Home Blog Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi Mulai dari Pendidikan

Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi Mulai dari Pendidikan

2 Menit Estimasi Baca
0
0
5

Rasanya mimpi mungkin kali ya setiap mendengar sebuah kalimat ‘Mewujudkan Mimpi Indonesia Bebas Korupsi’, gak ada salahnya juga kan ya kalau kita sebagai generasi muda penerus bangsa yang berbau harum berani punya mimpi Indonesia bebas korupsi. Ketika semuanya punya mimpi yang sama, ayo mari bersama-sama bergandeng tangan untuk mewujudkan mimpi itu.

Saya tidak tau sudah berapa banyak orang yang cedera karena kasus korupsi. Terlepas dari banyak atau sedikit pelaku korupsi itu, yang sangat perlu diantisipasi adalah generasi penerus kita. Bagaimana agar generasi penerus ini memiliki SDM yang berkualitas, bersikap jujur dan terbuka. Binaan sejak dini dalam dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan. Baik dari masing-masing guru, dari pihak Kepala Sekolah, lingkungan sekolah dan sekolah itu sendiri sebaiknya sudah diterapkan sikap jujur, terbuka dan transparan.


Pada tulisan citizendaily.net berjudul SMAN 76 Jakarta, Sekolah Pertama di Indonesia yang Siap Diaudit Akuntan Publik Sekolah sebagai lembaga yang mencetak SDM unggul di masa depan seharusnya menjadi bagian terpenting dalam proses pencegahan korupsi di Indonesia. “Program Tata Kelola Sekolah yang Baik sebagai dasar membangun budaya antikorupsi di sekolah menuju Indonesia bebas korupsi menjadi sangat penting untuk mencetak SDM unggul yang berbudaya antikorupsi,” ujar Bowo Prayitno, tenaga ahli pendamping SMAN 76, yang juga akuntan dari Synergy Icon Solution.”

“Prioritas utama memilih dunia pendidikan sebagai langkah awal mewujudkan Indonesia tanpa korupsi merupakan pilihan strategis. Sebab sekolah adalah lembaga yang menjadi “pabrik” sumber daya manusia unggul di masa depan.

“Diharapkan keterlibatan semua pihak untuk bisa lebih fokus pada pencegahan dan pendidikan antikorupsi, dengan tidak mengabaikan penindakannya juga. Sekolah akan menjadi zona integritas yang mengampanyekan budaya antikorupsi yang selanjutnya dapat mengajak pemerintah, masyarakat, dan perusahaan (melalui CSR-nya) untuk bahu-membahu menyukseskan program ini. “


Sebagai contoh, SMAN 76 Jakarta sudah memulai langkah kecil untuk membangun tata kelola sekolah yang baik, akuntabel, dan transparan dengan berani untuk siap di Audit. Dengan seperti ini, menunjukan bahwa masih ada instansi terutama pendidikan yang berlaku jujur dan transparan.

Mewujukan mimpi Indonesia bebas korupsi memang harus dimulai dengan beberapa gerakan dan aksi nyata dari masyarakat. Instansi pendidikan, instansi pemerintahan dan perusahan harus berani untuk di audit untuk mencegah terjadinya tindak korupsi sebelum generasi muda bangsa ini ikut-ikutan budaya buruk seperti ini.

Seperti Gerakan Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (GN-PK) yang merupakan gerakan permanen berskala nasional, sehingga diperlukan keanggotaan yang memiliki dedikasi, kredibilitas, komitmen dan keikhlasan yang tulus dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi.

gnpk

 

KPK, LSM, lembaga dan gerakan-gerakan yang terkait dengan pemberantasan harus berada di garda terdepan dengan melakukan penyuluhan yang membahas pengetahuan masyarakat adanya lembaga atau gerakan-gerakan lain yang mengajak mereka untuk bersatu bersama saling mengawasi lingkungan disekitar kita.

Misalnya, dengan melibatkan kepala sekolah menjadi anggota Lembaga atau gerakan pencegahan dan pemberantasan korupsi, artinya kepala sekolah akan menjadi agent dari dunia pendiikan untuk menginformasikan dan menerapkan tata kelola sekolah yang jujur dan transparan. Karena kepala sekolah-lah yang akan memberi pengaruh yang besar.

Sistem di Indonesia tentang pemberantasan korupsi sudah sangat bagus, namun korupsi ini sudah mengakar di birokrasi masyarakat. Adapun yang perlu dibenahi adalah hukuman bagi tindak pidana korupsi harus tegas dan membuat mereka dan masyarakat yang menonton tidak melakukan korupsi.

Sebagai generasi baru penerus bangsa yang berbau harum, sebaiknya kita turut mendukung gerakan-gerakan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi disekitar kita. Saling peduli, mengawasi dan mengingatkan.

Indonesia Bebas Korupsi adalah Mimpi Jika Kamu Tidak Peduli – Gita Wirjawan

Lihat Tulisan Berkategori Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…