Home Kesehatan Ajak Anak untuk Praktik 13 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini di Rumah

Ajak Anak untuk Praktik 13 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini di Rumah

5 Menit Estimasi Baca
41
0
buang sampah yang benar

Sudah pernah dengar tentang Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)? Tentu saya yakin kalian semua sudah pernah mendengarnya bahkan beberapa diantara kalian sudah banyak menerapkan, betulkah? Jadi untuk melakukan PHBS ini tidak perlu memiliki atau menggunakan alat penunjang kesehatan yang memadai dan lengkap, sehingga tentu membutuhkan biasa yang besar untuk membelinya. Tidak harus ya memiliki atau menggunakan alat, cukup lakukan langkah sederhana untuk menjaga kesehatan sekaligus dengan melakukan langkah-langkah sederhana ini dapat juga mencegah penyakit di rumah.

Ada 13 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang bisa Bunda ajarkan pada Anak di rumah. Semua yang saya tulis ini tidak memerlukan biaya atau peralatan yang mahal kok Bun, hanya saja ini butuh waktu untuk membiasakannya, sehingga jika dilakukan setiap hari secara rutin akan berubah menjadi kebiasaan atau perilaku hidup bersih dan sehat. Kenapa anak? Karena anak saat usia masih kecil jika diajak melakukan sesuatu bersama-sama ia akan senang, sehingga rasa senang tersebut akan ia rekam di dalam otaknya. Ketika anak masih kecil, anak masih nurut jika kita ajarkan PHBS dirumah, sekaligus praktik agar anak tak lupa hal-hal apa saja yang harus dilakukan setiap hari. Dan harapannya, Anak sudah mempunyai kebiasaan PHBS sebelum ia masuk sekolah dan saat anak berada diluar rumah, baik di sekolah, di tempat umum pun anak bisa menjaga dirinya sendiri dari ancaman penyakit. Bunda gak akan khawatir jika anak berada diluar rumah.

  1. Mencuci Tangan dengan Air Bersih dan Sabun

    Ajak anak untuk mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun. Ada 7 gerakan mencuci tangan dengan bersih dan benar.
    7 Langkah mencuci tangan
    Sebelum anak memasuki sekolah TK, ajak anak membiasakan cuci tangan yang benar. Selain itu, ada 6 waktu penting cuci tangan pakai sabun yaitu :
    → Setelah bermain
    → Setelah buang sampah
    → Setelah buang dari kamar mandi
    → Setelah batuk atau bersin
    → Setelah memegang hewan
    → Sebelum Makan

  2. Membuang Sampah pada Tempatnya

    Sediakan dirumah tempat sampah yang mudah dijangkau anak-anak. Sesudah makan biskuit, buah atau saat sedang bermain pasti menyisakan kertas, plastik atau sampah lain, nah saat yang tepat untuk mengajak anak membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan dirumah. Jangan lupa juga ajak cuci tangan setelah buang sampah.

  3. Makan Sayuran dan Buah Setiap Hari

    Anak pasti malas kalau dikasih makan sayuran yang hijau, pasti dipilih dulu pakai kuahnya ajah atau pakai wortelnya aja. Untuk anak yang susah makan sayur, bisa di kombinasikan atau dikreasikan sayurannya agar anak tertarik. Kalau buah-buahan, kenalkan buah lain selain jeruk atau pisang biar anak gak susah juga makan buah dan lebih banyak lagi mengenal macam-macam buah.

  4. Menggosok Gigi 2x Sehari

    Menggosok gigi 2x sehari, pagi hari sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Ajarkan cara menggosok gigi dengan benar, agar sikat gigi dan menjangkau atau membersihkan sela-sela gigi dari kotoran sisa makanan. Sesuaikan sikat gigi dengan usia anak, agar sikat gigi mampu bekerja membersihkan gigi. Dan ganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali. Jangan gunakan sikat gigi yang bulu sikatnya sudah tidak beraturan atau rusak.
    menggosok gigi yang benar

  5. Menggunakan Jamban saat Buang air besar dan Buang air kecil

    Buat bunda yang tidak menggunakan diapers untuk anak, bisa diajarkan untuk membuang air besar dan kecil harus di kamar mandi. Saat anak sedang bermain di dalam rumah, kasih pesan ke anak “jika ingin pipis atau buang air besar bilang ya, Nak” dengan membiasakannya, anak akan bilang saat ingin buang air. Jadi gak buang air di tempat saat ia bermain.

  6. Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari

    Menjaga kesehatan perlu olahraga setiap hari, gak perlu dengan gerakan ekstrim, bisa dilakukan di teras rumah atau di halaman rumah. Ajak anak senam dengan gerakan ringan atau jalan kaki setiap pagi. Misalnya, ajak anak saat ingin belanja sayuran atau kebutuhan lainnya dengan berjalan kaki.
    olahraga

  7. Timbang berat badan dan Tinggi badan Setiap Bulan

    Untuk mengetahui pertumbuhan anak, setiap bulan pasti ada Posyandu. Disana selain menimbang berat badan anak, akan diberi vitamin serta makanan sehat dan jangan lupa juga ukur tinggi badan anak.

  8. Tidak meludah di Sembarang tempat

    Meludah di sembarang tempat itu kebiasaan buruk dan mengganggu orang disekitarnya. Apalagi jika ada orang yang meludah lalu keluar beserta dahaknya itu malah terlihat jorok. Ajarkan anak untuk meludah di kamar mandi atau wastafel, lalu menyiramnya dengan air. Bisa menggunakan tisu lalu membuang tisu ke tempat sampah. Jangan lupa cuci tangan juga.

    Jumantik Cilik
    Jumantik Cilik foto dari medicastore.com
  9. Memberantas Jentik Nyamuk

    Sebenarnya ini pekerjaan ibu, yaitu membersihkan jentik nyamuk yang ada di bak mandi. Namun, membersihkan bak mandi bisa mengajak anak untuk menyikat bersama-sama, dan informasikan bahwa bak mandi akan menjadi tempat jentik-jentik nyamuk jika tidak dibersihkan. Selain bak mandi, selokan yang airnya tidak mengalir akan menjadi tempat yang nyaman untuk jentik nyamuk hidup. Di Sekolah Dasar nanti akan ada Jumantik (Juru Pemantau Jentik) Cilik yang dipilih untuk dilatih.

  10. Menggunakan Air Bersih

    Informasikan kepada anak bahwa menggosok gigi, mencuci tangan, memasak, minum air, mandi dan lain-lainnya itu menggunakan air bersih. Ajarkan juga bagaimana menghemat air bersih.

  11. Gunakan Lengan Bahu untuk Menutup Bersin

    Hayoo.. siapa yang saat bersin masih menggunakan telapak tangan untuk menutup? Jika menggunakan telapak tangan saat bersin apalagi saat berada ditempat umum akan mudah kuman bertukar. Karena dengan tangan kita bisa melakukan apa saja, buat makan, minum, mengelap keringat dan lain-lain. Apa jadinya jika menggunakan tangan saat bersin, berapa kuman yang terkumpul disitu. Nah, mulai sekarang ajarkan anak menggunakan lengan bahu saat bersin. Bisa menggunakan tisu atau sapu tangan untuk menutup bersin.

    Bersin yang benar
    foto dari livescience
  12. Cebok yang Benar

    Buat Ibu yang mempunyai anak cewek penting di informasikan tentang cebok yang benar yaitu dari depan ke belakang. Jangan ke belakang terus ke depan, karena itu akan membuat kotoran atau bakteri dari anus akan ke depan. Sekalian praktik kalau anak buang air besar atau kecil biar tahu caranya.

  13. Istirahat yang cukup

    Atur waktu kapan anak harus tidur siang dan kapan waktu malam untuk tidur. Anak bisa lupa ngantuk jika keasyikan bermain, kalau bukan bunda yang mengajak untuk istirahat kadang anak masih ingin terus bermain. Istirahat yang cukup akan membantu kita dalam beraktivitas, tak mudah lelah dan penting buat anak untuk menjaga psikologisnya agar tak mudah marah dan mampu mengontrol emosi.

13 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga, agar tahu, agar mau dan mampu melaksanakan PHBS serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Untuk melaksanakan itu semua, tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan akan tetapi jika 13 perilaku tersebut dilakukan bersama-sama dan terus menerus setiap hari secara rutin akan berubah menjadi kebiasaan baik.

Diantara ke-13 ini mana nih yang sudah bunda jalankan dirumah?

Salam Sehat 🙂

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

41 Komentar

  1. Liswanti

    3 Mei 2016 at 7:22 pm

    Sudah saya lakukan semuanya neh, dan mengajarkannya ke anak

    Balas

    • Mariana

      3 Mei 2016 at 8:09 pm

      alhamdulillah, semoga menjadi kebiasaan terus sampai dewasa

      Balas

  2. Irawati Hamid

    9 Mei 2016 at 8:10 pm

    yang nomor 12 itu masih kami (orang dewasa) yang lakukan. kami belum berani mengajarkan hal itu pada anakku, kalo usianya sudah diatas 5 tahun mungkin bisalah kami mempraktekkannya 🙂

    Balas

    • Mariana

      9 Juni 2016 at 10:45 pm

      Iya mbak. Kasih pengertian yang mudah dipahami anak ya mbak.

      Balas

  3. Obat Maag

    24 Mei 2016 at 11:25 am

    wah bagus sekali ni info nya masakih ya sangat bermanfaat sekali

    Balas

  4. Abdul Cholik

    26 Mei 2016 at 11:15 am

    Kebiasaan-kebiasaan yang baik (termasuk tutur kata) memang sebaiknya ditanamkan sejak usia dini agar menjadi karakter.
    Terima kasih pencerahannya.
    Salam hangat dari Surabaya

    Balas

    • Mariana

      26 Mei 2016 at 11:34 am

      iya pakdhe .. anak sekarang mesti dibiasakan yang baik-baik. Punya sepupu yang terpengaruh pergaulan temen2nya ngeri pakdhe ndenger bahasanya ..
      *salim dari jakarta*

      Balas

  5. Mama Keizha

    4 Juni 2016 at 2:17 pm

    anak ku poin yg nmr 3 yang susah amat, anti banget ama sayur … dulu kadang sampe diimingi beli mainan baru mau mam sayur

    Balas

    • Mariana

      4 Juni 2016 at 10:30 pm

      Mesti dibungkus dengan yang unik2 mom biar anak bisa suka sayur

      Balas

  6. kania

    6 Juni 2016 at 11:11 am

    saya ga rajin nimbang berat badan anak >< harus datang ke dokter anak kalo mau nimbang badan, harus punya timbangan sendiri nih

    Balas

    • Mariana

      6 Juni 2016 at 11:19 am

      kalau butuh banget beli juga gapapa mak, sekalian berat badan sendiri bisa dikontrol 🙂

      Balas

  7. ophi ziadah

    6 Juni 2016 at 1:21 pm

    hampir semua sih sudah dilakukan, cuma baru tahu klo menutup bersin itu dengan lengan bahu lhoo..hihi
    makasih yaa sharingnya

    Balas

    • Mariana

      6 Juni 2016 at 1:26 pm

      Iya mbak. . Semoga bermanfaat

      Balas

  8. momogrosir

    6 Juni 2016 at 10:14 pm

    semoga dengan perilaku bersih maka anak jd sehat terus

    Balas

    • Mariana

      6 Juni 2016 at 10:35 pm

      Iya mbak.. menjaga anak dengan Phbs tentu penting

      Balas

  9. Roosvansia

    7 Juni 2016 at 8:20 pm

    Aku suka sebellll sama orang yang suka buang sampah sembarangan hahahhaha. Jadi aku suka jadi penampung sampah, khususnya bungkus permen. Tapi diperkampungan belakang rumah, jangankan bisa cuci tangan setelah BAB, abis makan aja asal banget buang sampah ke kali *sigh.

    Balas

    • Mariana

      8 Juni 2016 at 7:36 am

      Besok kalau ketemu nitip bungkus permen ah hehehe
      Kalau di desa emang gitu, udah penyuluhan tapi masih tetep aja

      Balas

  10. Jarwadi MJ

    8 Juni 2016 at 7:57 am

    ini kelak kamu praktekin kamu ajarin ke anak2 kamu. coba akan mudah apa engga? hehe

    Balas

    • Mariana

      8 Juni 2016 at 11:04 am

      kalau sedini mungkin dibiasakan semoga menjadi kebiasaan baik mas

      Balas

  11. Pendar Bintang

    8 Juni 2016 at 8:37 am

    Saya yang gak rajin ber-olah raga…pola hidup sehat itu memang susah padahal dari melakukan hal-hal kecil saja ya…

    Balas

    • Mariana

      8 Juni 2016 at 11:06 am

      emang susah mbak kalau belum biasa.. semoga mulai dari hal kecil bisa jadi kebiasaan rutin ya mba

      Balas

  12. Lidya

    8 Juni 2016 at 11:11 am

    jadi keingetan aku belum beli batere timbangan yg habis nih

    Balas

    • Mariana

      8 Juni 2016 at 11:13 am

      sengaja gak beli ya mbak? takut nimbang berat badan sendiri kalau naik kan lebih serem #opsss

      Balas

  13. Ayaa

    8 Juni 2016 at 12:03 pm

    Budaya cuci tangan yang harus gencar karena kalo di kampung, anak2 suka banget mainan pasir. Eh satu lagi, mengajarkan anak untuk memakai sandal kalo main 😀

    Balas

    • Mariana

      8 Juni 2016 at 12:08 pm

      nah itu mak.. aku dulu waktu kecil maen bawa sendal tau2 lupa sendal dimana. . mungkin harus dibeliin sendal kesayangan deh, biar anak2 mau pakai sendal

      Balas

  14. Salman Faris

    8 Juni 2016 at 8:32 pm

    Sederhana namun masih banyak yang belum dilakukan karena sosialisasi masih kurang. Dan Mariana menjelaskan dengan lengkap dan jelas.

    Balas

    • Mariana

      8 Juni 2016 at 9:23 pm

      Iya salman.. sesederhana ini jika bisa dilakukan dengan rutin akan jadi luar biasa. Kebetulan pas KKN dulu ada program PHBS

      Balas

  15. Okti Li

    8 Juni 2016 at 10:48 pm

    Sayang anak sayang anak…
    anaknya disuruh 13 point ini, emaknya cuma 11 aja, hahaha…
    maapkeun emakmu ini Nak…

    Balas

    • Mariana

      8 Juni 2016 at 11:02 pm

      Hahaha 13 point kalau udah jadi kebiasaan gak berat kok mbak.. yang penting terbiasa saja.

      Balas

  16. lubena ali

    9 Juni 2016 at 11:35 am

    Asa karena biasa sih … kalau terbiasa hidup sehat dan bersih kayaknya tips2 ini mudah tapi yang terbiasa slebor yah susah..:)

    Balas

    • Mariana

      9 Juni 2016 at 1:00 pm

      iya mbak.. pela-pelan dikit sedikit aja dulu, yang penting kalau sudah biasa akan jadi kebiasaan 🙂

      Balas

  17. leli

    9 Juni 2016 at 3:22 pm

    iyaaa ini hal hal simple yang harus di kenalkan ke anak sejak kecil supaya terbiasa yaa 😀

    Balas

    • Mariana

      9 Juni 2016 at 3:23 pm

      iya mbak.. ayo sedini mungkin kenalkan ke anak

      Balas

  18. Widyanti Yuliandari

    9 Juni 2016 at 8:43 pm

    Seneng banget ada blogger yg tulis ini. Ini menjadi salah satu tugas di kantorku. Dan sebagai PNS di kabupaten kecil yang bisa dibilang rada tertinggal, PHBS bukan hal mudah untuk menjadi kebiasaan. TFS

    Balas

    • Mariana

      9 Juni 2016 at 9:28 pm

      Toss mbak. Daku pas KKN dan pengabdian masyarakat didaerah aja kayak udah nyerah aja soalnya ya begitu, penyuluhan tentang kesehatan kadang sering diabaikan hiks

      Balas

  19. ina

    10 Juni 2016 at 3:52 pm

    alhamdulillah ya..anak sy 4,5 th udah tahu kebersihan…maklum sering dicerewetin..apalaki klu cuci tangan..lama banget,,pake naik ke atas kursi krn belom sampe ke wastafel…klu liat sampah bawaannya naruh ke tong sampah

    Balas

    • Mariana

      10 Juni 2016 at 5:41 pm

      Wah anak pintar ya. . Bunda ayahnya pasti seneng banget.

      Balas

  20. Indah Primadona

    26 Juni 2016 at 5:33 am

    ngajak makan sayur dan buah nih masih susah >_<

    Balas

    • Mariana

      26 Juni 2016 at 7:04 pm

      Adik saya juga gitu mbak, kalau makan gak mau pakai sayur..

      Balas

  21. Helena

    1 Agustus 2016 at 12:29 am

    Cuci tangannya masih bolong-bolong nih. Seringnya cuma pakai air.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…