Home Kesehatan Mengenal Lebih Dekat Program Nusantara Sehat

Mengenal Lebih Dekat Program Nusantara Sehat

5 Menit Estimasi Baca
0
0
68

Mengenal lebih dekat program Nusantara Sehat dalam Temu Blogger #SahabatJKN bersama Pusat Komunikasi Publik Kemenkes ini memperkenalkan kepada blogger dan masyarakat tentang program Nusantara Sehat. Dalam acara ini dihadiri oleh Ibu Diah dari Nusantara Sehat, Ibu Murti Utama dari Kepala Pusat Komunikasi Publik dan Maman Suherman.

Pembicara Temu Blogger #SahabatJKN Nusantara Sehat (dok:@shintaries)

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

“Promotif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan.

Penguatan yankes primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan).

Tujuan

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan  jumlah, sebaran, komposisi dan mutu tenaga kesehatan dengan berbasis pada tim dan melibatkan dokter, bidan, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya. Program ini merupakan program lintas Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita, “Membangun dari Pinggiran”

Kuratif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit, atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin.”

Saya ingat waktu kuliah dulu, sebagai mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang lebih fokus terhadap preventif dan promotif. Ada 2 mata kuliah yang pengabdian masyarakat yang menugaskan mahasiswa untuk tinggal di desa bersama warga, mirip dengan KKN. Kalau pengabdian masyarakat ala mahasiswa Kesmas ini pada tahap pertama lebih ke identifikasi masalah di desa tersebut. Pada tahap kedua, setelah identifikasi masalah diharapkan mahasiswa menyelesaikan masalah dengen problem solving.

Problem solving adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat (Hamalik, 1994:151)”

Saat itu saya bersama tim ditugakan di wilayah Demak, Jawa Tengah. Penduduknya sudah cukup maju karena pekerjaannya rata-rata adalah buruh pabrik. Saya bisa membayangkan bagaimana susahnya masyarakat di pelosok dari program Nusantara Sehat untuk diajak hidup sehat. Harus melalui pendekatan yang lama, barulah mereka mau mengikuti program-program kerja tim kami di desa tersebut. Saya memberikan apresiasi kepada tim Nusantara Sehat yang ditugaskan ke pelosok-pelosok  daerah, 2 tahun waktu yang cukup baik untuk mengubah dan mengajak mereka untuk hidup sehat serta memberikan informasi kesehatan.

Foto bersama #sahabatJKN (dok: @rahabganendra)
Foto bersama #sahabatJKN (dok: @rahabganendra)

Target

  • Wilayah capaian: 44 Kabupaten di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK)
  • Unit capaian: Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)
  • Jumlah capaian: 120 Puskesmas

Target pelaksanaan program Nusantara Sehat adalah Puskesmas yang berlokasi di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) di 44 Kabupaten di Indonesia dan melibatkan setidaknya 600 tenaga kesehatan. Kesulitan yang dihadapi selama ini oleh Puskesmas, khususnya yang berada di DTPK adalah kurangnya tenaga kesehatan sehingga mereka tidak mampu menjalankan fungsi puskesmas dengan optimal.  Melalui program Nusantara Sehat, Kemenkes berupaya untuk memperkuat puskesmas yang ada di daerah-daerah tersebut dengan menempatkan setidaknya 600 tenaga kesehatan tambahan ke 120 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Siapa saja Peserta Tim Program Nusantara Sehat?

Peserta program adalah para tenaga profesional kesehatan dengan latar belakang tenaga kesehatan yang berbeda yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian, dengan persyaratan usia di bawah 30 tahun dan bersedia mengabdikan dirinya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan.

Peserta Tim Nusantara Sehat melalui proses seleksi administrasi dan seleksi psikologi (test psikologi, FGD, dan wawancara). Peserta yang lolos seleksi adalah peserta yang memperlihatkan kemampuan sosialisasi dan berkomunikasi yang baik, memperlihatkan inisiatif dan pengambilan keputusan yang baik, serta berkomitmen terhadap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

“Preventif adalah suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/penyakit.”

Tim Nusantara sehat tahap I sudah berjalan sejak bulan Mei 2015, dan tahap ke II sudah masuk tahap seleksi dengan 12ribu pendaftar dari berbagai profesi. Namun masih sangat disayangkan, dalam program Nusantara Sehat ini peserta profesi Dokter Umum masih sangat kurang dari yang dibutuhkan.

Dalam program ini, pengiriman sekitar 960 tenaga kesehatan akan dilakukan secara stimulan ke 120 puskesmas dan mereka akan berada dimasing-masing puskesmas selama 2 tahun kontrak kerja.

program implementasi nusantara sehat
program implementasi nusantara sehat

Seluruh peserta dibekali materi bela negara, keahlian medis dan non-medis. Mereka juga diberikan pemahaman terhadap budaya-budaya lokal sehingga diharapkan mereka dapat berinteraksi dengan petugas kesehatan setempat dan masyarakat sekitar di daerah penempatan.

Melalui program Nusantara Sehat diharapkan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi, menurunkan angka penyakit tidak menular, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat di masyarakat. Program Nusantara Sehat ini penekanannya pada kegiatan promotif dan preventif. Kegiatan dilakukan secara tim dengan tenaga kesehatan lain yang ada di wilayah tersebut.

Ayo Gabung Tim Nusantara Sehat

Ini adalah wawancara oleh Pak Anjari dengan Putri Indah Nirmala, salah satu relawan tim Nusantara Sehat yang mengabdi di Puskesmas Long Pahangai Kab Mahakam Hulu Kaltim. Sekitar 21 jam perjalanan darat dan air dari Samarinda.
Banyak pengalaman menarik dan menantang selama di daerah terpencil itu. seperti, ketinting (perahu) mati ditengah sungat mahakam karena kehabisan bahan bakar. Sulitnya air sehingga harus mandi di kali. Untuk detilnya, silakan mendengarkan.

Video Dubsmash jinggle JKN, kamu udah bikin belum ?

Bersama Afrida nyanyi Jingle JKN #SahabatJKN #jingleJKN

A video posted by Mariana (@marianabees) on


Informasi lebih lanjut tentang Nusantara Sehat dapat diakses melalui : 

  • www.nusantarasehat.kemkes.go.id 
  • Twitter @Nusantara_Sehat 
  • Facebook Nusantara Sehat.

 

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…