Home event Strategi Sukses Bisnis UKM Tembus Pasar Internasional

Strategi Sukses Bisnis UKM Tembus Pasar Internasional

8 Menit Estimasi Baca
4
0
7
strategi bisni ukm

Jakarta, 18 Juni 2016 Smesco sebagai lembaga layanan pemasaran UKM berupaya meningkatkan perannya dalam menjembatani UKM yang memiliki produk berkualitas menuju market yang kompetitif. Salah satu bentuk upayanya adalah menyelenggarakan acara bertajuk ‘Smesco Digipreneur Day’. Dalam acara tersebut berlangsung di Galeri Indonesia Wow, Smesco Indonesia, pelaku UKM mengungkap bagaimana strategi sukses bisnis UKM bisa tembus pasar internasional.

‘Smesco Digipreneur Day’ kali ini ada Video Coaching: One Shoot for UKM Go World menghadirkan profesional videografer Bening Kharisma Buwana dan Yosa Tobing untuk melatih teknis pembuatan video dan content promosi kepada netizen sebagai bentuk upaya memperkenalkan produk UKM lewat video. Obyek pengambilan gambar video adalah produk-produk yang telah terkurasi dan didisplay di Galeri Indonesia Wow, Gedung Smesco. Melalui pelatihan gratis ini penggiat media sosial dapat menciptakan karya video promosi yang menarik sehingga produk-produk UKM Smesco menjadi viral di Youtube dan media sosial.

Dipilihnya media audio visual dalam session ini karena perannya yang semakin diperhitungkan dan memberikan pengaruh  kuat dalam dunia promosi. Video marketing dinilai banyak kalangan pebisnis paling pas untuk menarik perhatian masyarakat. Apalagi penyebarannya melalui media sosial dan Youtube. “Disiniah peran Smesco menjadi jembatan bagi akselerasi UKM yang memiliki produk berkualitas di Smesco untuk tampil lebih maksimal,” imbuh Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-UKM) Ahmad Zabadi.

Ahmad Zabadi sangat mengapresiasi antusiasme dan keterlibatan kalangan digitalpreneur dan netizen dalam kegiatan ‘Smesco Digipreneur Day’. “Dari kolaborasi ini diharapkan dapat membangkitkan rasa memiliki dan tanggung jawab sekaligus menjadi inspirasi di kalangan digitalpreneur untuk memajukan produk UKM, khususnya di Smesco melalui karya video yang menarik dan informatif,” ungkap Zabadi.

Talkshow: One day, One Goal for UKM Go World  menghadirkan menghadirkan UKM Binaan Smesco yaitu Tajudin Maulana (pemilik Celana Sarung inovatif Tajmaul), Ahmad Rafik (pengusaha hijab Alls Scarf), praktisi digital marketing dari Bdigital yaitu Andi Silalahi dan Co-founder Jose Ricardo Santos, Rubie Limpoyie Co-founder startup ecommerce Apana.id, Nathan Roestandi dari Zulu.co.id serta Opid Adisuryo, Chief Marketing Officer Pawoon kasir apiikasi untuk UKM.

Strategi Sukses Celana Sarung Taj’Maul Tembus Pasar Internasional

Tajudin Maulana, pencetus ide membuat celana sarung dengan merk Taj’Maul ini punya strategi unik untuk mempromosikan celana sarung buatannya. Ide awalnya karena melihat pengguna kain sarun untuk ibadah adalah orang tua, dari situ terlintas bagaimana agar para remaja juga memakai sarung tanpa harus ribet, terkesan modis dan tetap trendy. Tajudin awalnya hanya memproduksi 10 pcs celana sarung untuk ditawarkan ke teman-teman terdekat, ternyata banyak yang suka dan banyak masukan.

Model Celana sarung Taj’Maul “Depan Sarung, Belakang Celana” ini juga pernah mengalami kesulitan saat promosi, karena modelnya seperti rok yang dipakai oleh perempuan-perempuan. Dari pemilihan bahan, belanja bahan, membuat brosur, membuat stricker, menjadi model celana sarung, pemotretan produk hingga pemasaran dilakukan sendiri oleh Tajudin Maulana kecuali menjahit, ada karyawan.

celana sarung
Celana Sarung Taj’Maul motif Kuning Strip Kuning Keci (foto by website Tajmaul)
celana sarung
Celana Sarung Taj’Maul Motif Merah Strimin Hitam (foto by website Tajmaul)

Yang membedakan celana sarung Taj’Maul dengan celana sarung yang lain adalah:

  1. Celana Sarung Taj’Maul terbuat dari bahan sarung asli dengan merk lokal yang sudah terkenal, bukan menggunakan bahan meteran.
  2. Jahitan Celana Sarung Taj’Maul rapi.
  3. Celana Sarung Taj’Maul yang asli bisa dilihat dari modelnya, yaitu Tajudin Maulana sebagai modelnya.
  4. Celana Sarung Taj’Maul ada retsleting, kancing, dan ada kantong yang praktis.
  5. Celana Sarung Taj’Maul bisa digunakan siapa saja, baik laki-laki atau perempuan ada ukuran S,M,L, dan XL
  6. Celana Sarung Taj’Maul tidak hanya 1 warna hitam saja, akan tetapi ada warna biru, kuning, oren dan lain-lain.
  7. Celana Sarung Taj’Maul bisa dilipat ke atas saat wudhu.

Hanya dengan bermodal kata-kata “Depan Sarung, Belakang Celana” untuk promosi, Celana sarung Taj’Maul sudah menembus pasar internasional, yaitu Korea dan Malaysia. Setiap pameran produk, bazzar, dan saat pelatihan Tajudin selalu membawa foto dan produk Celana Sarung agar orang bisa aman dan yakin saat ingin belanja online.

Celana Sarung Taj’Maul dijual secara online dan offline, untuk online menggunakan website, facebook dan instagram, sedangkan offline bisa langsung berkunjung ke Smesco. Celana Sarung Taj’Maul juga sudah dipakai oleh artis, diantaranya Ustad kembar serta keluarga Raul Lemos suami dari Krisdayanti. Yang unik, bukan Tajudin yang menawarkan untuk memakai Celana Sarung Taj’Maul, akan tetapi Ustad kembar lah yang datang langsung ke Tajudin untuk memakai Celana Sarung tersebut.

Celana Sarung Taj’Maul ini dibandrol dengan harga 150rb hingga 170rb. Terbuka untuk reseller dengan harga murah.

Tantangan Berbisnis Hijab All Scarf

Ahmad Rafik, sebagai pemilik Brand Hijab All Scarf menceritakan bagaimana gurihnya berbisnis Hijab yang selalu berganti-ganti model dan warna. Ide memulai bisnis hijab ini dari sang istri, tujuannya agar semua Muslimah bangga dengan hijab yang dipakai, dan terlihat indah serta bergaya namun tetap syar’i.

Ahmad Rafik (kiri) Owner Hijab All Scarf

Ciri khas Hijab All Scarf terletak pada material berkualitas yang digunakan dan desain yang menggunakan handmade seperti payet dan border yang dipadu padankan dengan hijab yang simple.

Strategi bisnis yang dijalankan untuk Hijab All Scarf ini menggunakan toko online, offline, ikut bazzar dan titip jual di tempat lain. Untuk penjualan online, Ahmad Rafik mempunyai akun sosial media dan website All Scarf, lewat sosial media tersebut, konsumen dapat melihat koleksi hijab dari All Scarf tanpa harus datang langsung ke butik. Toko online menjadi pilihan jika lokasi butik jauh dari tempat tinggal. Dengan penjualan online, biaya operasional lebih efisien karena hanya membayar biaya iklan. Untuk strategi penjualan titip jual di tempat lain, Hijab All Scarf memilih website e-commerce seperti Zalora, Hij up, muslim market dan lain-lain.

Untuk menjadi pengusaha, tips dari Ahmad Rafik ini adalah menciptakan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang lama, serta melakukan promosi baik di online atau offline. Karena bagaimanapun, konsumen lah yang akan mengambil keputusan, mau membeli atau tidak itu hak konsumen. Maka dari itu, Hijab All Scarf lebih mengutamakan kualitas hijabnya. Konsumen yang cerdas akan lebih memilih kualitas.

hijab all scarf

Hijab All Scarf pernah dipakai Fatin saat masih menjadi finalis X-Factor, namun selang beberapa hari Hijab tersebut sudah ramai dijual di Tanah Abang dengan merk Hijab Fatin. Ahmad Rafik tak patah semangat, meskipun produk hijab nya dibajak dengan harga yang murah, masih banyak konsumen yang mementingkan kualitas yaitu Brand Hijab All Scarf yang asli.

Model hijab sewaktu-waktu dan kapan saja berganti model, menjawab tantangan ini Hijab All Scarf juga memproduksi model hijab yang lagi ngetren saat ini, misalnya hijab Monochrome.

Keuntungan promosi produk secara online:

  1. Tanpa batas waktu. Belanja kapan saja bisa, karena sistem online bisa diakses selama konsumen punya koneksi internet.
  2. Tanpa batas tempat. Konsumen bisa belanja saat dimana saja, tidak perlu harus datang ke toko.
  3. Efisiensi biaya operasional. Tidak perlu sewa ruko, penjualan secara online cukup bayar iklan dan kuota internet.
  4. Kemudahan dalam strategi pemasaran produk. Konsumen bisa melihat semua jenis produk tanpa harus datang ke toko.
  5. Kemudahan pengelolaan sumber daya manusia mudah dan sederhana.
  6. Produktivitas meningkat
  7. Kemudahan pengawasan
  8. Pelayanan lebih fokus

Dalam hal ini, juga disampaikan oleh Andi Silalahi bahwa menggunakan market place atau media sosial adalah cara untuk menyambut konsumen secara luas. Berlaku untuk pelaku bisnis UKM harus mempunyai e-commerce agar produk yang dipromosikan bisa menjangkau konsumen dari luar negeri. Saat ini, total UKM yang ekspor hanya 1% dari China. Kekuatan website adalah membuat produk lebih dikenal dan lebih memungkinkan untuk ekspor skala besar.

Lain lagi dengan Pawoon yaitu Aplikasi Kasir Online berbasis Cloud Server. Aplikasi ini dibuat untuk membantu UKM dalam hal manajemen keuangan, persediaan barang dan CRM. Layanan yang Pawoon hadirkan telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masa kini. Selain data transaksi penjualan, Pawoon juga dilengkapi fitur untuk inventory management, sehingga pemilik bisnis tidak perlu khawatir akan terjadi potensi kecurangan yang dilakukan karyawan.

Target pengguna Pawoon adalah para pelaku bisnis, mulai dari sektor UKM, hingga yang bergerak di skala menengah, seperti bidang ritel, waralaba, Food & Beverage, Fashion, dan lain-lain. Dengan target 10.000 pengguna di akhir tahun 2016 ini, Pawoon memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memantau operasional bisnis mereka perhari, per minggu dan seterusnya. Pemilik bisnis dapat mengetahui statistik produk apa saja yang paling laku, jam-jam ramai pengunjung, sehingga pelaku bisnis dapat menentukan strategi penjualan yang lebih jitu dan menyajikan layanan yang lebih disukai dan dibutuhkan customer.

pawoon kasir online

Cukup download aplikasi Pawwon di Google Play Store, pelaku UKM sudah bisa menikmati seluruh kelebihan menggunakan Aplikasi Kasir online ini. Dan Pawoon juga sudah mengembangkan kerjasama dengan aplikasi pembukuan Indonesia nomor 1, Zahir. Hal ini memungkinkan UKM memiliki laporan keuangan sebagaimana dibutuhkan sbg syarat minimal pengajuan kredit ke bank.

Dengan aplikasi ini pelaku UKM mendapatkan:

  1. Keamanan terkait keuangan mereka karena setiap transaksi tercatat.
  2. Monitoring persediaan barang mereka secara up to date. Sehingga dapat melakukan perencanaan pembelian dengan baik.
  3. Memungkinkan analisa penjualan, seperti konsumen mana yang memiliki pembelian berulang dan juga analisa pola penjualan (lebih laku di jam berapa)

Strategi bisnis UKM yang bisa mendatangkan peluang konsumen secara luas adalah pelaku UKM harus punya website, dengan ini jangkauan lebih luas, mudah dan hemat waktu. Menggunakan media sosial untuk promosi produk salah satu langkah untuk membuka peluang bisnis. Karena sekarang era nya adalah era digital, apa-apa serba digital.

Lihat Tulisan Berkategori event

4 Komentar

  1. Widyanti Yuliandari

    22 Juni 2016 at 4:28 am

    Celana Sarungnya kece! Aww… yg kuning tuh keren banget. Coba ah… carii
    TFS ya 🙂

    Balas

    • Mariana

      22 Juni 2016 at 8:02 pm

      iya mbak, aku naksir yang oren nih sama merah

      Balas

  2. Sari Novita

    26 Juni 2016 at 8:37 pm

    lengkapp euy artikelnya….itu aku masih terngingan-giang dengan sarung Taj’maul..

    Balas

    • Mariana

      27 Juni 2016 at 11:32 am

      dibeli mbak, buat lebaran sekalian promosi ke sodara 😀

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…