Home Blog Tahun Baru 2014, Setiap Langkah Harus Terus Disyukuri

Tahun Baru 2014, Setiap Langkah Harus Terus Disyukuri

2 Menit Estimasi Baca
3
0
2

Tahun baru 2014, banyak orang menganggap spesial. Bagiku hanya biasa saja, kita hanya perlu ganti kalender yang terpajang di dinding rumah. Kebanyakan orang merayakan malam tahun baru dengan kumpul bersama orang tercinta dan menyalakan kembang api. Tahun ini tentu berbeda, aku menikmati pergantian tahun baru 2014 hanya dikamar kosan saja. Masa-masa kumpul bersama teman-teman, hura-hura, makan bersama nampaknya sudah terlewat. Ditahun-tahun sebelumnya, semenjak aku tinggal di Semarang bahkan aku sudah merasakan hal-hal seperti itu.

Selama di Semarang, aku merayakan malam pergantian tahun baru dengan temen kampus, tapi itu dulu. Masa dimana kita masih sama-sama kuliah. Dan tentunya, aku tak ingin mengulang kenangan malam tahun baru bersama mereka. Ah, sudahlah. Lupakan kenangan bahwa kita pernah bakar-bakaran ikan, makan bersama dan menikmati kembang api. Masa itu sudah lewat, aku sengaja melupakan semua itu, karena mereka lebih dulu melupakannya. Iya mereka.

Memaknai pergantian tahun baru 2014, aku seperti harus terus banyak belajar. Mungkin memang sudah dari dulu aku punya target, mungkin hanya target anak kecil yang sekedar ngomong. Akhir tahun 2013 kemaren, aku genap berusia 23 tahun (harusnya ganjil kan ya, kan 23. hehehe), kado istimewa dari ‘kamu’ yang spesial. Apa ? Ya ini, yang sedang kalian baca, kalian kunjungi ini. Tahun ini, aku harus banyak belajar dari orang-orang disekitarku, belajar dari masalah yang aku hadapi, belajar dari persoalan keluarga. Untuk apa ? Untuk modal membina keluarga kecilku kelak.

Awal tahun 2014, sebuah kado yang bener-bener harus aku syukuri. Alhamdulillah, aku akhirnya maju seminar proposal penelitian untuk tugas akhir kuliahku. Walau masih tahap pertama, masih ada tahap kedua dan ketiga aku sangat bersyukur sekali bisa mengajukan seminar. Pengennya cepet, tapi apa boleh buat, semua ada tahapanya. Dan aku harus mensyukuri setiap langkah yang aku raih setiap harinya.

Tahun ini, sudah bukan waktunya aku membuang-buang waktu untuk hal tidak penting. Sejak tahun lalu, sudah berusaha mengurangi kegiatan yang tidak ada manfaatnya. Ada manfaatnya mungkin, tapi manfaatnya lebih ke diriku sepenuhnya. Mulai memilah-milah, bukan sombong atau sok. Tapi, waktu aku bersenang-senang dengan komunitas, kopdar sana sini semua diikutin itu hal yang sudah pernah aku rasakan. Mungkin kalian juga seharusnya bersikap seperti ini, mulai selektif kepada hal-hal yang berkaitan dengan penting tidak penting, prioritas atau tidak bahkan menguntungkan atau tidak.

Tahun ini, aku harus menjadi pribadi yang baik. Meningkatkan kualitasku sebagai seorang perempuan. Berlatih untuk lebih sabar dan berlatih untuk sering-sering bersyukur setiap apa yang kita lalui dan raih setiap harinya. Ada istilah jawa begini ‘Ojo cedhak kebo gupak’ (jangan deket-deket kerbau kotor), karena nanti kita akan ikut kena kotor. Sebuah pesan untuk sebuah pertemanan, jika kamu bersama teman yang baik maka kamu akan baik pula.

Akan selalu ingat sebuah pesan dan doa dari teman kos lama. Percakapan yang menanyakan kelanjutan proposal penelitianku yang akan segera seminar,

Aku : Halo mbak 🙂

Mbak : Lagi sibuk apa ? gimana skripsinya ?

Aku : Kamis seminar proposal mbak, tadinya Senin tapi mundur Kamis

Mbak : Alhamdulillah, setiap langkah harus disyukuri

Maknyeess banget kan ya denger kata-kata ini. Memang kadang kita lupa ucap syukur, tapi Alhamdulillah banget, aku langsung diingatkan untuk mengucap syukur.

Semoga tahun 2014 memberi yang terbaik untuk aku dan kalian semua. Asal kita lakukan dengan berusaha dan semangat.

Lihat Tulisan Berkategori Blog

3 Komentar

  1. airyz

    3 Januari 2014 at 2:54 am

    tcaileeeeeeeehhhhhhhh udah my id aja boookkk

    Balas

  2. dian puspita

    6 Februari 2014 at 12:31 am

    mantab…. tahun baru semangat baru… 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…