Home Kesehatan 10 Cara Sembuhkan Insomnia

10 Cara Sembuhkan Insomnia

3 Menit Estimasi Baca
18
0
2

Banyak diantara kita yang sering mengalami kesulitan tidur, sudah mencoba segala cara tapi tetap aja gak bisa tidur, dan ternyata itu merupakan penyebab insomnia. Apa yang kita lakukan di jam menjelang waktu tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Jika kamu tegang , cemas dan memiliki banyak pikiran, pikiran yang berjalan melalui pikiran kamu akan membuatkamu terjaga dan jika kamu belum cukup santai sebelum tidur, itu juga akan membuat kamu gak bisa tidur.

Buat kamu yang mengalami insomnia sehingga kualitas tidur malammu terganggu, yuk baca 10 cara sembuhkan insomnia agar mendapatkan tidur yang baik di malam hari.

1. Hindari makan makanan besar terlalu dekat dengan waktu tidur

Jika kamu makan makanan besar terlalu dekat dengan waktu tidur, makanan akan duduk di perut dan tubuh Anda akan mengalami kesulitan mencerna makanan ketika kamu berbaring. Untuk menghindari gangguan pencernaan di malam hari, kamu harus berusaha untuk makan makanan utama setidaknya tiga jam sebelum kamu pergi tidur.

2. Redupkan lampu di malam hari

Ini adalah satu cara sederhana namun bermanfaat. Ketika itu mulai gelap, tubuh memproduksi melatonin, yaitu hormon yang membuat kamu tidur. Jika kamu memiliki lampu terang di rumah, hormon tidak akan terwujud, sehingga kamu tidak akan siap untuk tidur ketika akan pergi tidur. Meredupkan lampu di malam hari akan membuat tubuh segera tidur.

3. Matikan komputer dan tablet

Tips sederhana lain tentang cara tidur lebih baik di malam hari adalah dengan mematikan komputer dan tablet. Layar backlit yang digunakan di sebagian besar komputer dan tablet memancarkan cahaya yang cukup untuk mengganggu produksi melatonin. Layar pada perangkat yang menyalakan tidak begitu banyak masalah, tapi layar komputer standar akan merangsang otak dan membuat kamu terjaga. Hindari menggunakan komputer untuk setidaknya setengah jam sebelum pergi tidur.

atasi insomnia
foto by herbalogi

4. Jangan mengkonsumsi kafein

Efek stimulan kafein berlangsung selama lebih lama dari yang kamu sadari. Kamu mungkin berpikir bahwa secangkir kopi pada pukul 6 malam tidak akan membuatkamu  terjaga, tapi kafein yang masih akan berada di tubuh kamu merangsang otak pada pukul 1 di pagi hari. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah tidak minum kafein sama sekali setelah sekitar pukul 2 siang, dan kamu punya banyak waktu agar kafein keluar dari tubuh.

5. Tulis daftar semua masalah kamu

Hal ini dapat membantu, jika pikiran mengganggu yang membuat kamu terjaga di malam hari, tuliskan daftar kekhawatiran kamu. Ketika knda pergi ke tempat tidur, akan bisa tidur lebih nyenyak mengetahui bahwakamu memiliki segalanya di bawah kontrol.

foto by bet interior

6. Turunkan suhu

Tips sederhana lain tentang cara tidur lebih baik di malam hari untuk sedikit menurunkan suhu. Salah satu pemicu yang memberitahu tubuh kamu sudah waktunya untuk tidur adalah pengurangan suhu tubuh. Membuka jendela, baik di kamar tidur dan di ruang tamu rumah, ketika kamu mulai merasa dingin di malam hari, tubuh akan mulai mempersiapkan diri untuk tidur.

7. Coba sedikit peregangan ringan

Sebuah latihan atau gerakan-gerakan berat sebelum tidur adalah bukan ide yang baik, karena itu akan meningkatkan denyut jantung, tetapi sedikit peregangan ringan akan membantu untuk mengendurkan otot akan membuat kamu merasa mengantuk. Cobalah latihan peregangan beberapa gerakan sebelum kamu bersiap-siap untuk tidur dan itu akan membuat tubuh kamu merasa lebih santai

8. Mandi air panas

Mengambil mandi air panas di malam hari adalah cara yang diketahui baik untuk membuat badan rileks dan siap untuk tidur. Mandi air panas sekitar satu jam sebelum waktu tidur, karena tubuh akan perlahan-lahan mendingin lagi, itu akan mngeluarkan s melatonin ke dalam sistem tubuh. Untuk ini harus benar-benar efektif, kamu harus menghabiskan sekitar setengah jam di kamar mandi, sehingga suhu tubuh  meningkat.

atasi insomnia
foto by kios kucing

9. Baca buku

Sama seperti ketika masih kecil, cerita pengantar tidur dapat membantu kamu cepet tidur, begitu juga ketika dewasa. Membenamkan diri membaca buku fiksi akan membantu untuk melupakan kekhawatiran dari dunia nyata dan itu akan menenangkan kamu. Hanya dengan dua puluh menit membaca buku.

10. Hindari minum alkohol di malam hari

Awalnya alkohol akan membuat kamu merasa mengantuk, telah terbukti bahwa itu mengurangi kualitas tidur. Jika kamu minum alkohol di malam hari ada kemungkinan bahwa kamu hanya akan tidur ringan, atau akan bangun lagi di malam hari.

sembuhkan insomnia
foto by fimela

Bagaimana? sudah menemukan cara yang terbaik kah untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik? Semoga bermanfaat yaa.. dan jangan begadang 🙂

sumber :http://www.beautyandtips.com/

Lihat Tulisan Berkategori Kesehatan

18 Komentar

  1. Irawati Hamid

    22 Desember 2015 at 5:19 am

    yang sering saya lakukan agar segera terlelap adalah membaca buku, setelah mulai mengantuk barulah matikan gadget dan matikan lampu 🙂

    Balas

    • Mariana

      22 Desember 2015 at 5:24 am

      hihihi.. masing2 punya cara sendiri ya mak. Kalau udah kebiasaan kalau mau tidur jauh sama gadget dan matikan lampu. .

      Balas

  2. Hilman

    22 Desember 2015 at 5:22 am

    Kadang saya pingin jadi orang Insomnia tapi sy orangnya ternyata mudah tidur, kopi kopi tidurmah tidur aja, bahkan saat gelisah tidur adalah solusi agar bisa tenang emosi…..

    Balas

    • Mariana

      22 Desember 2015 at 5:25 am

      top markotop… aku kopi dikit disiang hari aja melek sampai malam.
      aku mah apa atuh 🙁

      Balas

    • slamsr

      23 Desember 2015 at 7:43 am

      tos sama bro hilman

      Balas

  3. turiscantik

    22 Desember 2015 at 5:25 am

    pas banget neh buat saya yang insomnia

    Balas

    • Mariana

      22 Desember 2015 at 5:27 am

      semoga membantu ya mbak.. aku duku juga insomnia. tapi alhamdulillah sembuh

      Balas

  4. Widy Darma

    22 Desember 2015 at 6:54 am

    aku justru anaknya pelor alias nempel bantal langsung molor. hitungan menit udah pules. hwehehehee…. tapi malu juga sih, jadi suka diledekin temen-temen/keluarga. enaknya bisa tidur dimana aja, kapan aja, bahkan berdiri di transportasi umum juga bisa tidur.

    Balas

    • Mariana

      22 Desember 2015 at 7:08 am

      hahaha.. enaknya langsung pelor ya, nempel langsung molor. Aku kalau udah capek juga pelor mbak, di busway pernah padahal lagi berdiri senderan tiang hihihi

      Balas

  5. Arif Rahman

    22 Desember 2015 at 8:04 am

    Hhhmmm… point nomor 3 tuh,

    Balas

    • Mariana

      28 Desember 2015 at 7:18 am

      yesss.. aku kalau mau beneran tidur cepet harus jauh2 dari gadget. kalau perlu mobile data-nya aku matikan

      Balas

  6. fanny fristhika nila

    22 Desember 2015 at 1:51 pm

    sesekali aku jg susah tidur, apalagi kalo siangnya smpt tidur siang :D.. kalo lg ngantor sih, biasanya malam pasti lelap krn udh capek dr paginya.. Tapi caraku utk bs tidur pas insomnia, biasanya malah ngeblog, ato baca2 blog org mba.. lama2 pasti capek, dan jd ngantuk 🙂

    Balas

    • Mariana

      28 Desember 2015 at 7:16 am

      aku kalau online keterusan mbak, jadi mending jauh2 sama yang berbau online

      Balas

  7. meutia rahmah

    22 Desember 2015 at 2:25 pm

    ah aku banget dulu insomnia tapi alhamdulillah udah udah mulai normal lagi jam tidurku..

    Balas

    • Mariana

      28 Desember 2015 at 7:14 am

      hihihi pengalamannya sama ya mbak. aku dulu juga susah banget tidur malam. . aku pakai beberapa trik ini biar bisa normal lagi boboknya 🙂

      Balas

  8. slamsr

    23 Desember 2015 at 7:44 am

    mungkin bisa mengatur jadwal tidur dan jam biologisnya mar
    alhamdulilah aku gampang tidur, merem dikit aja sudah bisa melayang.

    Balas

    • Mariana

      28 Desember 2015 at 7:11 am

      alhamdulillah sekarang aku udah mendingan mas, gak kayak dulu parah banget.

      hahaha hebat bener itu merem langsung melayang :)))

      Balas

  9. D Sukmana Adi

    4 Januari 2016 at 8:07 pm

    alhamdulllah tidak pernah insomnia, tapi malah sering tidur lebih awal dan insomnianya ketika jam 2-3 bangun g bs tidur sampe subuh, ini disebut insomnia bukan kak 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…