Home Kesehatan Cegah Anyang-anyangan Berulang dengan Prive Uri-cran

Cegah Anyang-anyangan Berulang dengan Prive Uri-cran

6 Menit Estimasi Baca
31
0
623

Aku rasa setiap wanita pernah mengalami anyang-anyangan. Betul kan? Aku dari jaman masih SMP hingga sekarang sudah punya baby entah sudah berapa kali aku mengalaminya. Dari yang nyerinya biasa saja hingga berdarah sudah aku rasakan. Dan dari semua anyang-anyangan ini aku masih mengobatinya mungkin saja bisa dibilang salah.

Mitos Penyebab dan Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Dari jaman aku kecil, aku tau informasi penyebab anyang-anyangan itu karena sering minum air hangat lalu air dingin secara bergantian. Ada yang bilang juga anyang-anyangan karena ‘adah bocah’ (peranakan) turun, makanya jadi susah buang air kecil dan rasanya sakit.

Karena informasi penyebab sakit saat buang air kecil yang salah itu aku juga mengatasinya dengan gak biasa. Ada gak yang pas anyang-anyangan kalian nyembuhinnya dengan mengikat jempol kaki dengan karet gelang? Pernah gak kalian pas anyang-anyangan gitu, kakinya diangkat keatas biar cepet sembuh? Aku pernah.

Fakta sebenarnya Penyebab Anyang-anyangan

Dari sisi kesehatan, penyebab anyang-anyangan ini karena beberapa hal dan ternyata wanita lebih rentan terkena. Kenapa Wanita?

Karena struktur saluran kemih (uretra) pada wanita cenderung lebih pendek, hanya sekitar 2.5 – 4 cm dibandingkan pria, panjang uretranya sekitar 20 cm. Maka dari itu, wanita lebih mudah terinfeksi dan mengalami gejala anyang-anyangan. Ukuran saluran kemih yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk ke kandung kemih sehingga memudahkan wanita mengalami infeksi saluran kemih.

 

infeksi saluran kemih

Anyang-anyangan Berulang

Sebelum hamil, aku termasuk wanita yang sangat aktif. Dalam sehari, aku bisa berpindah-pindah tempat acara menggunakan bus Trans Jakarta atau ojek online. Karena banyaknya aktivitas setiap hari, anyang-anyangan jadi berulang. Akibatnya yang dirasakan gak hanya sakit saat buat air kecil saja akan tetapi aktivitas yang lain akan terganggu. Anyang-anyangan membuatku sangat tidak nyaman, harus bolak-balik ke toilet karena rasa ingin buang air kecil yang terus menerus namun saat sudah di toilet keluar pipisnya sedikit dan sangat nyeri. Mau nangis rasanya.

Gak cukup sampai disitu aja, aku pikir anyang-anyanganku ini biasa aja yang bakal sembuh dalam hitungan jam, karena sebelum-sebelumnya yang aku ingat emang sembuh sendiri. Dan kalian pasti sudah menebak, aku mengobati anyang-anyangan ini dengan cara persis kayak diatas. Iya. Aku ikat jempol kaki pakai karet gelang dan aku angkat kakiku ke tembok. Hasilnya nihil, gak berkurang rasa nyerinya.

anyang anyangan
Prive Uri-Cran Rasa Cranberry

Pas malam harinya, aku merasa kandung kemihku sangat penuh dan saat buang air kecil sangat super perih, bahkan ingin rasanya aku menjerit saking perihnya, dan tiap aku buang air kecil aku gigit bajuku sekencang-kencangnya untuk nahan sakit. Aku mulai curiga ini pasti ada yang gak beres, karena biasanya kalau aku anyang-anyangan rasanya tidak sesakit ini.

Dan bener aja, sakit saat buang air kecil yang sangat perih itu ternyata mengeluarkan darah. Aku langsung shock dan lemes. Bagaimana tidak, ini adalah kali pertama aku mengalami anyang-anyangan yang seperti ini. Ada yang pernah merasakan hal yang sama? Perih banget kan?

Keesokan harinya aku mencoba untuk ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan informasi yang benar tentang keluhan ini dan segera mendapatkan obatnya. Diagnosa dokter aku terkena ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Gak sampai cukup sampai disini, ISK yang ada di aku ini apakah tergolong ringan yang cukup minum obat antibiotic aja apa butuh penanganan lebih lanjut. Huff langsung menghela nafas panjang mendengar penjelasan dokter.

Akhirnya dokter memberiku resep antibiotic, jika memang ISK ini ringan dan biasa aja minum 1-2 kapsul biasanya sudah membaik dan gak nyeri lagi. Tapi jika resep antibiotic habis tapi belum ada tanda-tanda sembuh, harus dilakukan uji laboratorium. What? Pikiranku langsung menjurus penyakit yang enggak-enggak itu.

Dan syukur Alhamdulillah, setelah minum kapsul antibiotic kedua keadaan sudah membaik. Buang air kecil sudah gak perlu menjerit lagi dan intesitas rasa ingin buang air kecil juga semakin berkurang. Jadi aku sudah tenang gak perlu mikirin uji laboratorium. Setelah kejadian ini, jangan sampai anyang-anyangan berulang lagi.

anyang anyangan

Memang pengalaman adalah pelajaran terbaik. Saking takutnya anyang-anyangan berulang, aku ingat-ingat betul apa saja yang menjadi penyebab anyang-anyangan yang aku rasakan kemarin. Aku harus berusaha mencegahnya, karena kalau berulang lagi aktivitas akan terganggu dan gak kebayang deh gimana rasanya.

Tips Mencegah Anyang-Anyangan Berulang

Setelah beberapa kali mengalami anyang-anyangan, kali ini aku mau share cara mencegah anyang-anyangan biar enggak berulang lagi. Mungkin masing-masing orang punya persoalan yang berbeda apa yang menjadi penyebab sakit saat buang air kecil, tapi bisa jadi cara mengatasi susah buang air kecil yang dialami sama denganku. Bisa jadi kan?

  1. Bilas organ kewanitaan dengan benar. Selama ini mungkin masih banyak yang salah saat membilas, sebaiknya saat membilas terutama setelah buang air besar atau buang kecil itu dari depan ke belakang. Hal ini dilakukan untuk menghindari bakteri dari anus menyebar ke organ kewanitaan dan saluran kencing.
  2. Jaga kelembaban organ kewanitaan. Setelah buang air kecil atau buang air besar sebaiknya usai membilas dikeringkan/dilap dengan tissue atau kain, sehingga organ kewanitaan tetap bersih dari bakteri. Dan saat sedang menstruasi, sering-seringlah ganti pembalut.
  3. Minum air yang cukup, karena ini berfungsi untuk mengeluarkan bakteri dan memperlancar pembuangan urine.
  4. Saat minum air, posisi badan duduk ya jangan berdiri. Minum sambil berdiri juga dapat berbahaya bagi ginjal karena penyaringan yang tidak sempurna dapat merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Hal ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.
  5. Jangan menahan buang air kecil. Segeralah buang air kecil selagi merasakan pengen buang air.
  6. Segeralah buang air kecil dan konsumsi air mineral setelah berhubungan seksual.
  7. Untuk membantu memelihara kesehatan tubuh dan mencegah bakteri di saluran kemih, aku konsumsi Prive Uri-cran 1-2 sachet per hari.
Anyang anyangan
Prive Uri-Cran kemasan Powder

Memilih Prive Uri-cran untuk Mencegah Anyang-anyangan Berulang

Awalnya aku tidak tau ternyata ada suplemen yang dapat mencegah anyang-anyangan. Memang momen nya pas banget, waktu itu aku baca sebuah tulisan dari seorang blogger bernama Haya Aliya Zaki dengan judul “Selamat Tinggal Anyang-anyangan!”. Kata pertama yang terucap saat membaca judul tulisan itu adalah “ehmmm masak sih bisa bye dari anyang-anyangan?” dan makin bertanya-tanya. Setelah aku baca tulisannya, pengalaman mbak Haya hampir sama dengan yang aku rasain.

Nyari Prive Uri-cran ternyata gampang, di toko obat juga ada. Aku pilih yang powder sachet aja, karena kalau kapsul aku gak bisa minum langsung harus pakai pisang buat menelan kapsulnya.

Cranberry masih asing banget buatku, jadi aku kira rasanya bakal asem banget. Eh ternyata aku salah, rasa Cranberry itu menurutku kayak Jambu tapi ada asem-asem nya jadi manis seger karena ada sedikit asem. Itu sih yang aku rasain, sesuai lidahku aku menyimpulkannya begitu. Dan warnanya juga merah muda kayak Jambu.

Anyang anyangan
Prive Uri-Cran Powder tinggal seduh dengan segelas air putih
Anyang anyangan
Untuk membantu memelihara kesehatan minum Prive Uri-Cran

Info penting buatku juga, Prive Uri-cran ini berisi ekstrak Cranberry yang mana buah Cranberry diketahui efektif mencegah Infeksi Saluran Kemih. Karena Cranberry memiliki Proanthocyanidin yang dapat menghambat perlekatan bakteri E.coli di saluran kemih.

Jadi kalau sudah minum Prive Uri-cran ini bakteri E-coli yang menempel didinding saluran kemih akan ditangkap oleh Proanthocyanidin. Sehingga bakteri E.Coli tidak jadi menempel. Dan aku juga baru tau kalau sebagian besar kasus Infeksi Saluran Kemih itu disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna. Kesalahannya adalah saat membilas saat buang air besar atau kecil.

penyebab anyang anyangan 2
Kenali penyebab anyang anyangan dan Cara Prive Uri-Cran mencegahnya (sumber foto: website Uricran)

Kasus Infeksi Saluran Kemih atau banyak dikenal dengan istilah anyang anyangan ini juga rentan menyerang Ibu hamil. Kenapa? Karena ibu hamil kan sering pipis, jadi sangat mudah terkena ISK. Nah, misal ada temen, sodara atau tetangga yang lagi hamil dan merasakan gejala anyang anyangan bisa disarankan untuk minum Uricran ini ya. Dan jangan takut, aman kok buat ibu hamil.

Salam Sehat 🙂

cegah anyang anyangan
Produk Prive Uri-Cran, ada yang kapsul dan powder
Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

31 Komentar

  1. Reyne Raea

    13 Maret 2018 at 10:59 pm

    Obat yang enak banget yaaa…khasiatnya banyak pula 🙂

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:34 pm

      iya mbak, sudah merasakan khasiatnya banget dengan uricran

      Balas

  2. Maya Siswadi

    14 Maret 2018 at 5:26 am

    Aku minum iniii, enak ya. Asem, manis, Seger.

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:35 pm

      wahh sama mbak.. segerr ya

      Balas

  3. Ida Tahmidah

    14 Maret 2018 at 3:40 pm

    Wah tips harus duduk saat minum, sesuai banget tuh dengan ajaran Islam kalau makan dan minum itu harus duduk 🙂 Btw Urican praktis ya Mba ..ga usah ngejus sendiri hehe..

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:36 pm

      iya mbak, gak usah ngejus soalnya nyari buah cranberry kan susah ya

      Balas

  4. Maria G Soemitro

    18 Maret 2018 at 11:35 am

    aduh kalo inget tersiksanya waktu anyang-anyangan, kapok!

    mending konsumsi rutin Uri-cran ya?

    solusi herbal yang rasanya enak 🙂

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:37 pm

      gak usah diingat lagi mbak sakitnya, aku sudah lama bye dari anyang-anyangan berkat uricran

      Balas

  5. Larasati Neisia

    18 Maret 2018 at 8:04 pm

    Hmm aku pun termasuk yang berulang kena anyang-anyangan.. tau-tau BAK nya perih, tau-tau BAK nya berdarah..
    Jadi emang bener ya mba jaga kesehatan organ kewanitaan paling utama.. Makanya sekarang sedia selalu Uri Cran ditas 😀

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:39 pm

      jangan balik2 lagi deh BAK perih dan berdarah itu, mencegah lebih utama mbak

      Balas

  6. Ika Puspitasari

    18 Maret 2018 at 9:03 pm

    Aku pernah juga kena anyang-anyangan gara2 nahan pipis. Sekarang sih, udah kapok. Nggak lagi2 nahan pipis. Selain itu aku juga minum Uri-cran biar nggak kena anyang2an lagi

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:40 pm

      jangan nahan pipis lagi mbak, aku sesekali nahan bentar kadang gak kuat langsung buru2 nyari toilet

      Balas

  7. April Hamsa

    19 Maret 2018 at 3:31 am

    Sekarang kalau anyang2an tinggal konsumsi uricran ya mbak, gak usah iket2 jempol lagi hehe

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:41 pm

      hahaha iya mbak gak iket2 jempol lagi sekarang

      Balas

  8. Sandra Nova

    19 Maret 2018 at 7:44 am

    Untung ada uricran buat ngobatin anyang2an, ngga perlu minum antibiotik, jadi ngga takut mengkonsumsinya karena aman & alami… jauh2 deh ah anyang2an 😀

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:42 pm

      iya mbak, kalau minum antibiotik dikasihnya biasanya kapsul jadi butuh pisang buat nelen obatnya. kalau uricran ada yang serbuk jadi tinggal seduh aja

      Balas

  9. Ira Hamid

    19 Maret 2018 at 8:37 am

    saya dua kali terkena anyang-anyangan Mbaa dan saya rasa itu sudah cukup. Sakit dan perihnya itu loh, nyiksa banget euy 🙁

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:43 pm

      jangan sampai ketiga kali mbak, gak bisa ngapa2in padahal kerjaan banyak

      Balas

  10. Yuniari Nukti

    19 Maret 2018 at 9:37 pm

    Hiyaa dulu banget sebelum tau anyang-anyangan bisa diobati, aku juga suka ngikat jempol pakai karet, Mbak haha.. Entah mitos apa gimana, nurut aja anjuran orang tua

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:45 pm

      lhoh ternyata sampai sana juga ya kalau anyang-anyangan iket jempol kaki

      Balas

  11. Dunia Faisol

    20 Maret 2018 at 4:50 am

    Stop anyang-anyangan mbak, katena itu berat, minum uri cran saja. Hehehe

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:46 pm

      udah aku stop, gak kuat sama sakitnya kalau anyang-anyangan lagi

      Balas

  12. Dewi Ratih Purnama

    22 Maret 2018 at 9:38 am

    Rasanya enak nih uricran sachet powdernya… aq paling suka nahan pipis klo pas tidur malem..mageer

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:47 pm

      kalau malam kerasa pipis langsung bangun pipis mbak, takutnya ngompol hahaha

      Balas

  13. Li Partic

    22 Maret 2018 at 3:18 pm

    dilihat dari penampakannya kayaknya segar ya. Rasanya gimana? kecut?

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:47 pm

      segerrrrr banget mbak, kayak jambu rasanya tapi aada asemnya yang bikin seger

      Balas

  14. Jalan-Jalan KeNai

    23 Maret 2018 at 9:45 pm

    Saya kapok deh kena anyang-anyangan. Sakit banget 😀

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:48 pm

      semoga gak balik lagi ya mbak anyang-anyangannya

      Balas

  15. Ahmed Tsar

    24 Maret 2018 at 10:34 am

    Menyebalkan memang kalau lagi kena Ayang-ayangan apalagi pas antri masuk WC, beuh rasanya kebelet banget. kemarin nyoba uri crazn rnak rasanya kayak permen dulu, sugus

    Balas

    • Mariana

      27 Maret 2018 at 10:49 pm

      eh iya mirip sugus ya rasanya, hahaha sudah lama gak ketemu permen sugus

      Balas

  16. Abu Alifa

    12 Mei 2018 at 9:10 am

    Apakah ini juga bisa dikonsumsi oleh pria?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Tips Tetap Bisa Berpuasa Saat Menyusui

Ramadhan sebentar lagi, bagi ibu menyusui tentu banyak persiapan untuk menyambut bulan suc…