Home Kesehatan Karsinogen Penyebab Kanker

Karsinogen Penyebab Kanker

3 Menit Estimasi Baca
4
0
135

Pernah denger gak sih kalau Karsinogenik itu salah satu penyebab kanker? Dari beberapa bacaan dan informasi dari berita, karsigenik banyak dibahas. Apakah benar makanan berkarsinogen itu berbahaya bagi tubuh kita? lalu makanan apa saja? Serem juga sih ya kalau kita gak tau makanan yang berkarsinogen.

Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

Karsinogenik adalah sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru karena zat-zat yang terdapat pada rokok. Sehingga paru-paru menjadi berlubang dan menyebabkan kanker.

Karsinogenik adalah substansi yang menyebabkan kanker atau meningkatkan resiko timbulnya kanker. Kanker sendiri terjadi akibat perubahan (mutasi) gen (DNA) dari sel-sel tubuh sehingga berkembang menjadi sel abnormal yang tidak akan mati dan tumbuh tanpa bisa dikendalikan.

Bagaimana karsinogenik menimbulkan kanker?

Karsinogenik menimbulkan kanker bisa secara langsung, yaitu substansi tersebut menyebabkan perubahan atau mutasi pada DNA sel tubuh dan secara tidak langsung dengan cara memicu pembelahan sel secara cepat sehingga akibat terlalu cepat tersebut terjadi kegagalan menciptakan sel yang sempurna dan sel kanker pun timbul.

Apa saja sumber karsinogenik tersebut?

Menurut WHO (World Health Organization), 35% karsinogenik berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, 30%-nya berasal dari rokok yang anda hisap setiap harinya dan sisanya dari paparan lingkungan lainnya. Secara garis besar sumber karsinogenik dapat dibagi menjadi :

1. Obat-obatan. Beberapa macam obat seperti obat penenang, obat penurun panas, antibiotik, obat penurun panas, obat anti nyeri dll memiliki kandungan kimia yang bila menumpuk bisa meningkatkan resiko terkena kanker. Karena itu penting untuk mengkonsumsi obat sesuai dengan indikasinya dan dosis yang tepat pula. Begitu pula dengan berbagai produk yang digunakan dalam proses pertanian seperti pupuk, pestisida dll. Penting juga untuk menggunakan bahan berbahaya tersebut secara bijaksana.

2. Polusi lingkungan. Polusi yang dihasilkan oleh pabrik, kendaraan, maupun sumber pembangkit tenaga listrik memiliki potensi besar menimbulkan kanker pada paparan terus menerus.

3. Virus. Berbagai macam virus telah diakui berhubungan dengan timbulnya kanker. Seperti Hepatitis virus, Epstein-barr virus, Human papiloma virus dll. Virus-virus ini menimbulkan perubahan pada tingkat seluler sehingga terjadi mutasi gen.

4. Gaya hidup. Berbagai gaya hidup tak sehat menuntun anda pada paparan karsinogenik seperti merokok, meminum alkohol, obesitas, kurang olahraga dll.

5. Makanan. Tidak hanya makanan kaleng atau buatan pabrik yang mengandung karsinogenik tapi juga pada makanan alamiah misalnya aflatoksin pada kacang tanah.

6. Sinar matahari. Dengan adanya fenomena rumah kaca dan bolongnya ozon, tubuh kita terpapar dengan sinar ultraviolet yang dapat memicu timbulnya kanker. (http://www.tanyadok.com/kesehatan/apa-sebenarnya-karsinogenik-itu)

Kemarin kebetulan ada informasi berita yang membahas masalah karsinogen. Dan makanan yang mengandung zat karsinogen salah satunya adalah gorengan. Saya yakin, pembaca pasti sangat menyukai gorengan. Baik untuk cemilan atau untuk pelengkap lauk makan.

Nah, ini ada tips terhindar dari karsinogen:

1. Kurangi makan gorengan
Kalau kita membeli gorengan diluar kita sendiri tidak tau, apakah gorengan tersebut digoreng dengan minyak yang bersih atau minyak yang sudah berkali-kali dipakai. Jika kita membuat gorengan dirumah sendiri tentu kita tau bagaimana proes penggorengannya menggunakan minyak apa. Nah, jika minyak berwarna hitam itu artinya minyak sudah dipakai berkali-kali. Jadi gimana nih? Ya tentu kita cukup mengurangi makan gorengan.

Gorengan

2. Jangan gunakan minyak goreng berulang-ulang
Pemakaian minyak goreng berulang kali tersebut dapat menimbulkan kolestrol dan penyakit lainnya bagi masyarakat. Jika minyak goreng telah digunakan sebanyak tiga kali, jangan lagi dipakai dan harus diganti dengan minyak goreng yang baru. Minyak bekas penggorengan itu, kelihatan berwarna kuning bercampur hitam dan terdapat sisa-sisa atau serbuk penggorengan. Hal inilah bila digunakan dapat menimbulkan kolestrol tinggi.

credit: lifestyle.okezone.com

3. Makan makanan berserat
Meskipun kita hobi makan gorengan, tentu kita harus melengkapi dan mengimbangi tubuh kita dengan makan makanan yang berserat tinggi dan bergizi. Hal ini untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Bisa diimbangi dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

credit: cbn.net.id

Nah, sudah tau kan apa saja sumber karsinogen yang bisa menyebabkan kanker? Yuk mulai sekarang biasakan hidup sehat. Mulai dari makan makanan yang sehat dan berserat, olahraga minimal 30 menit setiap hari, ubah pola hidup sehat mulai dari bangun tidur dan waktu tidur malam hari.

Sehat itu Murah kok. Sehat akan jadi mahal ketika kita sakit. 

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

4 Komentar

  1. wuri

    28 November 2014 at 5:26 am

    *nunggu kiriman gorengan ala Mariana #eh

    Balas

    • Mariana

      28 November 2014 at 12:23 pm

      pas kopdar ya mbak wuri hihihi 🙂

      Balas

  2. Ety Abdoel

    28 November 2014 at 5:32 am

    Aduuuh, itu gorengan…padahal saya suka makanan satu ini, murah meriah..belum bisa melepaskan diri dari nikmatnya gorengan. baru bisa mengurangi saja..

    Balas

    • Mariana

      28 November 2014 at 12:24 pm

      gapapa mak ety. Gak harus berhenti kok, cukup di kurangi saja makan gorengan dan harus diimbangi makan makanan yang bergizi dan berserat tinggi ya mak.

      Salam sehat 🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…