Home Blog Cara Jadi Konsumen Cerdas Saat Belanja di Online Shop

Cara Jadi Konsumen Cerdas Saat Belanja di Online Shop

3 Menit Estimasi Baca
1
0
22
belanja di online shop

Banyak banget kalau bahas penipuan belanja di online shop ya guys. Saya sebagai reseller yang jual pakaian wanita, hijab dan aksesoris mau berbagi tips cara jadi konsumen cerdas agar tidak tertipu saat belanja berbagai kebutuhan di Online Shop. Kalau search di google sih udah banyak banget tips kayak gini, disini saya mau bahas dari olshop yang bukan menggunakan website, tapi berjualan menggunakan media sosial baik pin BBM, instagram atau facebook.

Sejak pertama kali saya menjadi reseller dan jual baju online, saya gabung di beberapa grup facebook yang isinya jualan online, yang rata-rata pemiliknya adalah perorangan yang menggunakan pin BBM dan facebook untuk membagikan barang jualannya.

Memasuki grup satu dan grup yang lainnya, muncul banyak kasus penipuan yang menimpa konsumen. Siapa yang paling dirugikan? Yang paling sangat dirugikan adalah reseller yang amanah, satu reseller saja yang udah menipu semua reseller akan kena imbasnya dan banyak orang yang makin gak percaya untuk belanja online.

Kadang, sebagai konsumen kita juga harus bisa menjadi konsumen yang cerdas ya. Jangan sampai hanya karena konsumen kurang teliti lalu marah-marah yang seaakan-akan menuduh semua olshop itu tidak amanah. Banyak yang amanah kok, alhamdulillah sampai hari ini saya belum pernah tertipu.

Nah, saya sebagai reseller dan konsumen yang hampir setiap jam scroll akun media sosial buat share barang juala, mau ngasih tips agar kalian sebagai konsumen jangan mudah tertipu saat belanja online shop.

Tips Belanja di Online Shop

Kenali Akun

Sebelum berbelanja, periksa dulu akun facebook-nya guys. Apakah akun-nya sering terjadi percakapan dengan konsumen lain atau jarang. Dan pastikan juga reseller mempunyai lebih dari 1 alternatif aplikasi untuk order, biasanya menggunakan Facebook, pin BBM, LINE dan WhatsApp. Karena biasanya reseller menggunakan akun pribadi untuk jualan, bukan akun nama butik olshop-nya.

Kenali Bahan Produk

Untuk konsumen yang sering transaksi atau baru pertama kali membeli lewat olshop hal yang harus konsumen ketahui adalah bahan yang akan dibeli. Misalnya konsumen ingin membeli pakaian, jangan hanya tergiur dengan foto saja tapi ketahui juga bahan pakaian itu apa. Untuk replika, biasanya bahan yang digunakan itu Jersey dan spandek, itu bahan replika yang sering saya temui. Pernah ada silky namun saya kurang paham bahan kain tersebut.

belanja di online shop
Foto by anggieningtyas

Konsumen yang baru pertama kali membeli olshop ini mungkin sangat tergiur dengan gambar yang di-share, karena dari gambar terlihat bagus dikenakan. Banyak kasus yang dialami oleh konsumen ini saat barang datang ternyata mengecewakan, jauh dari ekpetasi konsumen lalu menyalahkan reseller karena merasa dibohongi, Sebenarnya disitu sebagai konsumen harus menjadi konsumen yang cerdas. Kalau gak kenal bahan, jangan coba-coba membeli produknya.

Konsumen yang gak tau bahan yang dibeli lalu komplain dan marah-marah akan merusak nama baik reseller atau olshop yang lain. Maka dari itu, teliti sebelum membeli.

Real Pict

Reseller atau olshop, tak banyak yang menggunakan gambar asli, biasanya yang menggunakan gambar asli adalah reseller yang juga mempunyai toko offline. Dan yang perlu diketahui, reseller yang tidak bisa menunjukkan gambar asli bukan bearti penipu tapi mungkin hanya reseller dropship saja. Jadi untuk mempunyai gambar asli sangat tergantung pada supplier-nya, apakah supplier ngasih gambar asli atau enggak. Tapi biasanya, buat konsumen yang sudah tau gambar modelnya dan bahannya sih gak minta gambar asli.

Harga Miring

Yang banyak tertipu adalah konsumen yang tergiur dengan barang harga miring. Misalnya, ada reseller yang menawarkan harga dibawah rata-rata pasaran. Bisa jadi itu untuk menarik konsumen untuk membeli. Banyak dalam kasus ini, konsumen hanya melihat harga miring, sudah transfer tapi barang gak dikirim. Banyak.

Ada lagi kasus yang menurut konsumen lain sih mau nipu tapi gak masuk diakal. Jadi ada penjual yang menawarkan satu set meja dan kursi yang terbuat dari kayu jati asli, penjualnya dari Jepara dengan harga 1,5 juta bebas ongkir ke Indonesia. Sekalipun dapet harga miring, paling tidak harga sama barang sesuai lah ya.

Itu dia cara cerdas saat belanja di online shop. Smeoga bermanfaat.

foto by ihwan-arifandi

Nah jabaran diatas mungkin bisa jadi refrensi buat yang sering belanja online ya. Jangan hanya menyalahkan penjual, karena bisa jadi permasalahan itu bisa jadi ternyata ada pada diri kita sebagai konsumen.

Pesan saya, jadilah konsumen yang cerdas. Kalau saya sih gak pernah kapok jualan atau membeli di olshop. Saya menjual baju wanita pun juga gak mau membohongi konsumen saya sendiri, saya share gambar apa adanya meski replika tapi gak jauh beda sama aslinya. Biasanya olshop juga punya gambar-gambar model dari endorse produknya kok.

Selamat belanja online 🙂

Lihat Tulisan Berkategori Blog

1 Komentar

  1. Ayaa

    5 Februari 2016 at 6:17 am

    Waaah, informatif sekali. Aku juga suka was-was kalo harganya miring banget, takut abal2. hehee

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…