Home Kesehatan Peran Perempuan dalam Pemberian Gizi Seimbang pada Anak

Peran Perempuan dalam Pemberian Gizi Seimbang pada Anak

3 Menit Estimasi Baca
5
0
3

Peran perempuan dalam perbaikan gizi keluarga adalah dengan pemberian gizi seimbang ke anak dan keluarga. Kebiasaan makan dimulai dari dalam keluarga, termasuk kebiasaan makan makanan yang bergizi. Menurut Ibu Nila Moeloek, sekarang banyak anak berangkat sekolah tidak sarapan, dengan alasan karena takut terlambat. Apakah ibu-ibu termasuk mempunyai anak yang seperti ini?

Dampak kekurangan gizi pada anak salah satunya ditandai dengan Stunting. 1 dari 5 Ibu hamil dan 1 dari 5 wanita usia subur kekurangan energi kronik, biasanya hal ini terjadi pada ibu hamil atau wanita usia subur di pedesaan, ibu hamil di kota dengan di desa berbeda sehingga ibu hamil yang di pedesaan sangat perlu perhatian khusus.

Pentingnya Omega 3 untuk Asupan Makanan

Asupan asam lemak jenuh lebih tinggi dan asupan asam lemak tidak jenuh ganda lebih rendah dari yang rekomendasikan. Contoh asupan asam lemak jenuh antara lain makanan yang mengandung lemak, sedangkan asupan lemak tidak jenuh diantaranya ikan, tempe, kedelai, dan lain-lain.

Asupan Omega 3 Alfa Linolenic Acid  terhadap energi sebesar 81% dibawah rekomendasi. Sama dengan Asupan PUFA (asam lemak tidak jenuh ganda terhadap energi) 81% dibawah rekomendasi. Kesimpulannya, asupan anak indonesia tidak memenuhi rekomendasi asam lemak tidak jenuh (PUFA) dan Omega 3 (ALA, EPA, DHA).

Makanan yang mengandung Omega 3 terdapat pada Ikan

Omega 3 bermanfaat untuk perkembangan sel-sel otak sehingga ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi omega 3 yang terdapat pada ikan. Termasuk ibu menyusui juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3.

Ibu hamil minimal mengkonsumsi ikan 3 – 4 porsi dalam seminggu, dan harus diolah dengan benar agar Omega 3 tidak rusak. Cara mengolah ikan agar Omega 3 tidak rusak yaitu dengan di kukus atau di pepes, jangan menggoreng ikan hingga kering karena dapat merusak Omega 3.

Pentingnya 1000 Hari Pertama dalam Kehidupan

Tumbuh kembang anak terjadi sangat pesat pada fase golden age dan merupakan fase yang menentukan kualitas manusia dimasa yang akan datang. Kekurangan gizi pada awal kehidupan berdampak pada keterlambatan motorik dan fungsi kognitif. Diantaranya berkurangnya perhatian, gangguan prestasi sekolah, menurunnya skor IQ, defisiensi memori serta pembelajaran dan berkurangnya kemampuan bersosialisasi.

Manfaat DHA

Selain Omega 3, DHA juga penting dikonsumsi saat hamil. DHA merupakan komponen utama penyusun otak, kurang lebih 10% berat kering otak tersusun leh DHA. Kekurangan DHA selama periode kritis perkembangan otak dapat menurunkan ukuran otak dan berhubungan dengan perkembangan kognitif. Bayi yang ibunya mengonsumsi lebih banyak DHA memiliki kadar DHA plasma lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang ibunya mengonsumsi sedikit DHA. Transfer DHA dari ibu ke janin terjadi utamanya di usia 12 minggu akhir kehamilan atau selama periode perkembangan cepat.

Maka dari itu, pentingnya 1000 hari pertama kehidupan sebagai landasan untuk pertumbuhan anak, perkembangan sosial emosi, kecerdasan, dan kemandirian. 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak bayi dalam kandungan.

Berat bayi lahir rendah (BBLR) setiap tahun menyumbang Penyakit Tidak Menular. BBLR juga dapat menyebabkan Stunting pada anak, Indonesia menyumbang 30% Stunting di Indonesia. Stunting terjadi pada anak karena kurangnya asupan gizi pada saat masa pertumbuhan. Dan untuk mencegah Stunting, biasakan akan juga mengonsumsi ikan tidak harus ikan laut ikan sungau juga bisa, telur ayam, telur bebek, sayur-sayuran, Kacang panjang, buncis, dan protein nabati.

Kurang gizi tidak terlihat langsung namun akan terlihat 10-20 tahun yang akan mendatang. Dan pola makan selama bayi dan anak-anak akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Maka dari itu, pentingnya memperhatikan nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan.

Peran Perempuan dalam Pemberian Gizi Seimbang pada Anak 

Perempuan mempunyai peran penting dalam keluarga, terutama dalam pemberian gizi seimbang pada anak dan keluarga. Selain itu Perempuan dalam keluarga juga perlu meningkatan pengetahuan tentang praktek pemberian makanan bergizi dan perilaku hidup bersih dan sehat. Memilih jenis makanan, kualitas dan kuantitas makanan yang akan di makan juga merupakan salah satu peran penting perempuan di keluarga.

Ajari anak kita dari kecil mengenal manis-manis dari buah bukan manis-manis dari permen. Karena manis dari permen dapat menyebabkan peradangan sel. Ajarkan anak untuk memilih makanan yang baik yang tidak mengandung kimia dan senyawa organik yang dapat memicu kerusakan otak.

Dalam dialog nasional dengan tema ‘Kurang Gizi Terselubung Menuai Generasi Hilang’ menjelaskan tentang maksud Gizi Terselubung bahwa anak-anak terlihat baik-baik saja, prestasi di sekolah baik, badan sehat tetapi pada usia 10-14 tahun anak terkena penyakit degeneratif tanpa diketahui tanda-tanda sebelumnya. Penyakit degeneratif misalnya penyakit jantung, stroke, diabetes, dan lain-lain, dimana penyakit tersebut biasanya menimpa orang-orang usia lanjut.

Maka dari itu, untuk mencegah gizi terselubung dan penyakit tidak menular terjadi pada generasi kita selanjutnya, nutrisi dan stimulan sangat penting diperhatikan pada 1000 hari kehidupan.

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

5 Komentar

  1. Liswanti

    4 Agustus 2016 at 8:44 pm

    Gizi seimbang pada anak memang sangat penting ya.

    Balas

  2. slamsr

    5 Agustus 2016 at 9:42 am

    anakku, fatih. umurnya bau 2 bulan mar.. masih mimik asi
    catatan bagus nih buat nanti
    tapi gimana ya, kalau ibunya gak suka ikan ikanan, pasti ngefek juga ke anak
    kira gimana ya asupan omeganya

    Balas

  3. ophi ziadah

    31 Agustus 2016 at 3:23 pm

    kurang gizi terselubung ini yg harus diwaspadai, krn kita sering gak sadar

    Balas

    • Mariana

      2 September 2016 at 5:33 pm

      iya mbak, kita sendiri enggak sadar jadi mesti di perhatikan banget gizi anak di rumah

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…