Home Kesehatan 6 Makanan yang Harus Kamu Hindari Jika Sakit Maag

6 Makanan yang Harus Kamu Hindari Jika Sakit Maag

4 Menit Estimasi Baca
38
0
sakit maag

Kamu sering sakit maag? Sering kambuh atau kadang-kadang ? Mungkin karena banyak aktivitas bisa jadi Maag kamu kambuh, lupa makan sehingga menyebabkan asam lambung naik. Salah makan juga bisa bikin Maag kambuh lho, ada beberapa makanan penyebab sakit maag kamu kambuh. Jadi faktor Maag kambuh gak hanya karena telat makan saja, bisa jadi karena salah makan yang kamu makan ternyata menyebabkan Maag. Dan 6 Makanan ini harus kamu hindari jika sakit Maag.

Sekilas Tentang Sakit Maag

Maag adalah gangguan lambung yang banyak diderita di Indonesia, terutama wanita. Rasa kembung, perih, mual dan perasaan ditusuk-tusuk pada bagian lambung dan ulu hati membuat aktivitas terganggu.

Penyebab Maag

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah penyakit yang terjadi karena terjadinya luka atau radang di bagian dalam lambung. Penyebab gangguan ini adalah mengkonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan asam lambung diproduksi lebih banyak, stres, pola makan tidak teratur, mengkonsumsi alkohol, kurang tidur dan sebagainya.

Penderita maag digolongkan menjadi beberapa bagian sesuai tingkat parah tidaknya maag, ada maag ringan, maag sedang, maag kronis bahkan menyebabkan kanker lambung.

Saya Terkena Maag

Saya pernah mengalami gejala perih dan panas pada perut pada tahun 2009, itu tahun pertama saya menjadi anak rantau sekaligus anak kos. Jauh dari keluarga, biasanya makan disediain tinggal makan sepulang sekolah. Pas udah ngekos mungkin kaget karena gak biasanya nyari makan sendiri. Dan, buat kalian yang belum pernah ngekos, nyari makanan sendiri dan dimakan sendiri itu lebih membingungkan daripada ngerjain soal ujian PPKN yang pilihan jawabannya ab benar, ac benar atau abc benar semua itu. Yang udah pernah ngekos pasti udah ngrasain gimana bingung dan malesnya nyari makan.

Mungkin saat saya merasakan gejala Maag itu adalah fase awal, saya mengalami mual, perut berasa penuh padahal belum makan, kembung berasa ada gas di dalam dan ulu hati terasa sakit hingga menusuk ke belakang, gak cuma itu aja sih badan saya jadi merasa lemas. Akhirnya saya memutuskan untuk ke Poliklinik di RS Semarang untuk memeriksakan gejala yang saya alami. Pas ditanya dokter Penyakit Dalam mengenai gejala yang saya bilang itu, dokter langsung menyuruh saya melakukan cek darah laboratorium untuk memastikan apakah gejala yang saya rasakan ini adalah benar-benar Maag atau bukan. Karena pada dasarnya, Maag itu harus diperiksa laboratorium untuk memastikan juga bagaimana kondisi ginjalnya.

Setelah 1,5 jam saya menunggu, akhirnya hasil lab saya keluar dan saya menanyakan ke dokter mengenai hasilnya dan ternyata benar, saya terkena Sakit Maag dan pada saat itu Ginjal saya masih baik-baik saja belum tersenggol sama Maag. Untuk mengecek apakah kondisi Lambung sudah tergores atau belum harus melakukan pemeriksaan Endoskopi.

Dan dari situlah saya mulai sering menjaga kesehatan saya karena saya takut sakit saat berada di kos. Namun ternyata meskipun kita tetap gak telat makan dan Maag jadi gak kambuh, ada faktor lain yang menyebabkan Maag yaitu dari makanan yang kita makan. Nah lho. Udah makan rutin tapi bisa bikin Maag kambuh atau perut kembung karena kebanyakan gas.

Makanan Yang Harus Dihindari Jika Sakit Maag

Ada 6 Makanan Yang Harus Dihindari Jika Sakit Maag, bukan gak boleh makan sama sekali ya tetapi jangan terlalu sering ajah sih kalau saran aku, karena di dalam makanan ini meskipun jadi momok buat kamu yang sakit maag ada beberapa makanan yang banyak nutrisinya buat tubuh kita. Jadi, ini hanya menyarankan untuk hidup yang lebih sehat ya, bukan melarang tetapi ini adalah salah satu cara untuk menghindari kambuhnya sakit maag yaitu dengan menjaga pola makanan.

  1. Makanan Masam atau Makanan Pencetus Asam Lambung
    Makanan masam dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Contoh makanan masam adalah Kopi, Susus full cream, Minuman beralkohol 5-20%, Anggur putih dan Sari buah sitrus.

    foto by fieldtoforkorganics
  2. Makanan Bergas
    Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan jenis ini. Contoh makanan yang menghasilkan gas diantaranya Kol, Sawi, Lemak, Nangka, Pisang Ambon, Kedondong, Buah yang dikeringkan dan minuman yang bersoda.
  3. Makanan Sulit Dicerna
    Jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, sehingga konsumsi yang berlebih dapat membuat kerja lambung makin berat. Beberapa makanan yang sulit dicerna antara lain makanan berlemak, kue tart dan keju.

    foto by tribunnews
  4. Makanan Merusak Lambung
    Makanan yang pedas, cuka, merica dan asam berlebih dapat melukai lambung. Yang suka banget makan makanan yang pedas apalagi kalau cabenya banyak sangat terasa nikmat ya, kalau enggak ada pedasnya berasa ada yang kurang. Perlu hati-hati ya.
  5. Makanan Sumber Karbohidrat
    Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Misalnya beras ketan, Mie, Bihun, Bulgur, Jagung, Singkong, Tales dan dodol.
  6. Makanan Merusak Kerongkongan
    Jenis makanan yang dapat merusak kerongkongan Coklat dan gorengan.

Kalau saya sih emang dari dulu menghindari makanan diatas, pernah coba sesekali makan sayur nangka tapi tiap sering. Saya juga kadang-kadang aja minum susu coklat, tapi habis itu tetap makan berat biar gak kembung. Kalau pedas, untungnya sih aku gak suka pedas, jadi aman lah cabe di kulkas.

Bagaimanapun menjaga pola makanan itu perlu apalagi tujuannya agar tubuh kita tetap sehat. Nah apa salahnya mulai sekarang kita biasakan hidup sehat, jika sakit maag sedang melanda sebaiknya hindari makanan diatas. Sakit Maag itu akan muncul kalau kambuh saja, jadi untuk kita sendirilah yang bisa mengantisipasi maag itu sendiri. Maag akan sembuh jika kita menjaga pola makan kita.

 Salam Sehat 🙂

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

38 Komentar

  1. Eryudya

    15 April 2016 at 2:36 pm

    Dan semua itu makanan kesukaan sayaaa hahaahahaha.. pantaslah ini asam lambung gak sembuh2

    Balas

    • Mariana

      15 April 2016 at 2:38 pm

      sama mak.. sayuran itu aku suka semuanya. mesti dijaga nih biar gak kambuh lagi

      Balas

  2. Ety Abdoel

    15 April 2016 at 2:37 pm

    Makanan pedas itu susah menghindari nya Mba. Qiqiqi.

    Balas

    • Mariana

      15 April 2016 at 2:39 pm

      banget. Gak nampol kalau gak pedes.

      Balas

  3. Herva Yulyanti

    15 April 2016 at 2:58 pm

    Dulu saya maag kronis makan nangka langsung kumat hehehehe ga tau klo nangka itu bergas y mba 🙂

    Balas

    • Mariana

      15 April 2016 at 3:04 pm

      aku makan nangka paling satu atau dua ajah.. dulu waktu belum tau juga perut rasanya kembung gitu mba

      Balas

  4. Rosid

    15 April 2016 at 3:19 pm

    Kalau duren gimana, Kakak? 😀

    Balas

    • Mariana

      15 April 2016 at 3:22 pm

      beliin sini ya. kalau sekali-kali boleh lah yaaa makan duren :)))

      Balas

  5. TITIS AYUNINGSIH

    15 April 2016 at 6:00 pm

    Alhamdulilah gak punya sakit maag, share yang bermanfaat mbak

    Balas

    • Mariana

      15 April 2016 at 8:45 pm

      alhamdulillah tis kalau enggak punya.. tetep jaga kesehatan

      Balas

  6. Evi

    15 April 2016 at 9:08 pm

    Kalau sudah terkena Mag gak enak banget deh. Waktu remaja saya juga mengidapnya. Memang harus saat terkena makanan harus dijaga banget ya Mbak 🙂

    Balas

    • Mariana

      15 April 2016 at 9:11 pm

      Iya mbak. Masa remaja emang sering banget kena maag. Jaga kesehatan terus ya mbak

      Balas

  7. Ratna Dewi

    15 April 2016 at 11:28 pm

    Aku punya maag, tapi tiap pagi minum jeruk nipis peres hangat tiap pagi, alhamdulillah nggak sering kumat maagnya.

    Balas

    • Mariana

      16 April 2016 at 8:50 am

      Itu salah satu obat juga mbak biar asam lambung gak tinggi. Kalau aku sih dulu pernah nyoba lemon, tapi sayang gak bisa rutin tiap pagi

      Balas

  8. Mama Keizha

    4 Mei 2016 at 11:42 pm

    dulu aku pernah kena maag … dikasih resep tepung kanji dijadikan spt bubur gitu trus tambahin gula merah dikit sebagai pemanis, konsumsi tiap pagi sebelum makan makanan yg lain… alhamdulillah sembuh

    Balas

    • Mariana

      5 Mei 2016 at 12:06 pm

      pernah denger juga bubur tepung kanji ini ampuh atasi maag.. alhamdulillah kalau sudah ada bukti sembuh, jadi bener kata saodara soal ini

      Balas

  9. Naqiyyah Syam

    6 Mei 2016 at 4:25 am

    Saya juga suka kena maag aduuh penyakit langganan hiiks

    Balas

    • Mariana

      7 Mei 2016 at 11:30 am

      Jangan sampai jadi langganan mbak

      Balas

  10. nanie

    6 Mei 2016 at 9:27 am

    aduh saya banget ini, dulu pernah kena asam lambung karna selalu telat makan. Pantangannya banyakkkk dan yang jd masalah karna favorit semua :))

    Balas

    • Mariana

      7 Mei 2016 at 11:30 am

      Harus rela berkorban pokoknya kalau mau sehat, termasuk sama makanan

      Balas

  11. cumilebay.com

    11 Mei 2016 at 6:21 am

    Itu kenapa makanan yg gw sukain semua yg harus di hindari, tapi alhamdulillah gw ngak punya maag cuman kalo pagi aja suka mual asam lambung naik

    Balas

    • Mariana

      11 Mei 2016 at 6:30 pm

      Sangat biarkan asam kambung naik terus kak.. hidup sehat yuk

      Balas

  12. RaisaHakim

    13 Mei 2016 at 12:46 pm

    Saya juga punya maag nih, tapi susah juga hindari makanan-makanan diatas apalagi makanan pedas saya suka banget gak nyangka makanan pedas ternyata merusak lambung. Hiks…Hiks….

    BTW makasih ya untuk artikelnya yang keren saya kunjungi balik nih, hehe

    Balas

    • Mariana

      13 Mei 2016 at 12:49 pm

      dikurangin aja mbak, dikit dikit. emang kalau udah suka gitu susah kalau mau langsung lepas, sama kayak cinta pertama #ehh maksudnya suka yang pedes2

      Balas

  13. Susindra

    16 Mei 2016 at 10:00 pm

    Alhamdulillah saya cukup sehat Mbak. Semoga tidak kena penyakit lambung deh ya. Ribet jika harus menghindari semua makanan itu

    Balas

    • Mariana

      17 Mei 2016 at 10:30 am

      alhamdulilah mbak.. makanan ini rata2 kesukaan orang semuanya ya, tapi kalau udah kena maag sebisa mungkin harus dikurangi biar asam lambung gak naik

      Balas

  14. Indra3h

    16 Mei 2016 at 10:04 pm

    Aduh… ribet juga ya,
    biasanya saya tak terlalu memperhatikan makanan apa ketika mag. ternyata banyak makana yg harus dihindari

    Balas

    • Mariana

      17 Mei 2016 at 10:29 am

      untuk menjaga agar gak sering kambuh aja mak.. kalau keseringan kambuh gagara asam lambung naik habis makan makanan ini kan repot juga hihihi

      Balas

  15. Bibi Titi Teliti

    18 Mei 2016 at 7:00 am

    Aku kalo keseringan minum kopi sorenya suka jadi kembung niiih,…

    Tapi agak susah kalo gak ngopi hehehe..
    Dan sukaaa banget makanan yang pedes2 *duh*

    Sepertinya harus dikurangin sedikit2 nih, makasih share-nya yaaaah :))

    Balas

    • Mariana

      18 Mei 2016 at 10:00 am

      siapp mbak,, sedikit demi sedikit yaa

      Balas

  16. berkah khair

    18 Mei 2016 at 2:12 pm

    padahal aku suka bngt dengan sambal, susah jga ya dengan penyakit maag ini

    Balas

    • Mariana

      19 Mei 2016 at 10:38 am

      dikurangin mbak .. tetep jaga kesehatan ya

      Balas

  17. reni dwi astuti

    18 Mei 2016 at 2:28 pm

    emang kalo sudah kena maag nggak enak banget…makanya aku berusaha untuk makan secara teratur

    Balas

    • Mariana

      19 Mei 2016 at 10:39 am

      semoga bisa tetep menjaga kesehata ya mba, kalau sakit maag gak enak banget emang mau aktivitas terganggu

      Balas

  18. Ipeh

    16 Juni 2016 at 12:11 pm

    Saya bahkan sampai dibuatkan list makanan apa saja yang tidak boleh dari dokternya. Satu-satunya makanan yang boleh, selain yang di list dari dokter, cuma labu siam :D.

    Jadi sekarang suka hati2 banget kalau memilah makanan 🙂

    Balas

    • Mariana

      17 Juni 2016 at 10:29 am

      iya mbak.. aku sama kakek juga gitu, soalnya aku sama kakek sama-sama punya Maag jadi kalau mau masak mesti milih 🙂

      Balas

  19. Prita Hw

    17 Oktober 2016 at 11:54 am

    kalau aku penyuka pedas nih mbak, baru brenti kalo sakit perut 🙁 waduh mesti waspada nih. TFS yah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…