Home Blog Pentingnya Kamera Ponsel: Karena Setiap Momen Itu Autentik

Pentingnya Kamera Ponsel: Karena Setiap Momen Itu Autentik

7 Menit Estimasi Baca
11
0
29
asus zenfone 2

Setiap hari, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik selalu ada momen di sekitar kita. Momen-momen tersebut ada yang direncanakan dan ada pula yang benar-benar mengejutkan. Bahkan, setelah direncanakan pun masih ada saja momen kejutan yang benar-benar tidak kita duga.

Bicara momen adalah bicara soal waktu dan kesempatan, dengan satu kesimpulan; tidak ada pengulangan. Itulah kenapa (mungkin) sebab adanya istilah “kesempatan tidak akan datang dua kali”. Begitu pula, banyak orang yang merasa kecewa ketika pandangannya melewatkan kejadian menarik. Misal, kita begitu kecewa luar biasa ketika menyaksikan sepak bola di stadion terjadi gol saat pandangan kita tidak fokus. Yang lebih mengecewakan lagi, tidak ada monitor raksasa yang menampilkan siaran ulang ketika gol terjadi. Ya, setiap momen itu memang autentik! Tidak akan terulang dan tak akan sama.

Belum lagi untuk setiap momen bersama orang-orang terdekat. Rangkaian kebersamaan yang disimpul oleh rasa suka dan duka tidak akan bisa terulang kembali. Sering kali momen indah itu hanya terekam oleh ingatan dan tidak semua momen tersebut bisa diingat detailnya. Sedih bukan, kalau momen berharga akan begitu cepat hilang dari ingatan. Ada yang pernah mengalami hal yang sama?

Tentu, saya dan semuanya tidak ingin kehilangan momen saat bersama dengan orang tercinta. Ada banyak cara orang untuk mengingat-ingat kembali momen atau kenangan saat bahagia bersama pasangan, sahabat atau keluarga. Ada yang menuliskan momen bahagia di buku diary, di status akun media sosial, atau di blog agar cerita-cerita tersebut bisa dibaca kembali, dan  dari tulisan tersebut kita bisa mengingat momen yang pernah dialami.

Berburu momen selfie dengan ASUS Zenfone 2 Laser di Pantai Parai Tenggiri, Sungai Liat, Bangka Belitung
Berburu momen selfie dengan ASUS Zenfone 2 Laser di Pantai Parai Tenggiri, Sungailiat, Bangka Belitung

Mungkin saya merasakan hal yang sama dengan yang lainnya, bahwa tulisan saja tidak cukup untuk membingkai momen menjadi sebuah kenangan. Bersyukur, di era yang modern ini kita bisa melihat kembali momen indah tak hanya dari tulisan. Dengan kecanggihan teknologi yang sudah ada, kita bisa mengabadikan momen berharga itu lewat benda yang hampir melekat setiap saat, bahkan menjadi sesuatu yang paling setia menemani, ya… ponsel.

Kamera ponsel tidak hanya memotret dengan menghasilkan foto saja tetapi juga bisa merekam aktivitas saya dengan menghasilkan sebuah video. Terlebih, perkembangan kamera ponsel dari waktu ke waktu semakin baik. Bahkan di tangan mereka yang professional, hasil jepretan nyaris menyamai potret hasil bidikan kamera digital DSLR atau Mirrorless.

Gara-gara ZenFone 2 Laser, pas mudik saja gak bisa liat view cakep dikit langsung ancang-ancang kamera ponsel
Gara-gara ZenFone 2 Laser, pas mudik saja gak bisa liat view cakep dikit langsung ancang-ancang kamera ponsel

Karena ponsel sudah jadi benda prioritas yang dibawa kemana-kemana pula, saya memilih mengabadikan berbagai momen yang ada di sekitar dengan kamera ponsel. Era sekarang, dengan harga yang terjangkau kita sudah bisa membeli ponsel yang sudah dibekali dengan kamera yang sudah bagus. Ini bukan berarti kita tidak membutuhkan kamera DSLR atau sejenisnya, tetapi untuk menangkap dan merekam momen berharga kita butuh waktu yang cepat, karena belum tentu momen itu akan terulang lagi. Ponsel yang kita pegang diharapkan dapat dengan cepat merekam foto atau video yang pas dan focus (tidak blur).

Untuk lebih dimudahkan dalam menangkap berbagai momen dengan cepat dan fokus, saat ini saya mempercayakan pada ponsel ASUS ZenFone 2 Laser yang sudah dibekali dengan kamera depan 5MP dan kamera belakang 13MP. Tidak hanya itu, ASUS ZenFone 2 Laser juga diperkuat dengan berbagai fitur dan inovasi teknologi, salah satunya adalah Laser Autofocus. Dengan teknologi Laser Autofocus kita mampu melakukan fokus bidikan hanya dalam waktu 0,03 detik.

Beberapa fitur kamera ponsel ASUS ZenFone 2 Laser:

Formulasi 5 Elemen Lensa Berkualitas Tinggi

fitur kamera zenfone 2 laser
Fitur kamera ponsel ASUS ZenFone 2 Laser dengan 5 lensa P Largan

Kamera ponsel ASUS ZenFone 2 Laser mengintegrasikan 5 lensa brigthness yang dapat meningkatkan kinerja optik dan mengurangi distorsi pada foto. Ditambah lagi dengan sensor Fotoreseptor yang lebih besar dan lebar aperture f/2.0 menjadikan kamera ponsel ASUS dapat mengumpulkan lebih banyak cahaya, yang memungkinkan detail lebih halus untuk ditangkap.

PixelMaster

PixelMaster ini teknologi unik yang dikembangkan oleh ASUS sendiri, yang menggabungkan software, hardware dan desain optik untuk menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa. Dengan PixelMaster, kamera ponsel saya bisa menghasilkan jepretan yang lebih sedap dipandang mata.

Teknologi PixelMaster juga mampu menangkap foto atau video lebih jelas pada obyek yang kurang cahaya, baik siang atau malam hari. Melalui proses kombinasi menyesuaikan ukuran pixel dan algoritma image-processing, PixelMaster dapat meningkatkan kepekaan cahaya hingga 400%, mengurangi kebisingan (pada pengambilan video) dan meningkatkan kontras warna hingga 200%.

Foto Panorama Lebih Indah dengan Modus PanoSphere

Panorama ASUZ ZenFone 2 Laser
Panorama ASUZ ZenFone 2 Laser dengan modus PanoSphere

Dengan modus PanoSphere saya bisa mengambil foto panorama dengan lebih mudah dan indah. Cukup ikuti instruksi pada ponsel saat membidik setiap adegan di sekitar. Bergerak telepon atas, bawah, kiri dan kanan akan menangkap seluruh lanskap sekitarnya.

Dual Flash LED Real Tone

Ini yang masih jarang ditemukan di kamera ponsel lain, jika kamera ponsel pada umumnya hanya memiliki single flash, ZenFone 2 Laser sudah menggunakan 2 flash LED Real Tone, sehingga berhasil menciptakan cahaya yang lebih alami, apalagi buat foto-foto indoor atau di area yang rendah cahaya. Saat menekan tombol shutter, ZenFone 2 Laser secara otomatis akan membuat kombinasi maksimal dari cahaya putih dan kuning untuk memberikan hasil foto dengan tone alami sesuai dengan obyek foto yang kita dibidik.

Laser Autofocus

Inilah bagian yang paling kece dari kamera ponsel ASUS ZenFone 2 Laser. Selain dibekali dengan teknologi PixelMaster, 5 Eelemen Lensa Optik, Dual Flash LED Real tone, dan lain-lain, kamera Zenfone 2 Laser disempurnakan dengan teknologi Laser Autofocus.

Zenfone 2 Laser Autofocus

Kalau dilakukan secara manual, menguasai titik fokus pada bidikan kamera bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan kesabaran dan ketelitian yang mumpuni, karena kesalahan dalam menentukan fokus akan membuat kualitas gambar yang dihasilkan jadi blur dan tentu saja tidak bagus. Dengan teknologi Laser Autofocus, kamera ZenFone 2 Laser mampu mengukur jarak dalam kecepatan cahaya, kemudian menterjemahkannya dalam satu titik fokus secara otomatis. Menariknya, proses auto fokus ini hanya membutuhkan waktu 0,03 detik. Ya, kurang dari 1 detik.

Momen-momen Indah yang Terabadikan dengan Kamera Ponsel ASUS ZenFone 2 Laser

Terimakasih ZenFone 2 Laser. Ada begitu banyak momen indah dan bahkan spesial yang terabadikan bersamamu. kamera ponsel ASUS Zenfone 2 Laser telah menjadi bagian dari rangkaian cerita perjalanan hidup saya.

Berikut ini adalah beberapa momen yang sempat tercitrakan dengan baik oleh kamera ponsel ZenFone 2 Laser.

Nah ini! aa siap-siap ucap ijab qabul (deg-degan banget)
Nah ini! aa siap-siap ucap ijab qabul (deg-degan banget)
Foto bersama teman ngeblog saat Nikah. Bang Nur, Kang Arul, Mbak Lita, Bunda Siti dan Mas Hazmi.
Foto bersama teman ngeblog saat Nikah. Bang Nur, Kang Arul, Mbak Lita, Bunda Siti dan Mas Hazmi.
Mbak Danik mau ngajak Welfie, eh kejepret sama ZenFone 2 Laser
Mbak Danik mau ngajak Welfie, eh kejepret sama ZenFone 2 Laser
Welfie bareng Sahabat, akhirnya aku bisa ketemu mereka lagi beberapa waktu lalu setelah nikah.
Welfie bareng Sahabat, akhirnya aku bisa ketemu mereka lagi beberapa waktu lalu setelah nikah.
Foto sama Tining. Temen dan sahabat waktu kuliah. 4 Tahun gak ketemu akhirnya ketemu lagi di Bakso langganan
Foto sama Tining. Temen dan sahabat waktu kuliah. 4 Tahun gak ketemu akhirnya ketemu lagi di Bakso langganan
foto bareng Lesti saat peluncuran Yonder Music
foto bareng Lesti saat peluncuran Yonder Music
Foto bareng M. Irwansyah Walikota Pangkalpinang
Foto bareng M. Irwansyah Walikota Pangkalpinang
Proses penyerahan potongan tumpeng oleh Robert Ronny (Produser) ke Dian Sastro selaku pemeran utama dalam Film Kartini karya Hanung Bramantyo
Proses penyerahan potongan tumpeng oleh Robert Ronny (Produser) ke Dian Sastro selaku pemeran utama dalam Film Kartini karya Hanung Bramantyo
foto bareng ivy batuta saat laucnhing Revlon ultra HD Lipcolor di Mall Taman Anggrek
foto bareng ivy batuta saat laucnhing Revlon ultra HD Lipcolor di Mall Taman Anggrek
Mercusuar Tanjung Kalian di Pulau Bangka
Mercusuar Tanjung Kalian di Pulau Bangka

Hasil foto diatas adalah beberapa bagian foto yang menurut saya harus diabadikan, karena belum tentu setiap hari atau setiap bulan ketemu dengan mereka lagi di momen yang sama. Jika esok entah kapan waktunya bisa bertemu silaturahmi pun, tentu dengan momen yang berbeda lagi. Selain foto, saya mengabadikan momen penting lewat video. Seperti waktu kunjungan kedua saya ke Pangkapinang yang berbarengan dengan acara Festival Ceng Beng yang dirayakan setahun sekali. Dan saya baru tahu juga, ada kuburan cina terbesar di Asia itu terletak di Pangkalpinang. Dari penjuru dunia biasanya datang untuk Sembahyang kubur ke leluhur pada perayaan ini. Dan, ini video yang berhasil saya ambil menjelang dan saat berlangsung acara Malam inti Festival Ceng Beng 2016.

Sebenarnya, untuk membuat video yang bagus atau menghasilkan foto seperti menggunakan kamera profesional cukup maksimalkan kamera ponsel yang kita miliki. Modus Kamera seperti dibawah ini bisa digunakan untuk memotret apapun dan dimanapun sesuai kebutuhan. Jika ingin hasil foto sedikit lebih cantik download saja aplikasi edit foto untuk memberikan tambahan filter atau efek pada hasil jepretan.

kamera ASUS ZenFone
Modus kamera ASUS ZenFone

So, foto dan video yang tersimpan bisa kita buka kembali saat kita ingin mengenang masa-masa itu. Karena ingatan tak mampu menampung berjuta kenangan setiap hari dan terus berganti.

Postingan ini saya ikutsertakan dalam ‘Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com

Lihat Tulisan Berkategori Blog

11 Komentar

  1. Khoirur Rohmah

    16 Juli 2016 at 1:46 pm

    huwehhhh kece banget poto2nya mbakk…
    itu yg ndek sawah, keliatan banget ijo… seger d mata 😀

    Balas

    • Mariana

      18 Juli 2016 at 7:40 am

      iya mbak.. pas mudik kemarin liat2 sawah :))

      Balas

  2. Hipnoterapi Semarang

    27 Juli 2016 at 11:00 am

    Tapi jangan sampai jadi Foto Addict

    Balas

  3. evrinasp

    29 Juli 2016 at 6:25 am

    cakeeep mbak, saya suka sama tulisannya, ini pasti masuk jajaran pemenang, bersih pula blognya mbak

    Balas

  4. Riski Ringan

    29 Juli 2016 at 8:39 am

    Pencahayaannya bagus juga ya. Kamera ponselku kurang bagus di pencahayaan, alhamdulillah ketolong dengan cahaya alami & sotosop.. ^_^

    Balas

  5. Liswanti

    2 Agustus 2016 at 8:33 pm

    Weeh mantep ini neh ulasannya, apalagi itu foto-fotonya

    Balas

  6. Myra Anastasia

    25 Agustus 2016 at 12:32 pm

    Kamera HP bikin penggunanya jadi sering foto-foto. Salah satunya saya yang kayak begitu 😀

    Balas

    • Mariana

      26 Agustus 2016 at 11:18 am

      iya mbak, soalnya kan tinggal jepret aja 🙂

      Balas

  7. Indah

    31 Agustus 2016 at 5:48 pm

    Kalau punya hp dengan kamera asyik bawaanny memang pengen foto teruuus ya 🙂

    Balas

  8. UNA

    22 September 2016 at 8:51 am

    Hasilnya cakep juga yaaa ASUS Zenfone… emang ya kamera ponsel penting banget. Aku sampai malas pakai kamera. Beberapa bulan nggak pakai kamera, eh baru sadar ada titiknyaaa T.T Kata temenku itu jamur uaaaa… belum dibersihin T.T Beli kamera baru aja lah #duitesopo

    Balas

    • Mariana

      22 September 2016 at 12:22 pm

      Kamera kalau gak dipakai tetep harus rajin di bersihkan mbak.. semoga ada rejeki

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…