Home Kesehatan Nafas Bayi Grok-Grok Jangan Panik Bu, ini Solusinya

Nafas Bayi Grok-Grok Jangan Panik Bu, ini Solusinya

8 Menit Estimasi Baca
2
0
171
nafas bayi grok grok

Ibu yang punya bayi pernah sadar gak kalau saat usia bayi dibawah 6 bulan nafas bayi grok-grok? Kayak hidung mampet gitu dan biasanya terjadi pada malam hari. Pernah gak bayi ngalamin hal kayak gini? Kalau aku ditanya, jawabku pernah. Masing-masing bayi beda-beda, ada yang nafasnya gak grok-grok kalaupun nafasnya bunyi biasanya ada yang berlangsung lama atau hanya sebentar.

Prabu lahir secara operasi Caesar, dan katanya bayi dengan lahir sc lebih berpotensi mengalami nafas grok-grok, alasan nya karena bayi sc kalau kata orang sih ‘meres’ nya kurang jadi lendir yang ada di dalam tubuh tidak ‘diperas’ atau dikeluarkan sampai habis. Entah bener atau enggak, untuk istilah ilmiah atau medisnya aku enggak paham, ini hanya kata orang-orang aja.

Nafas Bayi Grok-Grok, Kenapa?

Awalnya saat usia Prabu 0 bulan (sekitar 3/4 minggu) aku sempet mendengar kalau nafas Prabu berbunyi tapi karena hanya pas malam hari aja aku dengernya jadi aku pikir karena dingin kena hempasan kipas. Dan kadang pas malam-malam kadang bunyi kadang enggak, jadi aku masih cuek aja. Aku sempet searching di google tentang nafas bayi yang grok-grok kenapa, penjelasan di website kesehatan kalau hal tersebut wajar terjadi pada bayi baru lahir. Membaca tulisan itu aku langsung tenang, gak terlalu mikirin dan takut toh juga Prabu masih aku jemur setiap pagi.

Sampai akhirnya saat Prabu usia 1,5 bulan aku benar-benar panik dan takut. Kejadiannya sore hari, Prabu tarikan nafasnya berat, mirip kayak orang kena flu, dan berbunyi grok-grok. Aku coba tenang, tapi Rosid panik karena melihat Prabu tiba-tiba diem dan nafasnya berat. Karena ikutan panik aku langsung bawa Prabu ke bidan, kebetulan emang rumah kami dekat dengan bidan.

Tiba di Klinik Bidan, Prabu diperiksa suhu tubuh, detak jantung, dan lain-lainnya. Suhu tubuh normal, enggak demam hanya saja hidungnya mampet jadi nafasnya berat. Aku gak tega liat Prabu yang susah nafas, ngalamin sendiri kalau flu dan hidung mampet yang dewasa aja susah tidur dan suka kesel sendiri gimana yang bayi gini yang enggak bisa menyampaikan apa yang dirasakan. (mewek deh)

Pada saat Bidan memeriksa Prabu, aku perhatiin satu per satu apa yang dilakukan Bidan dan menanyakan gimana hasilnya apakah baik-baik aja atau gimana, saking parno nya semua aku tanyain. Sampai pas Bidan kasih Balsam ke dada dan leher Prabu aja aku tanyain, Balsam apa yang dipakai? Beli dimana? Apakah di klinik ada? Berapa harga nya? Cara pakainya gimana? riwil kan ya kalau kedatangan ibu pasien kayak aku ini

Transpulmin BB
Prabu seneng kalau aku gosokin Transpulmin BB di leher, punggung, dan dada setelah mandi.

Kebetulan di klinik Bidan tersebut persediaan Balsam lagi habis, jadi beli sendiri di apotik. Transpulmin merknya, di klinik Prabu dikasih Transpulmin Baby Balsam jadinya aku beli sesuai yang dipakai diawal daripada ribet mesti nanya-nanya lagi. Untung aja di apotik dekat rumah ada stok Transpulmin.

Malam harinya aku pakein Prabu Balsam, biar boboknya nyenyak dan nafasnya gak berat lagi. Sebenarnya pulang dari Bidan, Prabu dikasih obat puyer dan sirup untuk diminum Prabu karena lendir yang ada dihidung masih kental. Tapi sampai dirumah enggak aku kasih ke Prabu, aku pilih cara yang alami. Kata bidannya Prabu kena pilek, entah ketularan siapa, entah alergi sama apa aku juga belum nemu tapi yang pasti aku enggak ngasih Prabu obat minum, pakai cara alami aja buat redakan pilek Prabu.

Cara Redakan Nafas Grok-Grok saat Prabu Pilek

Setiap Ibu punya acara sendiri dalam mengasuh anaknya. Aku ibu yang riwil kalau Prabu kenapa-kenapa, aku harus benar-benar memastikan keadaan Prabu bagaimana termasuk pada saat ia mengalami hidung tersumbat yang menyebabkan nafasnya jadi berat. Meskipun diberi obat sesuai resep bidan, aku tidak langsung kasih ke Prabu.

cara meredakan pilek bayi

Selagi Prabu hanya mengalami nafas berat karena pilek enggak ada demam dan gejala lainnya, jadi aku tidak terburu-buru ngasih obat minum. Aku coba cara ala-ala alami dulu di rumah agar lendir dihidungnya mau keluar dan bisa ibu praktikkan juga.

  1. Hirup Uap Air Panas
    Ritual hirup uap ini sudah tradisiku sejak kapan tau kalau aku terserang flu/pilek. Cukup rebus air hingga mendidih, kalau sudah mendidih pindahkan ke panci lalu hirup uap nya. Agar uap tidak melebar, biasanya ku tutup kepalaku pakai handuk. Menghirup uap air panas ini mampu meredakan hidung mampet, lender yang gak keluar bisa keluar kalau sudah menghirup uap.Dan aku lakuin ini juga ke Prabu, pelan-pelan dan sekuatnya Prabu. Kalau sama Prabu, posisi Prabu aku tengkurepin jadi biar uap nya enggak terlalu luas melebarnya. Ada yag nyaranin juga kasih beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon jadi biar lebih cepat lendir nya keluar.Cara ini cukup berhasil, aku sering ngelakuin ini saat hidung masih gatel-gatel tanda mau pilek. Dan jika sudah mampet, sedikit demi sedikit lendir akan keluar. Dan Prabu juga sama, lendir keluar dikit aja aku udah seneng.
  2. Berjemur di Pagi Hari
    Bayi baru lahir dianjurkan untuk berjemur di pagi hari hingga pukul 08.30 cukup 10-15 menit saja karena sinar matahari sekarang berbeda dengan 5-10 tahun yang lalu, yang sekarang lebih panas. Bayi baru lahir harus dijemur agar tidak kuning. Pas Prabu lahir, cuaca rada-rada galau, kadang mendung kadang panas jadi belum tentu setiap pagi ketemu sama sinar matahari karena paginya berawan. Nah, karena jarang kena sinar matahari inilah pilek dihidung Prabu makin bikin mampet, sehingga membuat nafasnya makin berat.Semenjak hidung Prabu tersumbat lendir, aku jemur Prabu setiap pagi dan berusaha mengeluarkan lendir nya. Alhamdulillah, dengan aku jemur tiap pagi lendir yang ada dihidungnya pelan-pelan jadi encer dan keluar lewat hidung. Kadang kalau pas berjemur, aku isengin (gelitikin hidung Prabu pakai Tisu, jangan ditiru ya) Prabu biar bersin, karena kalau Prabu bisa bersin lendir nya keluar cukup banyak dan membuat Prabu lega.Kalau jemur pagi hari, aku usahain Prabu tengkurap di pangkuanku, dengan begini supaya lendir dihidung Prabu bisa keluar. Awal-awal Prabu lahir, aku gak bisa tengkurepin Prabu tapi aku minta tolong sama tetangga buat naruh Prabu dipangkuanku. Sambil dalam posisi tengkurap, aku usap-usap punggung Prabu.Karena dari usia 3 bulan Prabu udah bisa dipangku duduk didepanku, jadi setiap jemur selain aku tengkurepin dipangkuanku bisa aku gendong depan.

    Transpulmin BB
    Prabu saat berjemur di pagi hari

    Jadi buat Ibu, meski bayi nya sudah lewat dari 1 bulan atau 2 bulan, tetap di jemur pagi hari ya bu.

  3. Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi dari Badan
    Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan membuat nafas enggak berat. Kalau posisi kepala lebih tinggi dapat membantu lendir bergerak keluar. Nyaman enggak nyaman sih buat bayi, tapi kalau sekiranya Prabu sudah mulai gelisah aku ganti pakai bantal biasa.
  4. Kasih ASI Sesering mungkin
    ASI ibarat obat mujarab terbaik bagi bayi, selain jadi obat juga jadi benteng daya tahan tubuh bayi. Bayi normal harus dikasih ASI setiap 2 jam sekali, jika tidur harus kita bangunkan. Kalau bayi sedang pilek/flu/demam kasih ASI sesering mungkin, artinya bukan 2 jam sekali tapi semaunya bayi. Jadi gak harus nunggu 2 jam buat ngasih ASI, tapi kalau Prabu mau menyusu ya aku kasih saja.
  5. Pakai Baby Balsam
    Aku ingat dulu waktu aku masih duduk dibangku SD, saat aku pilek aku kasih baby balsam sama ibuku, tapi aku lupa merk apa karena sudah lama banget. Dan pas Prabu mengalami hidung tersumbat dan nafas jadi grok-grok aku pakein Prabu Transpulmin baby balsam atas resep bidan untuk membantu meringankan hidung tersumbat.

Aku hanya melakukan 5 treatment diatas karena Prabu tidak menimbulkan gejala lain, misalnya demam disertai batuk diatas 39 derajat celsius atau rewel. Selama hanya hidung mampet dan nafas grok-grok tanpa ada embel-embel lain, aku lakuin treatment diatas satu per satu karena sangat mudah dan cepat.

Transpulmin BB

Aku pakein Prabu Transpulmin Baby Balsam setiap habis mandi dan mau tidur. Dari usia 0 bulan – 3 bulan, jam tidur Prabu masih bisa terjadwal. Entah habis mandi pagi atau sore pasti dia tidur. Tapi aku pilih olesin Baby balsam nya pas setelah mandi pagi dan akan tidur malam. Sedikit demi sedikit, nafas grok grok Prabu berkurang dan tidurnya sekarang sudah nyaman dan tenang tanpa ada gangguan hidung mampet.

Transpulmin BB
Cara pakai Transpulmin BB: Pencet secukupnya Transpulmin BB ke ujung jari telunjuk

Senengnya kalau habis diolesin Transpulmin BB ini Prabu tidurnya jadi nyenyak dan akupun jadi tenang karena Prabu tidak gelisah saat tidur. Bener-bener sangat mengganggu kualitas tidur kalau hidung mampet dan nafas grok-grok, gak hanya Prabu yang bakal gak nyaman tidur, akupun sebagai Ibu harus siaga jagain Prabu. Sering kebangun sambil liatin Prabu.

Karena sejak usia Prabu 1,5 bulan nafasnya grok-grok, sampai sekarang aku masih percaya dengan Transpulmin BB. Cuaca gak menentu begini Transpulmin gak pernah absen dari kotak P3K dirumah. Kadang kalau ngajak Prabu main atau bepergian, aku selalu bawa Transpulmin BB buat jaga-jaga diperjalanan kalau AC nya terlalu dingin buat Prabu.

Transpulmin BB memberi kehangatan ditubuh Prabu seperti kehangan ibu. Aku gak perlu lagi mendekapnya erat agar gak kedinginan saat hidungnya mampet, karena dengan sakndulit Transpulmin BB ini Prabu mendapatkan kehangatan. Paginya saat bangun pagi, matanya cerah itu tandanya kualitas tidurnya terjaga dan Prabu tidur dengan nyenyak.

Transpulmin BB
Setelah malamnya pakai Transpulmin BB atau setelah mandi, Prabu mendapatkan kehangatan seperti kehangatan Ibu.

Buat ibu yang punya anak diatas 2 tahun tenang bu, Transpulmin Balsam keluarga untuk anak diatas 2 tahun. Cara pakainya juga sama, cukup pencet 1-4 cm lalu usapkan balsam ke dada, punggung, dan leher. Transpulmin Balsam keluarga diformulasikan sebagai obat gosok untuk menghangatkan dan melegakan pernafasan.

Selain obat gosok, Transpulmin Balsam Keluarga ini bisa mandi uap untuk muka, yaitu cukup tambahkan beberapa cm balsam ke dalam 1 liter air panas. Uap yang timbul dihirup selama beberapa menit.

transpulmin balsam keluarga
Transpulmin Balsam Keluarga

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

2 Komentar

  1. phadliharahap

    23 September 2017 at 10:45 am

    wah bayinya sehat banget ya

    Balas

  2. vanisa

    25 September 2017 at 6:07 pm

    lucu banget ekspresi pas di massage nyaa 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…