Home event Melihat Potensi Bisnis UKM di Era Digital

Melihat Potensi Bisnis UKM di Era Digital

3 Menit Estimasi Baca
6
0
potensi ukm di era digital

Jakarta, Rabu (20/4) Pada Event Smesco DigitalPreneur Day dengan Tema “Sudahkah Anda Ber-Digital di Era Ini” membuka mata para pelaku UKM dan beberapa teman yang sedang menjalankan usahanya. Dalam acara tersebut, dibedah bagaimana Potensi Bisnis UKM di Era Digital saat ini.

Smesco merupakan salah satu aset atau biasa disebut dengan Rumahnya UKM. Siapa saja yang punya usaha dan produk bisa didaftarkan langsung ke Gedung Smesco tanpa dipungut biaya. Disana sudah banyak sekali produk UKM dari berbagai provinsi, masing-masing produk menonjolkan kekhasan wilayahnya, unik sekali melihat hasil kerajinan yang dipamerkan.

Namun, dari sekian banyaknya UKM yang ada di Indonesia masih ada 1600 UKM yang belum berdigital. Artinya, masih banyak pelaku UKM yang belum menggunakan media sosial atau website untuk mempromosikan produk unggulannya. Padahal diera saat ini, jual beli secara online sedang banyak dan rata-rata pembeli sekarang memilih untuk order via online.

Menurut salah satu peserta yang hadir, salah satu faktor kenapa mereka masih belum mau berdigital karena mereka mengira bahwa harga website it mahal, sekitar 10 juta. Dan baik pelaku UKM atau konsumen masih ada yang menganggap jual beli online itu banyak menipu. Masih bingung juga lho soal pembayaran nanti bagaimana. Semua point-point tadi dijawab tuntas oleh Andi Silalahi – Digital Practitioner ( The Winner of Google Award Southeast Asia 2010 for UKM), ia mengatakan bahwa website itu Rumah untuk UKM dan media sosial itu adalah jendelannya. Jadi pentingnya website untuk bagi UKM itu dapat menjangkau pelanggan dari berbagai negara. Pakai media sosial tahun ini lagi ramai, tapi tahun depan belum tentu masih ramai lagi akan tetapi apabila menggunakan website tahun ini masih belum ramai tahun depan dan seterusnya akan makin ramai. Karena yang akan mencari di internet bukan hanya orang indonesia saja, tapi akan dilihat oleh orang-orang luar negeri. Nah itulah penting website. Andi Silalahi juga menambahkan, jika sudah punya website jangan lupa 2 vitamin C yaitu Content dan Community.

potensi ukm di era digital
WAYANG

Andi Wiryawan – UKM Business Owner caristyle menambahkan tentang pentingnya website jika posting  produk kita atau pelanggan masih bisa melihat produk kita yang terbaru, akan tetapi jika hanya menggunakan media sosial postingan tentang produk kita akan tertimpa-timpa dan hilang. Selain website, yang paling penting yang harus dimiliki adalah email dan live chat, agar jika ada yang ingin berbelanja di website kita bisa langsung berinteraksi tanpa menunggu lama dan yang pasti gratis. Nah, foto produk juga penting ya. Foto tidak harus menggunakan kamera profesional, bisa memaksimalkan kamera smartphone. Sebisa mungkin pelaku UKM mempunyai foto produk semenarik mungkin, sehingga jika ada yang melihat foto tersebut tertarik untuk membeli mesti tidak menyentuh secara langsung.

Diakui oleh Jose Ricardos Santos – Co-Founder bDigital bahwa produk-produk UKM di Indonesia bagus-bagus. Dari foto-foto diatas mungkin kita bisa melihat kerajinan dan keunikan produk dari daerah masing-masing. Maka dari itu, mulai dari sekarang gunakan produk UKM dan cintailah produk dalam negeri. Indonesia begitu kaya akan kerajinan, bisa jadi tambahan koleksi dirumah.

ukm bengkulu
Terbuat dairi serat kayu – Provinsi Bengkulu

Ada 23 Kementerian yang mengurus UKM,  Menurut Bapak Ahmad Zabadi selaku Direktur Utama LLP-KUKM (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah ) “Di negeri kita ini begitu melimpah dengan hasil-hasil alam. Kopi, teh, kakao, rumput laut, kayu, rotan, serat-serat tumbuhan, rempah-rempah, perikanan, ternak, dan lain-lain. Jangan hanya dijual sebagai bahan mentah, tapi diolah untuk menghasilkan produk-produk dengan nilai tambah yang tinggi. Untuk semua itu dibutuhkan sentuhan pebisnis yaitu mulai dari kreativitas, memanfaatkan opportunity, mampu berproduksi, menghasilkan profit serta siap mental untuk terus bertumbuh.”

potensi ukm di era digital
booth bdigital langsung diserbu pelaku UKM untuk menanyakan website

Buat pelaku UKM yang ingin mendaftarkan produknya atau konsumen yang ingin membeli atau sekedar melihat-melihat kerajinan dari berbagai Indonesia bisa langsung mengunjungi Smesco Tower.

 

Lihat Tulisan Berkategori event

6 Komentar

  1. cumilebay.com

    11 Mei 2016 at 6:24 am

    Kebanyakan mereka takut nya itu urusan beli website yg mahal padahal murah dn bisa gratis hehehehehe

    Balas

    • Mariana

      12 Mei 2016 at 10:03 am

      Iya betul itu.. gak harus beli yang mahal, selama masih bisa gratis buat branding dulu

      Balas

  2. Irly

    31 Mei 2016 at 10:56 am

    Semoga para pelaku usaha kreatif makin maju ya.. agar produk yang bagus lebih didukung lagi dengan pemasaran yang mumpuni ^^

    Balas

    • Mariana

      31 Mei 2016 at 8:35 pm

      iya kak.. biar produk UKM lebih dikenal dan minat masyarakat membeli barang lokal semakin meningkat 🙂

      Balas

  3. Nurul Fitri Fatkhani

    4 Juni 2016 at 10:27 pm

    Wah.. para pelaku bisnis UKM bisa lebih maju jika ditunjang oleh website ini 🙂

    Balas

    • Mariana

      4 Juni 2016 at 10:31 pm

      Iya mbak. Biar produk daerah mudah didapat jika ada yang tertarik membeli

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…