Home Kesehatan Ini Dampaknya Apabila Anak Kurang Gizi

Ini Dampaknya Apabila Anak Kurang Gizi

5 Menit Estimasi Baca
0
0
378

Masalah gizi anak adalah masalah kesehatan di Indonesia. Pemberian asupan makanan sehari-hari harus seimbang dan sesuai kebutuhan. Pengertian Malnutrisi tidak hanya kurang nutrisi saja, tapi bisa jadi kelebihan nutrisi sehingga berakibat obesitas atau kegemukan. Pada usia balita, apabila kekurangan gizi akan berakibat buruk terhadap kesehatan dan perkembangannya di masa mendatang. Bagaimana mengatasi dan mencegah dampak anak kurang gizi

Saat ini situasi Malnutrisi (kurang nutrisi) di Indonesia 6% balita kurang gizi dan 37% balita mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Hanya itu? Tidak. Masih banyak masalah gizi kesehatan masyarakat yang lekat dengan sekitar kita.  Disampaikan oleh  Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, spesialis gizi klinik dalam acara Buka Puasa Danone Indonesia dengan tema “Optimalisasi Asupan Gizi dan Air saat Bulan Puasa dan Hari Raya”, “Gizi tidak boleh kekurangan maupun berlebihan karena keduanya dapat mengganggu kesehatan,”

Data Riskesdas tahun 2013 mengungkapkan bahwa satu dari tiga anak usia sekolah cenderung bertubuh pendek. Hal ini merupakan indikasi kekurangan gizi menahun yang dapat berisiko pada pertumbuhan dan perkembangan anak.  Data lain menunjukkan bahwa 45% wanita Indonesia usia produktif (termasuk Ibu hamil) mengalami Kurang Energi Kronis (KEK) yang dapat memengaruhi produktivitas dan berisiko mengalami gangguan kehamilan nantinya.

Keluarga sebagai unit terkecil memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anggota keluarganya. Maka dari itu, pentingnya makan bersama keluarga setiap hari atau memberikan bekal nasi ke anak saat pergi sekolah dan suami saat ke kantor. Keluarga yang sudah terbiasa melakukan hal tersebut adalah keluarga yang sehat dan bahagia. Karena asupan gizi dan makanan terjamin dan terpenuhi setiap harinya.

Sedangkan, situasi Malnutrisi (kelebihan gizi) Berat Badan lebih sebesar 13,5%, Obesitas 15,4% da Obesitas Sentral sebebsar 26,6%. Dari kelebihan gizi tersebut, prevalensi Penyakit Tidak Menular sebanyak 26%. Penduduk usia diatas 15 tahun mengalami kelainan profil lipid yaitu 36% kolesterol diatas normal dan 76,2% LDL tidak optimal. Dampak kelebihan gizi adalah Penyakit Tidak Menular seperti Hipertensi, Jantung Koroner, Diabetes Melitus, dan Stroke.

Untuk mengetahui kebutuhan gizi pada tubuh, bisa cek Indeks Masa Tubuh (IMT), yaitu:

Indeks Masa Tubuh (IMT)
Cara menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT)

Selain menghitung IMT, hitung lingkar perut juga ya, untuk wanita lingkar perut tidak boleh lebih dari 80cm sedangkan laki-laki tidak boleh lebih dari 90cm. Cara menghitungnya yaitu:

Ukuran Celana Panjang x 2,5

Ukuran celana panjang saya 28, jadi 28 x 2,5 = 70cm
Nah kira-kira berapa Indeks Masa Tubuh dan lingkar perut kalian? ayo dihitung dari sekarang.

Memenuhi Gizi Seimbang Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Tumpeng Gizi Seimbang
Tumpeng Gizi Seimbang

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal. Usahakan hindari konsumsi karbohidrat dobel dalam sekali makan, misalnya konsumsi nasi sama mie instan. Untuk porsi sekali makan, isi setengah piring dengan makanan pokok seperti nasi atau roti dan lauk – pauk. Penuhi setengah bagian lainnya dengan sayur yang dilengkapi dengan buah-buahan. Batasi gula, garam dan minyak. Komposisi makanan sehat adalah 50 – 60% karbohidrat, 15% protein, dan sisanya lemak.

Konsumsi protein sesuai kebutuhan, sekitar 1 gram/kg BB dengan IMT normal. Orang dengan BB 50 kg, berarti kebutuhan protein sebesar 50 gram. Masih banyak orang yang kurang akan konsumsi protein. 1 butir telur saja mengandung 6 gram protein. Sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan protein maka minum susu. Karena susu merupakan sumber protein yang dianjurkan dikonsumsi sejak masa kanak-kanak hingga dewasa.

Orang kurang gizi penyebabnya mungkin karena kurang konsumsi protein, sedangkan gemuk atau orang dengan gizi lebih disebabkan karena kebanyakan konsumsi lemak. Maka orang dewasa yang ingin minum susu, dilihat dulu di komposisi protein pada kemasan, karena kebutuhan masing-masing orang berbeda-beda, minumlah sesuai dengan kebutuhan protein pada tubuh kita. Begitu juga saat sahur dan buka puasa disarankan untuk minum susu karena dapat membantu melengkapi kecukupan gizi pada semua usia.

Selain kurangnya konsumsi protein dan kalsium, kurangnya konsumsi air juga akan berdampak buruk pada tubuh. Kebutuhan air bagi bayi, balita, dewasa dan orang tua berbeda-beda. Maka setiap harinya harus terpenuhi. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat mengganggu kerja ginjal bahkan bisa menjadi batu ginjal, selain itu kurang cairan dapat berakibat sembelit.

Persentase air dalam tubuh

Syarat air minum adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Air minum yang aman adalah air yang tidak mengandung zat berbahaya, tidak mengandung cemaran pestisida, jamur dan bahan lainnya yang dapat membahayakan tubuh. Sedangkan air minum yang sehat adalah air minum yang mengandung mineral alami.

Mengapa harus air yang kita minum harus mengandung mineral alami? Karena mineral sangat bermanfaat untuk tubuh kita dan ini adalah fungsi Mineral bagi tubuh diantaranya:

  1. Fluorida: untuk mencegah karies dan menjaga kesehatan gigi
  2. Natrium: untuk mendukung keseimbangan cairan
  3. Kalium: untuk mendukung proses transmisi sarat dan kontraksi otot
  4. Magnesium dan Kalsium: untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah
  5. Silika: untuk mendukung kesehatan kulit dan menjaga integritas tulang
  6. Zink: berperan sebagai koativator dalam 300 lebih reaksi enzim dalam tubuh

Sejalan dengan Danone yang memiliki misi membangun kesehatan melalui produk makanan dan minuman. Diantaranya program rutin Danone yang memberikan susu ke daerah terpencil. Arif Mujahidin, Communications Director Danone Indonesia mengatakan, “Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen untuk mendukung kesehatan melalui makanan, selain menyediakan aneka produk-produk berkualitas tinggi, kami juga secara berkesinambungan memberikan edukasi mengenai gizi seimbang dan hidrasi kepada masyarakat. Buka puasa bersama Danone Indonesia yang menghadirkan ahli gizi dan hidrasi ini merupakan salah satu wujud dari komitmen tersebut.”

Agar lebih mudah memastikan bahwa tubuh kita terhidrasi pada saat puasa, kita dapat menggunakan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas pada berbuka, 4 gelas pada malam hari dan 2 gelas pada saat sahur. Dan asupan makanan pada saat sahur dan berbuka meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat dan air yang cukup. Cek urin secara rutin, jika urin semakin pekat menandakan tubuh kita mengalami dehidrasi.

Mulai sekarang, ajarkan anak-anak untuk suka dengan air putih.

Dampak Kurang Gizi pada Anak

Jika pada usia produktif wanita hamil mengalami kekurangan Kurang Energi Kronik maka akan berdampak buruk pada janinnya. Dampak buruk akibat kurang gizi ada yang jangka pendek dan jangka panjang. Pada jangka pendek, secara fisik pertumbuhan fisik tidak optimal sehingga dimasa depan ia akan mengalami stunting atau tubuhnya pendek. Seperti pada bagan dibawah ini:

dampak anak kurang gizi

Maka dari itu, kebutuhan gizi seimbang didalam keluarga harus terpenuhi, baik karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak dan air. Sehingga dampak gangguan gizi ini tidak terjadi pada anak. Karena anak adalah generasi penerus bangsa. Tips dari dr. Inge, makanlah dengan komposisi gizi seimbang, dengan jadwal yang teratur seperti hari-hari biasa, dan selalu sertakan sayur, buah dan air. Lakukan aktivitas fisik ringan untuk menjaga tubuh tetap fit, dan jangan lupa agar selalu tercukupi hidrasi dalam tubuh. Jika sedang hamil, konsumsi protein ditambahkan 10 gr dari kebutuhan normal untuk mencukupi kebutuhan janinnya.

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…