanya ada yang kurang 😂😂

      Balas

  6. liz

    10 Juni 2016 at 2:09 am

    Comot ah mendoannya

    Balas

    • Mariana

      10 Juni 2016 at 7:13 am

      Awas mbak liz puasa lhooo 😀

      Balas

  7. Keke Naima

    10 Juni 2016 at 11:33 pm

    Saya lebih suka aneka gorengan seperti tempura. Tapi anak saya sukanya camilan yang manis. Jaid bikin dua-duanya 😀

    Balas

    • Mariana

      11 Juni 2016 at 10:35 am

      Bikin dua juga gak repot kan mbak kalau pakai tepung ini, praktis.

      Balas

  8. Mbak Avy

    11 Juni 2016 at 11:01 am

    Sama mbak…. saya jg sedia tepung yg praktis dan siap pakai
    membantu banget buat emak2 yg kadang males hehehe
    tapi jg hrs save tenaga buat kerjaan yg lain

    Balas

    • Mariana

      11 Juni 2016 at 12:37 pm

      nah kan.. yang penting praktis soalnya emak2 kerjaannya banyak dan rempong hihihi

      Balas

  9. Beautyasti1

    11 Juni 2016 at 12:44 pm

    Tepung serba guna ya mba, mau bikin cemilan manis atau gurih, bahkan tempura ala ala terong juga bisa hehehe.. Jadi pengen coba juga

    Balas

    • Mariana

      11 Juni 2016 at 4:20 pm

      Tempura ala ala terong ini enak lho, perlu mbak asti coba. Praktis bikinnya pas buat sore buka puasa.

      Balas

      • Lindaleenk

        12 Juni 2016 at 9:44 pm

        Gorengan selalu nyenengin ya :)))

        Balas

        • Mariana

          12 Juni 2016 at 9:46 pm

          Banget. Menggoda pokoknya kalau liat gorengan hehehe

          Balas

  10. Hidayah Sulistyowati

    11 Juni 2016 at 2:32 pm

    Wah, warna gorengannya cantik nih, bisa matang merata. Anak-anakku sukanya pisang goreng dan mendoan

    Balas

    • Mariana

      14 Juni 2016 at 8:44 am

      kata chef yang di Sriboga sih emang tepung nya kalau sudah matang warnanya kunung keemasan gini mak. ayo dicoba mak 🙂

      Balas

  11. tri wahyuni zuhri

    14 Juni 2016 at 2:14 am

    Idem mba. Kami sekeluarga juga suka yg praktis praktis kalo buka puasa . Jadi pengen nyoba tepung ini mba. Makasih ya mba infonya

    Balas

    • Mariana

      14 Juni 2016 at 3:02 am

      Sama2 mbak. Kalau yang praktis emang banyak yang suka hehehe

      Balas

  12. Lusi

    14 Juni 2016 at 4:30 am

    Wah keren no MSG. Aku peka MSG. Kalau tukang bakso atau soto bohong bilangnya nggak pake MSG aku pasti tahu, kayak ada rasa gimana gitu di tenggorokan. Memang nggak baik untuk kesehatan.

    Balas

    • Mariana

      14 Juni 2016 at 4:33 am

      Sama mbak, lidahku ini juga peka msg. Kalau makan udah kayak pengen mau berhenti, sering gak habis deh

      Balas

  13. Mugniar

    14 Juni 2016 at 11:32 am

    Aaaah salah nih, masuk di sini di siang hari puasa 😀
    Sajiannya menggoda, Mbak Marianaaaa.

    Balas

    • Mariana

      14 Juni 2016 at 11:34 am

      maaf mak, bukan bermaksud. kali aja bisa jadi rekomendasi buat buka sore nanti ya 🙂

      Balas

  14. syaifuddin sayuti

    15 Juni 2016 at 11:36 am

    terong gorengnya boleh dicoba nih

    Balas

    • Mariana

      15 Juni 2016 at 11:41 am

      boleh bang udin, bisa buat lauk atau cemilan juga 🙂

      Balas

  15. Novia

    16 Juni 2016 at 4:48 pm

    haish,,,bikin ngiler, haha

    wah, aku baru tau ada merek ini dan no MSG pula. patut dicoba neh

    Balas

    • Mariana

      16 Juni 2016 at 5:08 pm

      Iya mbak. Ini no MSG. rasanya udah gurih dan enak.

      Balas

  16. ade anita

    17 Juni 2016 at 1:07 pm

    aku naksir nih dengan easy mix dari sriboga.. tapi kok di lotter dan karfur belum ketemu ya produknya. nyari dimana ya?

    Balas

    • Mariana

      17 Juni 2016 at 1:55 pm

      sementara hanya di Tokopedia mak, tapi kedepannya akan tersedia juga di Giant dan Hero mak 🙂

      Balas

  17. Rach Alida Bahaweres

    19 Juni 2016 at 8:36 am

    Kalau aku sukaaa ama pisang goreng. Tapi ditabur meises serta dmakan panas-panas. Enaak

    Balas

    • Mariana

      19 Juni 2016 at 10:59 am

      Wah enak ituh.. aku pernah nyoba bikin kayak gitu mbak.. kalau aku dikasih susu coklat dikit

      Balas

  18. titis Ayuningsih

    20 Juni 2016 at 10:41 pm

    Asyik pisang gorengnya nyammm nyaaam enak 🙂

    Balas

    • Mariana

      20 Juni 2016 at 10:58 pm

      Suka pisang goreng juga ya tis? Hihihi

      Balas

  19. amyzet

    26 Juni 2016 at 12:11 am

    Waaa, baru tau kalo ini non MSG. Pantesan pernah bikin buat goreng tempe tapi rasanya agak aneh (kebiasaan pake msg yg banyak sih yaa hihihi)…

    Balas

    • Mariana

      26 Juni 2016 at 7:05 pm

      Iya dong.. gurih gurih nyoiii ?

      Balas

  20. indah nuria

    2 Juli 2016 at 10:28 pm

    itu pakai MSG ngga mba? Saya suka masak juga tapi buat sendiri :)..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…