Home Kuliner Jelajah Pesona Pangkalpinang #5 : Wisata Kuliner

Jelajah Pesona Pangkalpinang #5 : Wisata Kuliner

4 Menit Estimasi Baca
2
0
kuliner pangkalpinang

Selama 3 hari, 27-29 Februari 2016 saya diajak #KelasBlogger untuk jelajah Pesona Pangkalpinang, Pulau Bangka yang katanya sih Walikota Pangkalpinang Bapak Muhammad Irwansyah adalah Walikota Termuda. Saya enggak bisa nolak, karena ini adalah pertama kalinya saya pergi ke luar jawa dan untuk pertama kalinya juga saya pergi jalan-jalan bersama suami, karena baru seminggu menikah. Suami bisa ikut jelajah Pangkalpinang juga karena ia mendapat surat tugas dari kantor untuk memotret destinasi wisata disana. Bisa dibilang mau sekalian bulan madu dan foto-foto setelah menikah.

Tak lengkap rasanya kalau jelajah Pesona Pangkalpinang tak mencicipi wisata kuliner yang menyajikan menu-menu makanan dan minuman khas Pangkalpinang. Rasanya akan kurang jika kita sudah jalan-jalan ke daerah lain tapi belum menjelajahi makanan yang unik dan memiliki citarasa yang khas daerah tersebut.

 Selama 3 hari di Pangkalpinang, ada beberapa kuliner yang saya coba demi keafdolan seorang wisatawan, cocok gak cocok di lidah pokoknya sikat dulu aja deh. nah ini ada beberapa menu kuliner khas Pangkalpinang :

  • Mie Koba

Kami berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan Pesawat Sriwijaya Airlines menuju Bandara Depati Amir, Pulau Bangka. Perjalanan berada diatas awan ini menempuh sekitar satu jam. Setiba di Bandara Depati Amir, suasana sejuk sudah mulai berasa. Karena masih pagi, rombongan #KelasBlogger diajak sarapan menu khas Pulau Bangka yaitu Mie Koba.

Mie Koba ini harus kalian coba jika kalian berkunjung ke Pulau Bangka. Mie Koba racikan Bapak Iskandar ini rasanya gurih, kuahnya dari kuah ikan tenggiri. Makan Mie Koba ini paling mantap ditambah dengan telur rebus, nikmatnya sih berkali-kali lipat dari makan mie instan dengan 2 telur setengah matang. Mungkin karena kuahnya dari ikan tenggiri yang membuat rasa Mie Koba ini jadi makin nikmat.

  • Seafood

Pulau Bangka terkenal akan makanan lautnya. Rombongan #KelasBlogger mendapat rekomendasi untuk menyantap sajian makanan seafood di Neo Raja Laut dan di RM ASUI di Pangkalpinang. Keduanya menyajikan menu yang sama, Kepiting, Cumi goreng, Ikan Tenggiri bakar, Udang, Shabu-shabu dan kangkung.  Dari kedua restoran tersebut, lidah saya cocok dengan masakan RM ASUI ini. Katanya sih, kepitingnya dikukus dulu, jadi daging kepitingnya lebih empuk.

  • Empek-empek

Yang membedakan empek-empek Pangkalpinang dan palembang adalah bahan dasarnya yaitu menggunakan ikan laut seperti tenggiri dan ikan parag-parang.

  • Otak-Otak

Sejenis makanan terbuat dari ikan, sagu, santan dan bumbu memiliki rasa khas berbungkus daun pisang dan dibakar sehingga aroma ikan dan daun pisang menjadikan otak-otak lebih enak, gurih dan lembut agak kenyal.

  • Pantiaw
kuliner pangkalpinang
Pantiaw

Pantiaw adalah makanan ringan berkarbohidrat tinggi karena dibuat dari bahan tepung beras. Bentuk Pantiaw seperti mie berwarna putih dan nikmat dimakan ditambah bumbu beraroma kuah ikan yang disiram ke pantiaw.

  • Lakso

Panganan yang terbuat dari beras dan sagu ini mengandung nilai gizi yang tinggi . Lakso disajikan dengan tambahan kuah bumbu ikan dan bawang merah.

  • Tai Fu Sui

Minuman khas bergizi terbuat dari kacang kedelai, merupakan minuman tradisional masyarakat Kota Pangkalpinang yang biasanya dibuat oleh masyarakat keturunan cina namun ada juga masyarakat melayu. Tai Fu Sui banyak dikreasikan oleh masyarakat dengan berbagai rasa terutama rasa buah-buahan dan dapat dihidangkan panas atau dingin.

  • Rusip dan Kecalok

Merupakan makanan khas kota Pangkalpinang hasil frementasi, terbuat dari ikan bilis segar yang dimasukkan ke dalam botol, diberi garam, gula kabung/aren. Setelah satu bulan hasil fermentasi tersebut baru dimakan. Sambal rusip mentah biasanya lebih nikmat dmakan dicampur dengan cabe dan bawang merah. Kecalok adalah udang halus yang difermentasi.

  • Lempah Darat dan Kuning

Lempah ini makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan. Lempah kuning adalah lauk pauk utama yang dimasak bersama dan dimakan bersama-sama. Disamping itu disajikan juga lempah darat atau lempah bumbu tiga (terasi atau belacan, cabe rawit dan garam sebagai bumbu). Dari bumbu yang digunakan dengan komposisi 3 bahan diatas menggambarkan bahwa masyarakat Pangkalpinang Bangka Belitung adalah masyarakat yang praktis serta tidak rumit, sangat menghargai waktu, hemat dan ekonomis.

  • Kemplang

Snack ringan yang terbuat dari ikan (tenggiri atau ikan lainnya) atau cumi dan sagu. Kemplang dibuat beberapa jenis, ada yang dipanggang/dibakar, digoreng dengan minyak, digoreng dengan pasir dan sebagainya.

  • Kue Rintak

Dikenal dengan kue sagu adalah panganan khas Kota Pangkalpinang. Terbuat dari sagu, gula, santan, telur dan wijen memang klop disajikan dengan secangkir kopi atau susu.

  • Getas

Terbuat dari ikan dan campuran lainnya seperti sagu, garam dan sebagainya.

kuliner pangkalpinang
Getas
  • Dodol Ketan

Panganan yang terbuat dari ketan, gula aren dan santan. Dodol ketan Kota Pangkalpinang memiliki rasa dan aroma yang khas.

  • Kerupuk

Sejenis makanan ringan seperti kemplang namun berwarna putih dan berlobang-lobang seperti anyaman. Kerupuk Pangkalpinang ini terbuat dari olahan cita rasa laut.

Nah, menu kuliner dan oleh-oleh khas Kota Pangkalpinang semua tersedia di toko pusat oleh-oleh. Bisa borong banyak buat keluarga dirumah ya. Sampai saat ini, panganan favorit saya sih kue rintak, rasanya gurih.

 

Lihat Tulisan Berkategori Kuliner

2 Komentar

  1. Lia Harahap

    4 Maret 2016 at 8:55 pm

    Penasaran sama seafoodnya. Karena aku suka makanan laut 😀

    Balas

    • Mariana

      7 Maret 2016 at 11:26 am

      agendain ke Pangkalpinang ya.. mantap seafoodnya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…