Home Kesehatan Lakukan 5 Hal Ini untuk Lawan Diabetes

Lakukan 5 Hal Ini untuk Lawan Diabetes

5 Menit Estimasi Baca
20
0
7
stop diabetes

Dalam Peringatan Hari Kesehatan Dunia tahun 2016 ini mengangkat Tema yaitu “Cegah, Obati, Lawan Diabetes” karena sesungguhnya 80 % Diabetes itu bisa dicegah. Dan Diabetes adalah salah satu penyakit yang tidak menular tetapi menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Berdasarkan data WHO (2014), 90% orang dengan diabetes di seluruh dunia adalah penyandang diabetes tipe 2 yang disebabkan gaya hidup yang kurang sehat. Tuh kan, disini ngaku siapa yang gaya hidupnya gak sehat?

“Diabetes adalah suatu kondisi dimana tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah akibat gangguan pankreas dan insulin

pesan utama diabetes

Tipe Diabetes ada 2:

  1. Diabetes tipe 1:

    tidak diketahui penyebab tepanya dan tidak dapat dicegah. Tubuh benar-benar berhenti memproduksi insulin karena si penyandang sangat bergantung pada terapi insulin untuk kelangsungan hidup dan pemeliharaan kesehatannya, biasanya Diabetes tipe 1 ini diderita sejak kanak-kanak.

  2. Diabetes tipe 2:

    Kondisi dimana terjadi penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak maksimal atau tubuh mulai menjadi kurang peka terhadap insulin. Reaksi ini dikenal dengan istilah resistansi terhadap insulin. Diabetes tipe 2 ini paling umum terjadi.

Faktanya dari seluruh penduduk yang sakit, 2/3 -nya tidak menyadari atau tidak tahu bahwa mereka menderita Penyakit tidak menular. Dan 1 diantara 2 orang penyandang diabetes masih belum terdiagnosis dan belum menyadari bahwa dirinya diabetes. Peningkatan jumlah penyandang Diabetes Melitus berkaitan dengan beberapa faktor, yaitu faktor risiko yang tidak dapat diubah, faktor risiko yang dapat diubah dan faktor lain.

Faktor risiko yang tidak dapat diubah diantaranya, faktor risiko yang tidak dapat diubah, meliputi riwayat keluarga dengan Diabetes Melitus, umur ≥ 45 tahun, etnik, riwayat melahirkan bayi dengan berat badan lahir bayi > 4000 gram atau riwayat pernah menderita Diabetes gestasional dan riwayat lahir dengan berat badan rendah (≤ 2500 gram)

Faktor risiko yang dapat diubah meliputi obesitas, kurangnya aktivitas fisik, hipertensi, dislipidemi, sering mengkonsumsi alkohol, stres, mempunyai kebiasaan merokok, dan menjalankan diet yang tidak sehat.

healthy-weight-banner5x1m

Terjadi peningkatan konsumsi makanan yang tinggi gula, garam dan lemak karena pola makan yang dipengaruhi oleh gaya hidup yang sering makan di luar daripada masak di rumah, karena makan diluar menawarkan kemudahan ditambah dengan menjamurnya rumah makan cepat saji selama dua dekade terakhir, sedangkan makanan cepat saji itu mengandung tinggi gula, garam dan lemak trans. Sebenarnya saya yakin semuanya sudah tahu, tapi ya begitu bilangnya sekali-sekali makan diluar ehh malah keterusan deh.

Faktanya juga ketersediaan makanan instan ternyata lebih murah daripada buah dan sayur sehingga lebih terjangkau tapi malah konsumsi sayur dan buah menjadi kurang. Di tambah lagi tingginya frekuensi iklan makanan tidak sehat ditayangkan di tv-tv nasional mencapai rata-rata 16 iklan per jam dan lebih tinggi pada periode tayangan untuk anak-anak dan iklan makanan dan minuman yang kurang sehat tersebut ditujukan pada anak-anak. Mudah banget kan mempengaruhi agar kita makan makanan yang enggak sehat. Jaman modern gini, siapa sih yang gak suka yang instan? Lebih banyak sih pakai alasan, gak sempet sarapan jadilah makannya yang instan.

obati diabetes

Karena sudah banyak bukti bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula, garam dan lemak trans akan diteruskan sampai dewasa dan akan lebih sulit dirubah sehingga anak-anak akan beresiko Diabetes saat dewasa. Anak-anak ibu gak pengen kan anaknya mempunyai kebiasan makan diluar? Mulai dari sekarang bisa dikontrol dengan membuatkan makanan kesukaan si anak, kalau masakan rumah kita bisa atur sendiri porsi garam dan gula untuk kita konsumsi sendiri.

Upaya-upaya pengendalian faktor risiko penyakit Diabetes yaitu dengan mendorong dan membudayakan gaya hidup sehat untuk mengalahkan Diabetes. Lakukan 5 hal ini untuk Lawan Diabetes:

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, konsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari, kurangi penggunaan garam sehari 1 sendok teh saja, konsumsi gula per hari maksimal 4 sendok teh dan kurangi makan makanan yang mengandung lemak serta hindari makanan olahan atau makanan kemasan yang mengandung banyak gula dan garam.
  2. Biasakan untuk bergerak secara aktif dengan melakukan aktivitas fisik atau olah raga secara baik, benar, teratur dan terukur (BBTT). Bagi yang sudah rajin berolahraga, teruskan gerakannya. Untuk yang belum rajin, ayo mulai rajin melakukan gerakan olahraga, paling tidak luangkan waktu 30 menit sehari untuk olahraga, paling sedikit 150 menit seminggu. Bisa rutin berjalan kaki atau lari setiap pagi atau sore, main badminton, sepak bola, voli, berenang, pencak silat, senam, dan yoga. Atau bisa dengan menyapu dan mengepel rumah, membersihkan halaman.cegah diabetes
  3. Cek kesehatan rutin, jangan tunggu sakit baru periksa. Lakukan pemeriksaan kesehatan atau deteksi dini faktor risiko Diabetes secara teratur, awasi berat badan dan jaga agar tetap ideal (IMT 18-23), dan jangan lupa juga periksa gula darah dan tekanan darah secara berkala.
  4. Bagi yang sudah menyandang Diabetes, ikuti saran medis dengan minum obat teratur, menjaga pola makan, beraktivitas fisik dan meningkatkan kemandirian.
  5. Menekan Peningkatan Jumlah Diabetes. Peningkatan jumlah penyandang Diabetes akan meningkatkan angka kecacatan, serta kematian dini (premature death), peningkatan pembiayaan kesehatan, meningkatkan beban JKN dan meningkatnya beban ekonomi Negara, untuk itu seluruh komponen bangsa harus bergerak bersama-sama dalam upaya menghentikan peningkatan jumlah penyandang Diabetes dengan mengendalikan faktor risikonya, mulai dari diri sendiri, keluarga, kelompok masyarakat, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

“Lingkar perut wanita 80 cm, lingkar perut laki-laki maksimal 90 cm”

Paling tidak mulai saat ini, ayo kita lebih banyak bergerak aktif. kalau masih bisa berjalan kaki karena jarak pergi pulang dekat, mungkin bisa jalan kaki atau naik sepeda, naik turun tangga. Kita banyak bekerja duduk, mungkin setiap sejam disediakan waktu berdiri, berjalan sebentar, dan jangan lupa minum.

mencegah diabetes
Minum air putih, kurangi minum minuman yang mengandung gula.

Cukup minum air putih/bening sangat baik untuk kesehatan. Pilih minuman tawar daripada minuman manis. Banyak makan buah dan sayur. Untuk karbohidrat, nasi, mie, kentang, sagu, pasta, dan sebagainya, biasakan porsinya porsi sehat, tidak berlebih dan dikonsumsi dalam porsi kecil saja, tidak berlebih.

Dan pesan sehat untuk penyandang Diabetes Melitus, ayo terapkan perilaku sehat dan perilaku cerdik:

C: Cek Kesehatan Rutin

E: Enyahkan Asap Rokok

R: Rajin Berolahraga

D: Diet Gizi Seimbang

I: Istirahat Cukup

K: Kelola Stress

 

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

20 Komentar

  1. evrinasp

    10 April 2016 at 6:05 pm

    Petani saya kena diabetes tapi katanya itu turunan. Jadi sekeluarganya udah pasti diabetes. Bawaannya lemes

    Balas

    • Mariana

      10 April 2016 at 6:08 pm

      kalau diabetes emang turunan mak, makanya itu harus dicegah dan tetep jaga kesehatan agar diabetes bisa segera diobati sesegera mungkin.

      Balas

  2. Irawati Hamid

    11 April 2016 at 3:35 pm

    ngeri juga diabetes ini yah Mbak 🙁
    saya suka makan yang manis-manis, hiks 🙁

    Balas

    • Mariana

      17 April 2016 at 7:53 pm

      akupun mbak .. tapi sekarang harus diubah yuk perilaku cerdik 🙂

      Balas

  3. Wahyu Asyari Muntoha

    11 April 2016 at 4:14 pm

    semoga dijauhkan dari segala penyakit 🙂

    Balas

    • Mariana

      11 April 2016 at 4:17 pm

      amin kak.. yang penting gizi seimbang aja kak

      Balas

  4. Diah Woro Susanti

    15 April 2016 at 4:09 am

    makasih sharenya mariana, aku kayanya bakat diabet juga nih, jadi musti inget CERDIK aja ya..

    Balas

    • Mariana

      15 April 2016 at 2:35 pm

      iya mba.. yang penting jaga pola makan dan perilaku cerdik ya. semoga bisa segera dicegah

      Balas

  5. hardy

    15 April 2016 at 8:34 pm

    intinya sih harus sadar diri akan pentingnya hidup sehat….

    Balas

    • Mariana

      15 April 2016 at 8:44 pm

      setuju banget. kadang ada yang udah sakit terus pasrah gitu gak mau olahraga dan hidup sehat

      Balas

  6. kholis

    16 April 2016 at 5:03 pm

    kalo aku jarang jaga makan, makan makanan rumah aj maksudnya, cuman aku rutinin olahraga seminggu 2-3kali lah hehe

    Balas

  7. khairiah

    16 April 2016 at 8:56 pm

    aku turunan diabetes juga :(, lg belajar ngurangin yg manis2

    Balas

    • Mariana

      17 April 2016 at 10:16 am

      perilaku cerdik jangan diabaikan mbak.. selain perilaku sehat juga cerdik yaa.. semoga tetap sehat dan bisa mencegah penyakit

      Balas

  8. Roomances Blog

    16 April 2016 at 10:15 pm

    susah sekali lepas dari minuman bergula 🙁
    btw blognya bagus sekali!

    Balas

    • Mariana

      17 April 2016 at 10:13 am

      sedikit demi sedikit pasti bisa kok.. ayo biasakan ya 😀

      Balas

  9. Liswanti

    3 Mei 2016 at 7:20 pm

    Kalau bicara tentang diabetes, kok aku selalu ngeri ya. Makanya sejak dini, mulai mengurangi makanan manis neh hehe

    Balas

    • Mariana

      3 Mei 2016 at 8:09 pm

      iyaaaa… mesti sejak dini ubah hidup sehat

      Balas

  10. Nurul Fitri Fatkhani

    13 Mei 2016 at 8:29 pm

    Makan secukupnya, berhenti sebelum kenyang, dan mengosumsi makanan sehat serta berserat tinggi juga bisa dilakukan untuk melawan diabetes.

    Balas

  11. kopisusu

    15 Mei 2016 at 11:33 am

    semakin inget usia, semakin hati2 dalam konsumsi apapun. seremnya diabetes ini sifatnya menimbulkan komplikasi ke banyak organ tubuh lain, jadi bener2 memang harus dikelola dengan baik gaya hidupnya (kaya yg udah aja) 😀

    Balas

    • Mariana

      15 Mei 2016 at 4:25 pm

      emang harus cegah sedini mungkin ya mba

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…