Home Blog 3 Langkah Percepatan dan Fasilitasi Pembangunan Suramadu

3 Langkah Percepatan dan Fasilitasi Pembangunan Suramadu

8 Menit Estimasi Baca
0
0
10
jembatan suramadu

[ilink url=”http://plat-m.com/”]Madura[/ilink]  adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Pulau Madura besarnya kurang lebih 5.168 km2 (lebih kecil daripada pulau Bali). Pulau Madura bentuknya seakan mirip badan Sapi, terdiri dari empat Kabupaten, yaitu : Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Madura, Pulau dengan sejarahnya yang panjang, tercermin dari budaya dan keseniannya dengan pengaruh islamnya yang kuat.(wikipedia)

Madura dulunya terpisah dengan Pulau Jawa, dan sekarang Pulau Madura sudah terhubung dengan Pulau Jawa setelah dibangun Jembatang [ilink url=”http://bpws.go.id/”]Suramadu[/ilink]  yaitu jembatan penghubung Surabaya dan Madura. Dengan dibangunnya Jembatan Suramadu, tentu sangat mempermudah akses masyarakat atau wisatawan yang ingin berkunjung ke Surabaya dan Madura. Karena, kebanyakan dari kita ingin sekali melihat keindahan Jembatan Suramadu yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan) yang sudah diresmikan sejak tahun 2009. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.

Sayapun belum pernah berkunjung ke Pulau Madura, sempat penasaran dengan Madura karena memiliki suku dan budaya yang berbeda apalagi semenjak diresmikannya Jembatan Suramadu, tentu setiap orang ingin sekali melihatnya. Tak hanya Jembatan Suramadu yang ingin dilihat, Madura mempunyai banyak obyek wisata yang wajib dikunjungi. Dalam postingan Plat-M  13 Wisata Pantai Cantik dan Mempesona di Madura ternyata Madura kaya akan pantai. Namun masih banyak lagi, Obyek wisata lain yaitu:

OBYEK WISATA DI PULAU MADURA

Sumenep

Pamekasan

Sampang

Bangkalan

Museum
Keraton Sumenep II

Api Abadi

Pantai Nipah 

Makam Pesarean Syaichona Kholil

Pantai Lombang

Makam Para Raja dan Ulama

Air Terjun Toroan

Air Mata Ibu di Arosbaya

Pantai Slopeng

Pantai Talang Siring

Makam Ratu Ebu

Pantai Siring Kemuning

Masjid Jami Sumenep

Pantai Jumiang

Waduk Klampis

Pantai Rongkang

Makam
Para Raja Asta Tinggi

Goa Gentong

Pantai Sembilangan

Island Resort

Arena Pancing di Pelabuhan Branta

Sentra Kerajinan Batik di Tanjung Bumi

Wisata Pulau Ayam Bekisar

Bumi Perkemahan dan Agro Wisata di Perbukitan Waru Timur

Sumber Mata Air Kolla Langgundih

Taman
Wisata Pulau Mamburit

Keindahan Monumen Arek Lancor

Taman Rekreasi Kota

Panorama Taman Laut Pulau Gili Labak

Vihara Avalokitesvara

Bukit Geger

Argo Wisata Di Desa Klampar

sumber (https://www.facebook.com/notes/saya-bangga-jadi-orang-madura-/daftar-lengkap-tempat-wisata-di-4-kabupaten-di-pulau-madura/10151280814543227)


 

Apa yang kalian harapkan tentang perkembangan wisata di Surabaya dan Madura?

Sebuah pertanyaan buat wisatawan yang belum atau sudah berkunjung ke Madura. Surabaya dan Madura sudah cukup dikenal khalayak ramai, baik dari kota maupun wisatanya. Bertambahnya Jembatan Suramadu sebagai penghubung Surabaya dan Madura menambah daftar obyek wisata untuk kedua kota tersebut.

Tentu harapan kita semua, wisata di Surabaya-Madura bisa mendunia, baik wisatawan asing atau wisatawan lokal yang berkunjung tentu harapannya bisa menularkan minat wisata ke daerah Surabaya-Madura. Sudah dibangunnya Jembatan Suramadu itu sudah jadi akses termudah untuk wisatawan. Siapa yang tak ingin melihat Jembatan diatas Selat Madura, pasti semua orang ingin mengabadikan moment saat melintasi Jembatan. Sehingga, dibutuhkan transportasi yang mendukung untuk wisatawan. Selain transportasi, akomodasi dan paket wisata yang diberikan harus sesuatu yang inovatif dan bersinergi dengan pemerintahan.

Apa langkah kreatif untuk membangun pariwisata wilayah di Surabaya dan Madura?

Banyak hal yang perlu di tambahkan. Mungkin yang saya utarakan ini hanya sebagai usulan atau ide. Pemerintah dan pihak terkait harus benar-benar serius dalam pembangunan wisata di Surabaya-Madura dan harus di evaluasi berkelanjutan.

1. Desa Wisata. Surabaya dan Madura memiliki seni dan budaya yang sangat unik. Tentu banyak orang ingin melihat keunikan dari salah satu budaya di Indonesia, yaitu dengan menciptakan dan membangun Desa Wisata. Lalu apa yang bisa ditampilkan? Banyak. Kesenian bisa disajikan, baik kesenian tari dan kesenian musik khas Surabaya dan Madura. Untuk mendukung Desa Wisata, Pemeirntah bisa mengajak warga sekitar untuk bersama-sama mengembangkan Desa Wisata. Warga akan senang karena mereka dilibatkan dalam proses pengembangan wisata di daerahnya. Dengan begini, pengembangan Desa Wisata sangatlah mudah karena masyarakat terlibat langsung. Ketrampilan masyarakat juga perlu ditambah, misalnya masyarakat diajarkan dan diberi pelatihan membuat ketrampilan yang unik dan hasilnya bisa untuk souvenir atau oleh-oleh khas Surabaya Madura.

Tak hanya membuat ketrampilan, kuliner juga bisa disajikan. Jadi jika ada yang berkunjung, wisatawan bisa langsung mencicipi makanan olahan khas Surabaya-Madura tanpa harus berpindah ke tempat lain. Saya yakin, salah satu desa di wilayah Surabaya Madura mempunyai potensi untuk dijadikan Desa Wisata, karena seni dan budaya yang berbeda akan menjadi minat tersendiri. Dengan adanya konsep desa wisata, semua dikelola oleh masyarakat itu sendiri, dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat. Masyarakat akan senang karena  turut di libatkan dalam progress desa wisata yang sudah di konsep. Hal ini juga bermanfaat untuk meminimalisir jumlah pengangguran di desa. Konsep desa wisata mengajak masyarakat untuk berinovasi dan kreatif, penghasilan yang didapatkan pun untuk masyarakat itu sendiri karena pengelolanya adalah masyarakat desa. Jadi, akan benar-benar memberi manfaat untuk kesejahteraan rakyat, berkeadilan dan kesetaraan.

2. Transportasi dan Akomodasi. Hal yang wajar jika mengembangkan wisata harus disertakan dengan Transportasi dan Akomodasi yang memadai, nyaman dan murah. Kenapa harus murah? Karena wisatawan sangat menyukai hal-hal yang murah. Untuk solusi ini, bisa menyediakan Home Stay untuk wisatawan. Penginapan murah dan nyaman bisa langsung disediakan oleh masyarakat sekitar. Masyarakat tentu akan berlomba-lomba untuk mempercantik rumahnya, sehingga pola hidup sehat akan secara langsung tercipta di masyarakat itu sendiri. Dengan menyediakan Home Stay untuk wisatawan, pemasukan warga akan bertambah, tentu bermanfaaf dan menguntungkan semua pihak.

Untuk mempermudah wisatawan berkunjung ke tempat wisata di Surabaya – Madura, pemerintah perlu menyiapkan transportasi khusus wisatawan, karena wisatawan yang berkunjung tidak semuanya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa bus. Dengan adanya bus wisata khusus untuk wisatawan ini diharapkan wisatawan yang berkunjung merasa aman.

Sebagai contoh, 2 kota di Jawa Tengah ini sudah mempunyai bus wisata yang bisa digunakan untuk keliling kota. Misalnya di Solo, sudah ada Bus Tingkat Werkudara dan di Semarang ada bus wisata Semarjawi.

“Bus tingkat wisata yang bertujuan untuk menarik wisatawan telah dioperasikan mulai 20 Februari  2011. Selain itu, bus tingkat ini juga berfungsi untuk mengenang masa lalu karena dapat diketahui keberadaan bus tingkat masih populer. Dulu bus tingkat adalah bus reguler, kalau bus tingkat kali ini konsepnya berupa bus wisata dengan paket atau carter. (http://www.surakarta.go.id)”

“Seorang pegiat wisata Semarang, Kriswandono mengatakan dirinya ikut dalam tim yang mengonsep kegunaan bus Semarjawi itu. Tujuannya hanya satu yaitu memanfaatkan bus tingkat itu untuk wisata.(http://travel.kompas.com)”

“Surabaya juga sudah mempunyai bus wisata Surabaya Heritage. Surabaya Heritage yang diselenggarakan oleh House of Sampoerna merupakan sebuah paket wisata dimana wisatawan akan diajak untuk mengelilingi bangunan atau tempat-tempat bersejarah.(http://surabaya.panduanwisata.id)”

bus wisata

 Keterangan foto (kiri: Bus Wisata Werkudara Solo. Tengah: Bus wisata Semarjawi Semarang. kanan: Bus Wisata Surabaya Heritage)

Nah, mungkin bisa diusulkan dan bekerja sama dengan pihak lain untuk pengadaan bus wisata khusus untuk wisata ke Surabaya-Madura. Hal ini dapat menjadi daya tarik wisatawan lain, jika transportasi menuju Madura memadai dan nyaman.

3. Portal Informasi Wisata. Di era modern ini, sudah banyak sekali masyarakat yang paham akan teknologi yang canggih. Sudah banyak yang menggunakan smartphone, baik untuk komunikasi atau bermedia sosial. Untuk menjangkau wilayah lain, internet sangat membantu wisatawan untuk merencanakan liburannya. Untuk memudahkan wisatawan mengenal obyek wisata di Surabaya-Madura bisa dibuat portal informasi wisata yang isinya adalah obyek wisata di Surabaya- Madura, baik wisata alam, wisata religi, wisata kuliner dan lain-lain harus ditampilkan dengan jelas beserta gambar asli. Kenapa harus gambar asli? Karena untuk menarik minat wisatawan.

Wesbite dan sosial media lainnya seperti facebook dan twitter masih digemari oleh masyarakat, jadi mumpung masih hitz banget era digital, mudah menarik perhatian wisatawan. Surabaya punya banyak potral informasi wisata, Madura juga punya. Lebih bagus lagi, slaing bekerja sama dan bertukar informasi tentang wisata.

Apa sajakah yang harus disiapkan agar wisatawan ketagihan datang ke Surabaya dan Madura?

Tentu harapan pengelola wisata adalah menarik minat wisatawan untuk kembali berkunjung. Pasti akan bosan jika obyek wisata-nya itu itu saja bukan. Nah, agar wisatawan berkunjung kembali obyek-obyek wisata harus inovatif. Pengelola harus berinovasi dan berkreasi membuat obyek wisata tersebut menjadi semakin maju dan indah.

Bisa ditambahkan untuk paket wisata menonton Karapan Sapi. Saya sih belum pernah melihatnya, tapi saya tertarik jika diajak melihat Karapan Sapi. Berhubung tidak bisa disaksikan setiap hari, mungkin jauh-jauh hari bisa di sebarluaskan jika ada wisatawan yang ingin melihat secara langsung. Boleh untuk umum kan? hihihihi

Obyek wisata harus di update setiap tahunnya, bisa dengan penambahan wahana wisata. Dan semua informasi baru tentang wisata-nya harus masuk media online atau media cetak. Untuk memberitahu kepada khalayak ramai, bahwa ada yang baru di wahana wisata tersebut. Atau bisa ajah para blogger untuk meliput obyek wisata, dari tulisan dan foto para blogger yang ia bagikan kepada komunitas atau jaringannya akan membantu mempromosikan tempat wisata. Kembali lagi disini, bahwa internet dan media sangatlah penting. Karena bisa di jangkau oleh masyarakat jauh.

Ada lagi, mungkin bisa melibatkan wisatawan dan blogger dalam acara tahunan di Surabaya-Madura. Hal ini dapat memperkaya berita informasi tentang kemeriahan acara yang diselenggarakan. Manfaatnya, bisa membantu mempromosikan obyek wisata di Surabaya-Madura.

Jembatan Suramadu ketika siang hari (credit: detikTravel)
Jembatan Suramadu ketika malam hari (credit:mtftravex.com)
Lihat Tulisan Berkategori Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak Kalah Menarik

Ikut Pemilihan Car of The Year 2017 Dapat Sepeda Motor

Siapa sih yang enggak tau tentang iCar Asia? Sebagai konsumen mobil tentu tidak asing lagi…