Home Kesehatan 5 Manfaat Minyak Lavender untuk Kesehatan

5 Manfaat Minyak Lavender untuk Kesehatan

2 Menit Estimasi Baca
0
0
0
Manfaat Minyak Lavender

Berada di tengah ladang lavender dengan hamparan warna ungu dipercaya memberikan rasa tenang dan bahagia bagi siapa saja. Itu bukan hanya karena nuansanya yang indah di sekeliling tubuh kita, tapi juga aroma wangi dari lavender itu sendiri.

Aroma bunga lavender yang khas sering menjadikannya sebagai bahan pewangi atau parfum yang cocok baik bagi kaum pria maupun wanita. Tidak hanya itu, sebagaimana telah disebutkan di paragraf pertama, bunga lavender (Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia) juga kini banyak diekstrak menjadi minyak yang memiliki manfaat alami untuk kesehatan.

Berikut ini adalah 5 manfaat minyak lavender untuk kesehatan;

Menenangkan

Menenangkan saraf yang tegang menggunakan aroma minyak lavender merupakan cara yang efektif dan alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup lavender hingga 60 menit sehari, setiap hari, dapat membantu mengurangi rasa cemas, mudah marah dan depresi, terutama pada saat kondisi emosi dalam tekanan tinggi.

Mengurangi migrain dan rasa sakit kepala

Mengendus minyak lavender telah terbukti sangat efektif dalam mengurangi migrain dan sakit kepala. Untuk hasil yang lebih baik bisa dicampur dengan minyak pappermint. Gosokkan minyak di bagian belakang leher Anda. Jika Anda seorang penderita migrain, penelitian (karger.com: Lavender Essential Oil in the Treatment of Migraine Headache: A Placebo-Controlled Clinical Trial)menunjukkan bahwa jika Anda mengendus setiap hari selama 15 menit, frekuensi migrain akan berkurang.

Mengatasi Insomnia

Semprot ruangan dengan minyak/parfum lavender atau menaruh beberapa minyak pada sepotong kecil kapas/kain dan menempatkannya di bantal. Aroma lavender dapat memberikan rasa rileks dan tenang saat tidur. Karena lavender sangat menenangkan dan sangat bagus untuk mengurangi stres dan kecemasan, secara alami, ia juga dapat menenangkan otak kita di malam hari sehingga kita bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Mengobati kondisi luka pada kulit

Lavender dikenal secara luas akan sifat antimikrobanya yang berarti itu bagus untuk menjaga kecantikan dan perawatan kulit, terutama mengobati luka bakar, ruam, dan infeksi jamur/bakteri. Penggunaan minyak lavender sangat cepat dan efektif dalam membantu mengobati luka bakar, eksim dan luka. Juga, ketika dicampur, dan dihirup, sangat bagus untuk membantu pada masalah dada dan paru-paru, seperti masuk angin dan pneumonia.

Sebagai anti-oksidan

Tubuh kita perlu menciptakan enzim yang melindungi kita dari penyakit. Karena racun di udara yang kita hirup dan makanan yang kita makan, tubuh kita tidak mendapatkan asupan yang tepat, atau bahkan cukup. Minyak lavender membantu tubuh kita menciptakan enzim anti oksidan yang sangat kuat. Tidak hanya itu, minyak lavender juga membantu melindungi sel-sel kita dari kerusakan lebih lanjut.

Itulah 5 manfaat dari minyak lavender untuk kesehatan yang sekiranya bisa menjadi alasan logis kenapa kita perlu siap sedia minyak lavender di kotak P3K. Semoga bermanfaat.

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…